Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

8 Barang Rumah Tangga yang Harus Diganti Secara Teratur Tetapi Sering Kamu Lupakan

by Tisyrin N. T on 30 September, 2016

Penelitian mengungkapkan beberapa barang kebutuhan sehari-hari rupanya harus diganti secara rutin. Kamu mungkin tidak tahu bahwa perlengkapan mandi atau perlengkapan tidurmu harus diganti secara rutin.

tips hemat pengeluaran di rumah _ KPR - CekAja.com

Jika tidak, selain sudah fungsinya tak lagi maksimal, benda-benda tersebut bisa membahayakan kesehatanmu. Berikut 8 barang rumah tangga yang harus kamu ganti secara teratur.

Kasur

Mungkin tidak terpikirkan bagi kita mengganti kasur sebelum benar-benar rusak atau tak nyaman lagi digunakan. Padahal, National Sleep Foundation menyatakan, efektifitas kasur hanya bertahan 9 tahun-10 tahun. Kasur akan kendur jika terlalu lama dipakai sehingga dapat memicu nyeri punggung. Kasur yang kondisinya kurang baik juga mengganggu kualitas tidur. (Baca juga: Kamu Adalah Kelas Menengah yang Susah Kaya Jika Punya 10 Pemikiran Ini)

Bantal

Para ahli juga menyarankan agar mengganti bantal secara teratur. Direktur Sleep to Live Institute di Mebane, North Carolina, Robert Oexman, menjelaskan, bantal yang tak diganti lebih dari 6 bulan bakal membuat wajah penggunanya terkena tumpukan kotoran, debu, minyak, hingga sel kulit mati yang memicu jerawat. Para ahli lain mengungkapkan bahwa bantal juga bisa memicu reaksi alergi dan asma karena menjadi sarang kutu busuk.

Shower puff

Kapan terakhir kamu mengganti shower puff untuk Mandi? Sebuah penelitian yang diterbitkan Journal of Clinical Microbiology, membuktikan bahwa kotoran dari tubuh tetap terjebak dalam shower puff. Apalagi benda itu tersimpan di kamar mandi yang hangat dan lembab, maka bakteri dan jamur akan mudah sekali berkembang.

Karena itu, ganti shower puff setidaknya 3 atau 4 minggu sekali. Selain itu, simpan shower puff dalam keadaan kering di tempat yang tidak lembab atau hangat. Bahkan, ada pula ahli yang menyarankan agar tidak menggunakan shower puff.

Handuk

Badan Konsumen dan Lingkungan Amerika Serikat mengungkapkan, handuk menjadi tempat bersarangnya bakteri yang berbahaya jika tidak diganti dalam waktu lama. Bahkan, sebuah penelitian memperlihatkan, pengguna handuk dihantui oleh bakteri yang memicu diare dan penyakit pencernaan. Oleh karena itu, disarankan untuk membeli handuk baru setidaknya 2 tahun sekali. Untuk membunuh bakteri, sebaiknya cuci handuk dengan air panas.

Sikat gigi

The American Dental Association menyarankan mengganti sikat gigi paling tidak 3 bulan atau 4 bulan sekali. Tujuannya untuk menghindari bakteri yang menumpuk. Demi kesehatanmu, ingat selalu untuk memasukan sikat gigi baru ke daftar belanjaan setiap 3 bulan atau 4 bulan sekali. (Baca juga: 10 Hotel Tepi Pantai Paling Keren di Bali)

Bra

Para ahli fashion mengungkapkan, bra hanya bertahan selama 8-9 bulan saja. Lewat dari itu bra tidak mampu menyangga payudara secara maksimal. Bagi kamu para wanita, ingat ya untuk mengganti bra yang sudah tidak layak pakai.

Sponge pencuci piring

Sebuah penelitian mengungkapkan, 75% sponge pencuci piring mengandung bakteri coliform yang memicu keracunan pada manusia. Penelitian lain di University of Arizona menemukan bahwa dari 1.000 sponge pencuci piring, 10% di antaranya mengandung bakteri Salmonela dan Campylobacter. Bakteri ini merupakan penyebab diare dan tifus.

Karena itu, setiap memakai sponge pencuci piring, jangan lupa untuk membersihkannya dan mengeringkannya agar kuman dan bakteri tidak mudah berkembang. Sebaiknya kamu juga membeli sponge baru setiap 2 minggu sekali.

Sisir

Sebuah penelitian dari Food and Drink Federation di Inggris mengungkapkan bahwa pada setiap 1 mm folikel rambut terdapat 50.000 bakteri. Karena itu kamu juga harus rajin mengganti sisir khususnya ketika bentuknya sudah terlihat kurang baik.

Agar lebih hemat saat berbelanja kebutuhan rumah tangga, gunakan kartu kredit Mega Visa Carrefour untuk mendapatkan 10% diskon belanja di Carrefour dan Metro Department Store. Daftar sekarang juga di sini

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.