Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

8 Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu

by lhmdi on 14 Juli, 2016

Saat ini masih banyak masyarakat yang masih belajar dan ingin mengetahui cara membedakan emas asli dan palsu. Tentu saja, rasa ingin tahu ini dimulai dari nilai emas yang sangat tinggi dan sering diklaim lebih stabil daripada nilai mata uang.

Dahulu kala, investasi emas juga sudah marak. Saat itu, cara termudah untuk mengetahui perbedaan emas asli atau imitasi adalah dengan digigit. Jika emas tersebut mudah untuk digigit  maka bentuknya adalah asli.

Sementara itu jika terasa keras maka dipastikan emas tersebut adalah palsu. Namun, sebelum mengetahui seperti apa perbedaan antara emas asli dan palsu, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu pengertian dari emas murni.

Secara umum, emas murni biasanya akan dihitung dalam ukuran karat. Emas murni asli biasanya memiliki kandungan 24 karat. Namun, masih terdapat emas murni lainnya yang memiliki kandungan berbeda, seperti emas dengan ukuran 22 karat.

Agar tidak salah kaprah dan selalu menghitung bahwa nilai emas harus 24 karat, kamu perlu untuk mengetahui beberapa kandungan emas yang ditetapkan oleh Standar Nasional Indonesia atau SNI.

  1. Emas 24 karat dengan kandungan emas murni yang menyentuh 99 hingga 99,99%.
  2. Emas 23 karat, memiliki kandungan dengan nilai 94,80 hingga 94,79%.
  3. Emas 22 karat, dengan kandungan nilai sebesar 90,60 hingga 94,79%.
  4. Emas 21 karat yang memiliki kandungan kemurnian sebesar 86,50 hingga 90,59%.
  5. Emas 20 karat, dengan nilai kemurnian emas 82,30 hingga 86,49%.
  6. Emas 19 karat, yang memiliki kandungan emas murni sebesar 78,20 hingga 82,29%.
  7. Terakhir, emas 18 karat, yang hanya memiliki kandungan emas murni sebesar 75,40 hingga 78,19%.
Mengukur Kepadatan Sebuah Emas

Sebelum melakukan pengukuran apakah emas tersebut asli atau palsu, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu tentang bagaimana cara mengukur kepadatan sebuah emas.

Terdapat beberapa tips sederhana hingga penggunaan rumus yang memang disiapkan untuk menghitung nilai kepadatan sebuah emas.

Cara termudah yang bisa kamu coba pertama kali adalah dengan menghitungnya secara digital yang presisi dengan satuan gram. Berikutnya adalah lanjutkan dengan mengisi sebuah gelas yang memiliki ukuran milimeter dengan volume air. Tujuannya adalah agar kamu mudah untuk membaca volume air sebelum dan setelah dicelupkan emas.

Setelah memasukkan emas tersebut kedalam botol yang memiliki ukuran milimeter, pastikan sebelumnya untuk menghitung tingkat air sebelum emas dimasukkan kedalam botol.

Selanjutnya gunakan tali untuk mengikatkan emas dan kemudian dicelupkan dalam air. Selanjutnya, setelah emas masuk ke dalam air maka volume air pun akan mengalami perubahan.

Selanjutnya, tambahkan rumus untuk menghitung kepadatan yaitu massa dibagi dengan volume. Sebagai contoh, emas yang sedang kamu ukur kepadatannya memiliki berat 38 gram.

Volume air yang dimasukkan adalah 2 milimeter. Nah! Untuk mengukur kepadatan emas ini maka perhitungannya adalah 39 gram dibagi 2 milimeter, maka hasilnya adalah 19 gram  per milimeter.

Nah! Jika sudah mendekati angka ini, maka bisa dikatakan emas tersebut memiliki kepadatan yang murni.

Uji Emas Asli dan Palsu

Dari zaman dahulu sampai sekarang, emas dipandang sebagai logam mulia. Harganya jangan ditanya. Memiliki tampilan mengkilap indah dan nilai jual mahal menjadikannya banyak diburu orang. Alhasil oknum-oknum nakal memalsukannya demi mendapat keuntungan.

Untung bagi mereka, rugi bagi kita. Untuk menghindari hal itu, berikut inilah 7 cara mengenali emas asli atau palsu yang uangindonesia.com rangkum dari berbagai macam sumber.

  1. Identifikasi warna

gadai emas-CekAja.com

Cara termudah pertama yang bisa kamu ketahui adalah dengan memperhatikan warna. Caranya bisa dimulai dengan menggosokkan bagian jari kamu dengan pada badan emas.

Jika warnanya tidak mengalami perubahan maka emas tersebut adalah asli, dan jika berubah maka emas tersebut adalah palsu.

  1. Digigit

manfaat gigit kuku - CekAja.com

Ini adalah cara mudah berikutnya yang bisa kamu coba. Yaitu dengan menggigit emas tersebut. Jika terasa lebih lunak atau lembek maka emas tersebut dipastikan asli. Jika tidak, maka emas tersebut adalah palsu.

  1. Gunakan alat tambahan seperti magnet

Magnet adalah satu alat tambahan yang bisa digunakan untuk mengukur, apakah emas tersebut asli atau palsu.

Dahulu, mendekatkan magnet dengan emas dan hasilnya tidak menempel, maka dipastikan emas tersebut adalah palsu. Sebaliknya, jika hasilnya berbeda maka emas tersebut adalah asli.

  1. Uji dengan keramik atau kertas

tips memasarkan bisnis - CekAja.com

Cara membedakan emas asli dan palsu berikutnya dengan dengan menggunakan keramik atau kertas. Jika digoreskan dengan keramik atau kertas terdapat warna hitam, maka emas tersebut adalah palsu. Jika tidak meninggalkan goresan maka emas tersebut adalah asli.

  1. Gunakan Nitric Acid

terbebas dari utang _ kartu kredit - CekAja.com

Mengukur emas apakah asli atau palsu bisa digunakan dengan uji asam atau menggunakan Nitric Acid atau asam nitrat.

Caranya mudah, yaitu, teteskan asam nitrat dan jika tidak terjadi perubahan warna maka, dipastikan emas tersebut adalah asli. Jika tidak mak tetes asam nitrat ke emas dan melihat reaksi yang terjadi.

Jika akan melakukan pengukuran kadar sebuah emas dengan menggunakan asam nitrat ada baiknya kamu didampingi seorang profesional. Karena jika tidak, maka bisa berujung kepada kerusakan emas dan merugikan dirimu sendiri.

6.Gunakan alat pengukur emas

Bisnis dan Usaha Barang Mahal - CekAja

Saat ini di masing-masing toko emas sudah dilengkapi sebuah alat khusus yang memang dipersiapkan untuk mengukur dan menentukan emas tersebut asli atau palsu.

Alat ini cukup mahal, jadi cara termudah untuk mengetahui apakah emas tersebut asli atau palsu adalah datang langsung ke toko emas.

  1. Surat resmi Antam (Aneka Tambang

Nama PT Antam atau Aneka Tambang tentunya sudah sangat dikenal bagi masyarakat yang ingin membeli emas murni. Nah! Bagi kamu yang ingin mendapatkan emas asli, bisa meminta surat resmi yang dikeluarkan oleh PT Antam.

  1. Rasakan berat

Terakhir, dengan merasakan berat emas, maka bisa diketahui pula, apakah emas tersebut asli atau palsu. Jika emas tersebut memiliki berat yang terasa ringan, maka bisa dikatakan bahwa emas tersebut adalah palsu.

Sebaliknya, jika berat maka bisa dipastikan emas tersebut adalah asli. Namun untuk mengujinya pastikan juga kamu didampingi seorang professional yang memang sudah terbiasa mengukur emas dengan merasakan beratnya.

Nah! Mudahkan, cara membedakan emas asli dan palsu.

Tentang Penulis

lhmdi

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami