8 Cara Mengatasi Amandel Tanpa Operasi, Murah dan Mudah!

5 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Cara mengatasi amandel ternyata tidak hanya melalui operasi saja lho. Banyak orang, baik itu anak-anak hingga dewasa sekalipun, cenderung merasa takut berhadapan dengan pisau bedah sehingga bingung harus melakukan apa dalam mengatasi penyakit yang bisa menyerang seluruh kalangan ini.

Walaupun tidak dapat menimbulkan komplikasi yang berbahaya, akan tetapi jika didiamkan terlalu lama, tentu kehadiran amandel akan semakin terasa mengganggu.

Nah, dari pada harus mengeluarkan biaya besar untuk operasi, lebih baik kamu coba dulu beberapa cara mudah berikut ini dalam mengatasi amandel. Apa sajakah itu? Yuk disimak!

Apa itu Penyakit Amandel?

Sebelum kita membahas tentang cara mengatasi amandel, lebih baik jika kita mengetahui tentang penyakit amandel itu sendiri.

Dilansir dari situs alodokter.com, amandel atau tonsil adalah dua kelenjar kecil yang terdapat di tenggorokan, yang dimana berfungsi untuk mencegah infeksi, terutama pada anak-anak.

Seiring bertambahnya usia, pada nantinya sistem kekebalan tubuh juga akan semakin kuat sehingga fungsi amandel pun mulai tergantikan.

(Baca Juga: Cara Alami Obati Radang Tenggorokan)

Ketika fungsinya tergantikan itulah, amandel secara perlahan akan menyusut. Sementara itu, penyakit radang amandel merupakan sebuah kondisi ketika amandel itu mengalami peradangan atau inflamasi.

Walaupun umumnya dialami oleh anak-anak mulai dari usia 3 sampai dengan 7 tahun, akan tetapi tidak menutup kemungkinan penyakit ini juga bisa dialami oleh orang dewasa.

Penyebab dan Gejala Radang Amandel

Umumnya, penyakit radang amandel disebabkan oleh infeksi virus. Akan tetapi selain itu, infeksi bakteri pun juga bisa menjadi salah satu penyebab amandel bisa terjadi.

Sementara itu, orang-orang yang mengalami amandel juga umumnya menimbulkan beberapa gejala, yaitu seperti:

  • Suara Serak
  • Demam
  • Bau Mulut
  • Batuk
  • Sakit Kepala

Selain itu, radang amandel juga bisa dibedakan menjadi dua, berdasarkan lamanya gejala yang dirasakan.

Pertama ada amandel akut, yang biasanya menimbulkan gejala kurang dari 2 minggu, dan yang kedua ada amandel kronis yang gejalanya bisa timbul lebih dari 2 minggu.

Cara Mengatasi Amandel

Nah, setelah kita mengetahui tentang definisi penyakit amandel beserta penyebab dan gejalanya, sekarang barulah kita membahas tentang beberapa cara mengatasi amandel tanpa harus melalui pisau bedah.

Dirangkum dari beberapa sumber terpercaya, cara mengatasi amandel di rumah bisa kamu lakukan sebagaimana berikut ini:

1. Istirahat

Cara mengatasi amandel yang pertama adalah dengan beristirahat. Apabila si kecil tengah menunjukan gejala-gejala amandel, maka ada baiknya apabila ia tidak bermain di luar rumah terlebih dahulu.

Sebab, ternyata beristirahat justru bisa mempercepat proses penyembuhan lho. Tubuh yang sedang mengalami infeksi biasanya membutuhkan banyak energi, guna melawan bakteri atau virus yang berada di dalam tubuh.

2. Hindari Merokok

Jika ternyata penyakit amandel justru dialami oleh orang dewasa, maka salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengurangi kebiasaan merokok, jika kamu termasuk salah satu orang yang memang merokok.

Akan tetapi, jika kamu bukan seorang perokok, usahakan lah untuk menghindari paparan asap rokok maupun zat lainnya yang sekiranya bisa menambah iritasi pada saluran pernapasan.

3. Kumur Menggunakan Air Garam

Cara mengatasi amandel selanjutnya adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Pasalnya, berkumur dengan air garam ini bisa meredakan nyeri tenggorokan pada radang amandel.

Kamu hanya cukup mencampurkan ½ sendok teh garam dan ½ gelas atau setara dengan 120 ml air hangat, dan berkumurlah menggunakan larutan tersebut layaknya seperti kamu berkumur sehabis sikat gigi.

4. Mengkonsumsi Makanan yang Lembut

Biasanya, radang amandel seringkali membuat penderitanya menjadi malas makan, karena kesulitan dalam menelan.

Oleh karena itu, salah satu cara menyiasatinya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang lembut, berkuah, dan mudah ditelan.

Beberapa jenis makanan yang bisa kamu jadikan pilihan di antaranya seperti bubur, sup, nasi tim, atau kentang tumbuk (mashed potato).

Selain itu, hindarilah makanan gorengan atau pedas untuk sementara waktu. Sebab, makanan-makanan tersebut justru bisa membuat amandel dan tenggorokan menjadi semakin iritasi.

5. Perbanyak Minum

Cara mengatasi amandel selanjutnya adalah dengan perbanyak asupan cairan pada tubuh. Kamu bisa dengan mengkonsumsi air putih hangat, sup, kaldu, dan teh hangat.

Jika perlu, kamu bisa menyediakan air minum di dalam botol besar yang bisa kamu bawa-bawa ketika melakukan aktivitas di rumah, seperti ketika sedang menonton TV atau diletakkan tepat di samping tempat tidur, agar kamu bisa selalu ingat untuk perbanyak cairan tubuh.

6. Pasang Humidifier

Jika kondisi ruangan sedang dalam keadaan kering, maka kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan humidifier.

Selain berfungsi untuk melembabkan ruangan, alat ini ternyata juga bermanfaat untuk menghilangkan virus penyebab radang amandel lho.

Udara yang lembab umumnya bisa membantu meredakan sakit tenggorokan serta rasa tidak nyaman di tenggorokan.

7. Konsumsi Jeruk Nipis

Cara mengatasi amandel selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi jeruk nipis. Sebab, buah satu ini memang sudah lama dikenal memiliki sifat antivirus, antibakteri, dan anti inflamasi, sehingga bisa digunakan sebagai salah satu cara mengatasi penyakit radang amandel.

Tak hanya itu, kandungan vitamin C nya yang tinggi juga bisa membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Untuk cara membuat ramuannya, kamu hanya perlu menambahkan perasan air jeruk nipis atau lemon ke dalam satu gelas air hangat.

Setelah itu, tambahkan 2 sendok madu serta sedikit garam. Minumlah ramuan sederhana ini kurang lebih 2 kali sehari atau selama beberapa hari secara rutin.

Selain bisa digunakan untuk meredakan gejala amandel, ramuan jeruk nipis ini bahkan juga bisa menjadi obat yang ampuh untuk meredakan flu dan batuk.

8. Minum Obat Pereda Nyeri

Jika rasa sakit pada tenggorokan sudah tak tertahankan, kamu bisa meminum obat pereda nyeri, seperti paracetamol atau ibuprofen.

Akan tetapi, jika amandel justru menyerang si kecil dengan usia di bawah 5 tahun, sebaiknya konsultasikan ke dokter anak terlebih dahulu, untuk mengetahui obat pereda nyeri manakah yang dirasa cocok untuk dikonsumsi.

Apakah Amandel Perlu Dioperasi?

Nah, setelah kita mengetahui tentang beberapa cara mengatasi amandel secara mandiri di rumah, mungkin di antara kamu ada yang bertanya, apakah amandel perlu dioperasi?

Perlu diketahui bahwa tidak semua orang harus menjalani proses pisau bedah untuk mengatasi penyakit radang amandel.

Akan tetapi, amandel mungkin tetap perlu dioperasi apabila peradangan bisa menyebabkan salah satu atau lebih dari kondisi berikut ini, yaitu adalah:

  • Sulit bernapas
  • Antibiotik yang sudah tidak mempan untuk melawan bakteri penyebab radang
  • Sudah berkali-kali terkena infeksi, atau termasuk sebagai amandel kronis
  • Perdarahan pada amandel
  • Sleep apnea, yaitu sebuah kondisi ketika penderita sering berhenti bernapas ketika tidur

Lindungi Diri Sejak Dini Bersama Asuransi Kesehatan

Jadi, itulah beberapa cara mengatasi amandel yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah tanpa biaya mahal.

Akan tetapi, jika gejala yang dirasakan tidak kunjung mereda, maka kamu sebaiknya memeriksakan diri atau si kecil ke dokter, untuk mengetahui kondisi terkini.

Hanya saja, semakin kesini tentu biaya rumah sakit juga kerap meningkat dari waktu ke waktu. Ditambah lagi jika ternyata amandel yang diderita tidak ada pilihan lain selain harus dioperasi.

Maka dari itu, guna menghindari terjadinya permasalahan finansial ketika kamu atau anggota keluarga lainnya diharuskan untuk menjalankan tindakan medis, asuransi kesehatan bisa menjadi penyelamat kamu lho.

(Baca Juga: Cara Meredakan Batuk Pilek dengan Self Healing)

Sebab, ketika dibutuhkannya tindakan medis, pada nantinya biaya pengobatan akan ditanggung oleh pihak asuransi, yang mana jumlahnya disesuaikan dengan program dan premi yang kamu bayarkan.

Meski begitu, tentu saja hal ini bisa membuat pengeluaran kamu dalam berobat menjadi jauh lebih hemat.

Siapa sih yang gak mau bisa menikmati fasilitas kesehatan secara lengkap namun dengan biaya yang terjangkau?

Jika belum memiliki asuransi kesehatan, segera ajukan saja di CekAja.com. Selain kamu bisa melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis asuransi manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dalam membayar premi, seluruh proses pengajuan juga dilakukan sepenuhnya secara online lho.

Sehingga, kamu tak perlu repot lagi meluangkan waktu untuk ke luar rumah. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera ajukan asuransi kesehatan terbaik hanya di CekAja.com!

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha