Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

8 Cara Mendapatkan Penghasilan Saat Malam Tahun Baru

by Miftahul Khoer on 19 Desember, 2019

Tahun baru adalah momen yang dinantikan banyak orang. Banyak orang yang ingin melewatkan momen istimewa ini dengan merayakannya. Apalagi momen ini bertepatan dengan libur akhir tahun yang dimulai dari Natal. Tentu saja banyak orang yang kemudian memilih untuk berlibur atau sekadar keluar berjalan-jalan untuk merasakan suasana hingar bingar pergantian tahun.

Tahun Baru di Rumah - CekAja

Bagi kamu yang berjiwa bisnis, momen seperti ini tentu saja tidak akan terlewatkan. Banyak orang yang berlibur dan merayakan, berarti banyak kesempatan untuk menghasilkan uang. Nah, kalau kamu salah satu yang ingin memanfaatkan momen malam tahun baru untuk menghasilkan uang tambahan, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkannya:

1. Berjualan pernak-pernik tahun baru

Berjualan pernak-pernik tahun baru - 8 Cara Mendapatkan Penghasilan Saat Malam Tahun Baru

Menjelang tahun baru, dagangan seperti terompet biasanya menjadi pemandangan yang umum. Hal ini tentu saja karena banyak orang yang ingin membelinya untuk menambah semarak acara tahun baru nanti. Kamu juga bisa melakukannya. Tidak hanya terompet, kamu juga bisa berjualan topi, topeng, lampu, balon, hiasan kepala bertuliskan 2020, dan lain sebagainya. Kalau kamu cukup kreatif, kamu bahkan bisa membuat barang-barang itu sendiri dan menyuplainya kepada orang-orang yang bisa menjual sehingga kamu bisa mendapat keuntungan lebih.

(Baca juga: Libur Natal dan Tahun Baru Makin Hemat dengan 7 Promo Kartu Kredit Ini)
2. Berjualan makanan dan minuman

Berjualan makanan dan minuman - 8 Cara Mendapatkan Penghasilan Saat Malam Tahun Baru

Di malam tahun baru, sebagian besar orang akan keluar rumah dan berkumpul di titik-titik tertentu untuk menyaksikan perayaan tahun baru bersama. Kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk berjualan makanan dan minuman. Dengan orang sebanyak itu, daganganmu pasti akan laris manis diserbu pembeli. Terutama minuman, karena walau tidak lapar, biasanya orang pasti akan haus sehingga akan membeli minuman. Kamu tidak perlu memikirkan konsep yang rumit untuk jenis minuman yang akan dijual. Karena minuman sederhana sekalipun pasti akan laku.

3. Berjualan kebutuhan pesta

Berjualan kebutuhan pesta - 8 Cara Mendapatkan Penghasilan Saat Malam Tahun Baru

Beberapa orang lain, mungkin akan lebih suka untuk menghabiskan malam tahun baru di rumah bersama keluarga atau kerabat. Hal yang umum dilakukan adalah dengan mengadakan acara makan-makan dan bakar-bakaran. Kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk menyediakan barang-barang kebutuhan tersebut seperti panggangan, arang, jagung untuk dibakar, sampai makanan lain seperti sosis dan kue kering. Kamu juga bisa menyediakan jasa catering berupa nasi box atau makanan lain sesuai pesanan yang bisa kamu antar ke lokasi.

4. Jasa sewa kendaraan

Jasa sewa kendaraan - 8 Cara Mendapatkan Penghasilan Saat Malam Tahun Baru

Beberapa orang mungkin bahkan memutuskan untuk merayakan tahun baru sekaligus berlibur di luar kota. Mereka pastinya akan butuh kendaraan untuk berkeliling pada malam tahun baru. Kamu bisa memanfaatkan hal ini dengan membuka jasa sewa kendaraan baik itu mobil atau motor. Kamu bahkan bisa sekaligus menawarkan jasa untuk menjadi pemandu orang-orang ini untuk berkeliling kota dan memberikan rekomendasi tempat untuk makan dan lokasi yang tepat untuk menyaksikan pesta kembang api. Kalau kamu bersikap baik, profesional, dan menyenangkan, bukan tidak mungkin para pengguna jasa ini akan memberikan tips lebih.

5. Menyewakan kamar

Menyewakan kamar - 8 Cara Mendapatkan Penghasilan Saat Malam Tahun Baru

Selain butuh kendaraan, orang-orang yang datang dari luar kota pasti juga membutuhkan tempat untuk menginap. Kalau kamu memiliki kamar lebih yang tidak terpakai di rumahmu, kamu bisa menyewakannya kepada para pendatang. Kalau bisa, berikanlah penawaran harga yang lebih murah dibanding hotel-hotel pada umumnya. Karena harga sewa kamar pada tahun baru biasanya naik berkali-kali lipat, ketika kamu menawarkan harga lebih murah, tentu orang akan lebih tertarik untuk menyewa kamar di tempatmu.

6. Party planner

Party planner - 8 Cara Mendapatkan Penghasilan Saat Malam Tahun Baru

Kamu juga bisa membuka jasa party planner bagi misalnya perusahaan atau komunitas yang ingin membuat pesta perayaan tahun baru sendiri. Kalau kamu mau melakukan ini, kamu perlu mempromosikannya sejak jauh-jauh hari. Kamu bisa menawarkan untuk mengurus semua keperluan pesta mulai dari sewa tempat, dekorasi, konsep acara, sampai bintang tamu dan katering. Tentu saja kamu harus menunjukkan kualitas dan profesionalisme supaya orang tertarik untuk menggunakan jasamu.

7. Menjadi pengisi acara

Menjadi pengisi acara - 8 Cara Mendapatkan Penghasilan Saat Malam Tahun Baru

Pada malam tahun baru, banyak sekali event yang diadakan. Biasanya acara berupa panggung hiburan sekaligus pesta kembang api banyak digelar di berbagai titik baik di kota besar maupun kecil. Kalau kamu memiliki bakat performance seperti bermain musik, kamu sangat bisa menjadi pengisi acara di event-event tersebut. Untuk menawarkan jasa ini, terlebih dahulu kamu membutuhkan portofolio. Buatlah video berkualitas baik untuk menunjukkan bakatmu.

(Baca juga: Sederet Event Seru Buat Menghabiskan Malam Tahun Baru di Jakarta)
8. Jasa sewa alat camping

Jasa sewa alat camping - 8 Cara Mendapatkan Penghasilan Saat Malam Tahun Baru

Sebagian orang juga ada yang lebih suka merayakan malam tahun baru dengan cara camping. Orang-orang ini biasanya ingin menyaksikan matahari terbit pertama di tahun yang baru di tempat yang indah seperti gunung maupun pantai. Kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk menyewakan alat-alat camping seperti tenda, sleeping bag, kompor portable, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menambah penghasilan pada malam tahun baru. Semoga cara-cara di atas bisa memberimu inspirasi sehingga kamu tidak hanya bisa membantu orang lain untuk berbahagia saat tahun baru, tapi kamu sendiri merasa bahagia merayakannya. Selamat tahun baru!

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.