7 VPN Gratis Terbaik yang Aman dan Terpercaya

6 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Saat ini, sepertinya sudah mulai banyak yang ingin mengetahui tentang VPN gratis terbaik. Melihat bahwa sudah semakin banyak situs-situs yang diblokir oleh pemerintah karena alasan tertentu, terkadang hal tersebut justru membatasi kita dalam menelusuri dunia maya secara luas.

Dikarenakan hal tersebut, sebagian besar orang sudah mulai banyak yang menggunakan VPN, agar aktivitas penelusuran dunia maya yang tengah dijalankan dapat dimanfaatkan dengan optimal.

Akan tetapi, VPN-VPN dengan fitur terbaik umumnya tersedia dalam bentuk berbayar atau berlangganan.

Hanya saja, mungkin ada sebagian orang yang merasa sayang untuk mengeluarkan sejumlah uang, karena menganggap penggunaan VPN itu sendiri tidak akan digunakan setiap saat.

(Baca Juga: 14 Situs Nonton Film Online Terbaru 2020)

Nah, bagi kamu yang tidak ingin mengeluarkan uang, ternyata ada lho beberapa jenis VPN yang tetap bisa kamu nikmati tanpa membutuhkan dana sepeser pun.

Oleh karena itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang sejumlah VPN gratis terbaik yang bisa kamu jadikan pilihan. Penasaran apa sajakah itu? Yuk kita simak saja bersama-sama!

Apa Itu VPN?

Sebelum kita membahas tentang VPN gratis terbaik, mungkin diantara kamu masih ada yang belum tahu tentang VPN itu sendiri.

Dilansir dari situs ekrut.com, Virtual Private Network atau yang lebih dikenal sebagai VPN merupakan sebuah layanan yang memungkinkan setiap pengguna untuk dapat mengakses situs secara pribadi melalui server jaringan lain.

Dalam arti, VPN menghubungkan komputer atau telepon genggam ke perangkat lain di tempat yang berbeda, sehingga kamu bisa mendapatkan akses internet menggunakan koneksi yang berasal dari perangkat lain tersebut.

Kegunaan VPN

Umumnya, VPN seringkali digunakan untuk dapat mengakses situs-situs yang diblokir. Akan tetapi, ternyata kegunaan VPN lebih banyak dari itu lho.

Masih melansir dari situs ekrut.com, selain membantu kita dalam mengakses situs yang diblokir, beberapa kegunaan lain dari VPN adalah:

  • Menyembunyikan atau merubah alamat IP
  • Menyembunyikan aktivitas browsing dari pengguna lain yang hendak memantau
  • Menyembunyikan lokasi agar kamu dapat mengakses konten yang dibatasi di beberapa negara
  • Melindungi data pribadi yang ditransfer melalui Wifi publik
  • Melindungi pengguna dari hotspot Wifi yang tidak meyakinkan
  • Mengakses situs yang diblokir
  • Mencegah upaya masuk (log in) dari pengguna lain saat melakukan torrent
  • Membuat pengguna menjadi anonim

Guna mengkampanyekan Internet Positif di kalangan masyarakat, memang terdapat sejumlah situs-situs yang pada akhirnya diblokir dan tidak dapat diakses.

Akan tetapi, sayangnya beberapa situs yang diblokir justru yang sebenarnya bermanfaat dan edukatif.

Dikarenakan hal itulah, banyak orang yang mulai menggunakan VPN untuk mempermudah penelusuran mereka di internet.

Pilihan VPN Gratis Terbaik

Di Indonesia itu sendiri, memang sudah banyak VPN gratis terbaik yang bisa dijadikan pilihan oleh masyarakat.

Akan tetapi, tidak semua VPN tersebut dapat berfungsi dengan baik. Selain itu, dikarenakan dalam bentuk gratis, VPN-VPN ini juga memberlakukan pembatasan atas berbagai hal, mulai dari kecepatan akses hingga kuota yang terbatas.

Bukan bermaksud menakut-nakuti, namun tak jarang pula terdapat VPN gratis yang relatif berbahaya, seperti pencurian data pribadi, pengaksesan perangkat secara ilegal, dan lain-lain.

Oleh karena itu, memilih VPN gratis terbaik sangatlah diperlukan, terutama bagi kamu yang memang seringkali menggunakan VPN untuk berselancar di dunia maya.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa VPN gratis terbaik yang bisa kamu jadikan pilihan, yaitu adalah:

1. Windscribe VPN

VPN gratis terbaik yang pertama adalah Windscribe VPN, yang memiliki fitur yang sangat aman dengan penggunaannya yang sepenuhnya gratis.

Melalui VPN ini, setiap pengguna akan mendapatkan kelonggaran data, perlindungan privasi, akses ke sejumlah server besar, hingga tanpa adanya pembatasan kecepatan akses.

Selain kamu akan menerima penjatahan mencapai 10 GB per bulan tanpa batas harian, kamu juga bisa terhubung ke server yang terdapat di 10 negara yang berbeda lho, dan disertai dengan perlindungan kebijakan.

Tak hanya compatible di Android, kamu juga dapat menggunakan salah satu VPN gratis terbaik satu ini di Windows, macOS, Linux, Fire TV, hingga Nvidia Shield.

2. Turbo VPN

VPN gratis terbaik selanjutnya adalah Turbo VPN, yang konon disebut sebagai aplikasi pembuka situs terlarang pertama.

Sesuai dengan logonya yang seperti kelinci berlari, aplikasi satu ini diklaim memiliki kecepatan tinggi dengan mendukung koneksi Wifi, 4G, LTE, 3G, beserta jaringan-jaringan data lainnya.

Bahkan, banyak pula yang beranggapan bahwa Turbo VPN merupakan salah satu VPN gratis terbaik yang cocok digunakan untuk mengakses Netflix, yang mana hal tersebut karena adanya server khusus yang dapat mengakses situs streaming itu sendiri.

Dengan sejumlah fasilitas dan fitur yang cukup lengkap, kamu tak perlu khawatir perihal biaya. Karena penggunaan Turbo VPN tidak dipungut biaya sepeser pun, alias gratis.

3. Hotspot Shield VPN

Sebagai salah satu VPN gratis terbaik, Hotspot Shield VPN membatasi jumlah data yang dapat digunakan pengguna setiap bulannya.

Sehingga, ketika pengguna telah mencapai batas tertentu, maka mereka dapat meningkatkan atau beralih ke layanan yang berbeda, hingga batas tersebut diatur ulang.

Akan tetapi, kamu tak perlu khawatir. Sebab, setiap harinya, batas penggunaan akan diperharaui, sehingga kamu tetap bisa menggunakannya.

Hotspot Shield VPN itu sendiri memberi pembatasan sekitar 500 MB data per harinya. Tak hanya itu, kamu juga akan mendapatkan perlindungan enkripsi tingkat militer, serta memungkinkan pengguna untuk dapat menggunakan layanan di hingga 5 perangkat sekaligus.

Tetapi, salah satu kekurangan dari aplikasi ini adalah, kamu mungkin akan sering melihat iklan, karena sifatnya yang gratis.

4. TunnelBear

Nah, VPN gratis terbaik selanjutnya adalah TunnelBear. Dapat dilihat dari namanya, aplikasi ini memang menjadikan beruang sebagai logo utamanya.

Dapat digunakan di berbagai platform, mulai dari Android, iOS, macOS, hingga Windows, TunnelBear memang dinilai memiliki kestabilan serta kecepatan internet yang cukup mumpuni.

Akan tetapi, untuk dapat menikmati penggunaan gratis, kamu hanya diberikan batasan sebesar 500MB saja per bulan.

Jika ingin lebih besar dari itu, maka kamu ingin menggunakan sepuasnya, maka kamu diharuskan untuk berlangganan dan membayar sejumlah uang yang telah ditetapkan.

5. Speedify

VPN gratis terbaik selanjutnya adalah Speedify. Beberapa aplikasi VPN gratis memang dikenal memberikan pembatasan pada kecepatan transfer data. Namun, sepertinya hal tersebut takkan kamu temukan di Speedify.

Melalui aplikasi ini, kamu akan mendapatkan koneksi yang jauh lebih cepat, jika dibandingkan dengan perangkat tanpa VPN, yang mana hal tersebut berkat adanya teknologi turbocharging miliki Speedify.

Tak hanya itu, ketika kamu mengunduh aplikasi Speedify di ponsel, maka VPN bisa langsung menyatukan semua koneksi internet yang tersedia, seperti WiFi dan data seluler.

Setelah itu, aplikasi akan merutekannya melalui server VPN berkecepatan tinggi. Meskipun diklaim memiliki akses yang sangat cepat, bagi pengguna gratis, maka diberlakukannya batasan transfer data, yaitu sebesar 5 GB per bulan.

6. Thunder VPN

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memiliki tagline “As Fast As Lightning”, yang kecepatan dan kestabilan internet sebagai salah satu keunggulannya.

Ditambah lagi, menurut sebagian orang, VPN gratis terbaik satu ini terbilang hemat kuota lho, sehingga sangat cocok bagi kamu yang jarang memiliki kuota.

7. ProtonVPN

VPN gratis terbaik yang terakhir akan kita bahas adalah ProtonVPN, yang dikenal unggul dalam menjaga privasi setiap pengguna.

Menggunakan ini, seluruh aktivitas pengguna tidak akan pernah tercatat maupun masuk ke dalam histori, yang disertai dengan perlindungan data yang terjamin keamanannya.

Walaupun tidak memiliki pembatasan untuk pengguna gratis, namun aplikasi ini hanya dapat digunakan di dalam satu perangkat dengan jumlah server yang terbatas pula.

Apabila kamu mencari VPN gratis terbaik yang lebih memprioritaskan privasi dibandingkan kecepatan, maka ProtonVPN dapat dijadikan sebagai pilihan.

Jadi, itulah beberapa VPN gratis terbaik yang bisa kamu gunakan. Akan tetapi, sebagian besar aplikasi VPN gratis memang umumnya memberikan pembatasan bagi pengguna.

(Baca Juga: Cara dan Syarat Berlangganan Netflix)

Sehingga, jika kamu memang gemar berselancar di dunia maya menggunakan VPN, salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan berlangganan.

Nah, agar metode pembayaran menjadi sangat mudah dan cepat, gunakan saja kartu kredit dari CekAja.com.

Selain kamu dapat melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis kartu kredit manakah yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup, seluruh proses pengajuan di CekAja.com juga dilakukan secara online sepenuhnya lho.

Sehingga, kamu tak perlu repot untuk meluangkan waktu ke luar rumah. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera ajukan kartu kredit pilihanmu segera di CekAja.com.

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha