Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

7 Wisata Kuliner Enak dan Murah di Kota Solo, Salah Satunya Langganan Jokowi

by Ayunindya Annistri on 4 November, 2019

Jalan-jalan ke Solo memang paling seru dilakukan saat musim liburan datang. Selain wisata alamnya yang menakjubkan, kota kelahiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini juga terkenal akan aneka kuliner khasnya yang siap memanjakan lidah.

Nah dari banyaknya daftar wisata kuliner enak dan murah di Kota Solo, beberapa diantaranya ternyata sudah terkenal sejak dulu dan bahkan langganan Jokowi loh. Penasaran apa sajakah itu? Yuk, cek daftarnya dibawah ini!

1. Timlo Sastro

Sudah sejak dulu, warung makan yang berada tepat di belakang Pasar Gede ini ramai dikunjungi oleh masyarakat sekitar maupun pelancong. Nah bagi kamu yang belum tahu, timlo adalah sejenis sup berkuah kaldu yang dimasak dengan rempah-rempah pilihan.

Sajiannya sendiri berisi ampela, suwiran daging ayam, pindang kecap, telur, serta potongan sosis Solo. Untuk menambah kelezatan dari timlo, kamu dapat mengonsumsinya bersama sepiring nasi putih hangat, sambal, dan perasan jeruk nipis. Sungguh menggugah selera!

Alamat                  : Jalan Kapten Mulyadi No. 8, Sudiroprajan, Kota Solo

Harga                    : Mulai dari Rp 7.000 – Rp 25.000

Jam Buka             : 06.00 – 15.30 WIB

2. Roti Bakar Manahan

Pilihan wisata kuliner enak dan murah di Kota Solo lainnya adalah Roti Bakar Manahan. Roti bakar yang memiliki aneka bentuk unik ini, sangat cocok untuk kamu pajang di Instagram story. Pilihan topping-nya pun sangat beragam, bahkan kamu bisa memesan menu roti bakar yang topping-nya menyerupai logo Instagram.

Selain roti bakar, ada pula makanan berat seperti nasi sarden, ayam geprek, dan mie goreng sambal matah. Tidak lupa juga jagung bakar yang nyaman disantap kala malam hari tiba.

Alamat                  : Jalan Adi Sucipto I No. 1, Manahan, Kota Solo

Harga                    : Mulai dari Rp 7.000 – Rp 30.000

Jam Buka             : Minggu hingga Kamis (16.00 – 22.00 WIB), Jumat hingga Sabtu (17.00 – 23.00 WIB)

3. Tahu Kupat dan Telur Solichin

Soal cita rasa, warung Tahu Kupat dan Telur Solichin tak perlu kamu ragukan lagi. Warung makan langganan Jokowi ini mulanya diberi nama Warung Sido Mampir. Namun karena lokasinya yang dekat dengan Masjid Solihin, membuat para pengunjung menjulukinya Tahu Kupat dan Telur Solichin.

(Baca juga: 7 Tempat Wisata Kuliner Enak di Semarang Harga Murah Paling Recomended)

Isian dari sajian tahu kupat ini cukup beragam, ada potongan tahu goreng, mie kuning, kol, bakwan, sayuran, kacang, serta taburan daun bawang sebagai pelengkap. Oiya porsinya cukup besar loh, dijamin deh kamu enggak bakal merasa lapar lagi setelah menyantap makanan ini.

Alamat                  : Jalan Gajah Mada, No. 95, Kota Solo

Harga                    : Mulai dari Rp 9.000 – Rp 11.000

Jam Buka             : 10.00 – 18.00 WIB

4. Sego Kalong

Ingin menyantap makanan jadul seperti trancam? Pergilah ke Sego Kalong. Wisata kuliner enak dan murah di Kota Solo ini tak hanya mengusung konsep jadul pada makanannya saja, melainkan tempatnya pula. Disini kamu bisa mencicipi aneka makanan tradisional seperti cabuk rambang, ikan asin, ayam goreng lengkuas hingga tahu bacem.

Uniknya lagi, konsumen bisa memilih langsung pilihan nasi yang diinginkan, misalnya nasi merah, nasi putih dan nasi tiwul. Sajian ketan bertoping oreo, keju dan durian juga juara disini!

Alamat                  : Jalan Madukoro No. 19, Kota Solo

Harga                    : Mulai dari Rp 15.000 – Rp 25.000

Jam Buka             : 11.00 – 22.00 WIB

5. Nasi Liwet Bu Sarmi

Warung makan Nasi Liwet Bu Sarmi terkenal murah meriah. Pilihan sayur dan lauknya pun cukup menggiurkan, ada sayur labu siam, suwiran ayam, telur, dan sedikit kuah santan diatasnya.

Alamat                  : Jalan Kapten Mulyadi, Kedung Lumbu, Kota Solo

Harga                    : Mulai dari Rp 8.000 – Rp 15.000

Jam Buka             : 18.00 – 00.00 WIB

6. Sambel Tumpang Pecel Bu Kis

Nasi pecel di Solo memang banyak, namun jarang ada yang menggunakan sambal tumpang sebagai pelengkap sajiannya. Bila kamu tertarik menikmati sajian nasi pecel dengan sambal tumpang, coba datangi warung Sambel Tumpang Pecel Bu Kis.

Salah satu wisata kuliner enak dan murah di kota Solo ini memang sudah terkenal lezat lantaran sambal tumpangnya yang khas. Diracik dari potongan tahu putih, krecek, rempah-rempah, dan tempe, sambal tumpang memiliki perpaduan rasa gurih, manis, dan pedas.

Alamat                  : Jalan Gleges, Sriwedari, Kota Solo

Harga                    : Mulai dari Rp 6.000 – Rp 30.000

Jam Buka             : 07.00 – 14.00 WIB

7. Es Dawet Telasih Bu Dermi

Mencicipi es dawet Bu Dermi memang paling enak saat siang hari. Apalagi saat ini, suhu udara di Solo terbilang cukup panas, bisa sekitar 35 derajat Celcius.

(Baca juga: Ini Rekomendasi Wisata Kuliner Enak dan Murah di Medan)

Seporsi es dawet disana relatif murah dan bahkan tak sampai Rp 10 ribu. Untuk isiannya sendiri, ada ketan hitam, tape ketan, biji telasih, jenang sumsum, cairan gula merah, santan, dan tambahan es batu dijamin bakal menghilangkan dahagamu.

Alamat                  : Jalan Ir. Juanda, Gandeka, Kota Solo

Harga                    : Mulai dari Rp 8.000

Jam Buka             : 08.00 – 15.00 WIB

Jadi, dari ketujuh daftar wisata kuliner diatas, mana dulu yang ingin kamu kunjungi? Tapi sebelum itu, supaya perjalananmu di Solo nanti lebih menyenangkan, pastikan kamu tidak lupa mengurus asuransi perjalanan dan membawa satu kartu kredit ya.

Cara memiliki keduanya cukup gampang, tinggal akses CekAja.com dan cari produk yang kamu inginkan.

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau