Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

8 Alasan Travelling Lebih Menguntungkan Dibandingkan Pacaran

by Tisyrin N. T on 21 Desember, 2016

traveling murah _ asuransi perjalanan - CekAja.com

Kalau kamu masih single dan merasa belum saatnya menjalin hubungan serius dengan seseorang, tak perlu bersedih. Cobalah mengisi hidupmu dengan berbagai hal yang positif,  traveling misalnya.

Traveling bisa menjadi sebuah cara yang sempurna untuk memperkaya hidupmu. Traveling bahkan dapat memberikan lebih banyak keuntungan dibandingkan pacaran. Ini keuntungan travelling seperti dilansir Lifehack.

Kamu bebas menciptakan pengalamanmu sendiri

Ketika traveling, kamu bebas membuat jadwal dan mengontrol berapa lama kamu akan tinggal di setiap tempat yang kamu kunjungi, semua berdasarkan keinginanmu sendiri. Jika sudah berpasangan, kamu harus menentukan semuanya bersama pasanganmu, mulai dari berapa lama dan kemana kalian akan pergi.

Traveling meningkatkan kesehatan mental

Traveling membuka pikiranmu, mengukir pengalaman serta pola pikir yang positif, dan memperlihatkan berbagai perspektif unik. Sebuah hubungan bisa jadi memberikan manfaat yang positif, tetapi ada kalanya sebuah hubungan memerlukan ‘kerja keras’.

Misalnya, ketika terjebak dalam hubungan dengan seseorang yang tidak benar-benar cocok denganmu, berpotensi membawa kelelahan mental dan perasaan tidak bahagia.

(Baca juga: 20 Tempat Wisata Keren yang Wajib Jadi Resolusi Liburanmu)

Kamu bebas bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya

Sebuah hubungan ada kalanya akan membatasi gerakmu. Kamu selalu ingat orang lain ketika membuat keputusan, yang mungkin pemikirannya tidaklah sama denganmu. Kompromi adalah suatu keharusan dalam setiap hubungan.

Nah, ketika kamu single, kamu bebas menjelajahi dunia luas, tanpa batasan dari orang lain, tidak perlu diskusi atau konsultasi. Kamu dapat mengendalikan penuh perjalanan kamu dan membuatnya persis seperti yang kamu inginkan.

Punya ruang untuk memahami diri sendiri

Saat kencan, kamu dengan mudah tunduk pada pengaruh orang lain dan tanpa sadar bisa kehilangan diri sendiri selama prosesnya. Namun ketika traveling, kamu punya ruang sepenuhnya untuk belajar tentang diri kamu sendiri.

Pengalaman yang kamu hadapi membuatmu menghargai diri sendiri. Kamu juga akan mendapatkan wawasan tentang bagaimana kamu bereaksi dan beradaptasi dengan situasi yang berbeda dan bertemu bermacam-macam orang.

Kamu belajar bahwa sendiri bukan berarti kesepian

Sebuah hubungan bisa membuatmu bergantung pada orang lain. Kalaupun tidak, bisa menimbulkan perasaan kesepian. Dengan traveling, kamu benar-benar belajar bagaimana melakukan sesuatu sendirian dan itu tidak berarti kamu kesepian.

Belajar menyelesaikan masalah sendiri

Traveling menjadi ajang untuk belajar dan kadangkala kamu harus membuat keputusan di tempat atau memecahkan setiap masalah yang mungkin timbul di perjalanan. Ini adalah cara yang mengagumkan untuk membangun rasa percaya diri. Dan ketika menjalani sebuah hubungan, seringkali kamu tergantung pada orang lain untuk menyelesaikan masalah.

cekaja-daftar-kartu-kredit

Kamu belajar bahwa hidup penuh berbagai kemungkinan

Bepergian membawamu pada segala macam kejutan dan kemungkinan. Ini pengalaman yang sangat menarik dan akan membuka matamu. Suatu hubungan bisa membawa manfaat baik tetapi secara tidak sengaja dapat menghentikan kamu mendapatkan semua kesempatan yang luar biasa.

Jika kamu masih sangat muda, pergi dan menjelajahi dunia mengajarkan banyak hal daripada berdiam di rumah dan hanya sibuk dengan urusan pacaran.

(Baca juga: Inilah Rasanya Bekerja di Tiga Perusahaan Paling Diinginkan di Indonesia)

Kamu bisa menikmati momen tanpa khawatir

Traveling adalah salah satu perjalanan besar yang menakjubkan. Tidak ada tekanan untuk berpikir tentang masa depan atau masa lalu, kamu benar-benar hidup untuk saat ini. Sementara dalam menjalani hubungan, kamu cenderung terjebak dalam kekhawatiran tentang keuangan atau berbagai rencana bersama.

Butuh kartu kredit yang berikan diskon belanja bahkan cash back hingga jutaan rupiah? Daftar sekarang juga di CekAja!

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.