Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

8 Cara Mudah Menghemat Kuota Internet

by Rafly Aditia on 1 Oktober, 2016

 

Borosnya biaya internet mungkin jadi salah satu penyebab kamu tidak bisa menabung setiap bulan. Meski menyadari hal ini, banyak orang yang tidak bisa menghindari pemborosan kuota internet. Padahal masalah ini mudah disiasati lho.

Kamu bisa memangkas bujet bulanan untuk kuota internet dan menyisihkan penghasilan bulanan untuk memulai investasi cukup dengan 8 cara mudah berikut ini:

Gunakan usage warning

Fitur usage warning ada di semua smartphone. Kamu dapat mencari fitur ini di bagian setting. Usage warning berfungsi mengingatkan pengguna berapa kuota internet yang sudah dihabiskan saat menggunakan smartphone. Dengan mengetahui angka kuota yang tersisa, maka kamu bisa menghindari penggunaan internet berlebihan.

(Baca juga: Gaji Rp 3 Juta Bisa Beli Mobil Dalam Setahun Jika Ikuti Tips Ini)

Streaming YouTube? mending save dulu

Saat ini YouTube semakin digandrungi banyak orang. Rasanya kalau tidak nonton video YouTube sehari saja ada yang kurang. Maka dari itu, buat kamu yang mau sering-sering nonton YouTube tapi gak mau boros kuota bisa memanfaatkan fitur Save. Lakukan penyimpanan video yang ingin ditonton saat malam hari. Kenapa malam? Karena kamu bisa memanfaatkan bonus kuota yang hanya berlaku pada malam hari.

Update browser terbaru

Tahukah kamu bahwa versi terbaru Google Chrome diklaim menjadi browser paling irit kuota. Yup, Google menjamin hal tersebut pada saat peluncuran update terbaru dari Google Chrome. Hal ini pun sudah dibuktikan banyak orang. Tidak percaya? Coba saja kamu update browser Google Chrome di smartphone sekarang.

Cari wifi gratis saat di tempat umum

Cara yang satu ini benar-benar ampuh untuk menjagamu dari pemborosan kuota internet. Kalau kamu lagi makan di restoran atau nongkrong di tempat umum, coba matikan koneksi data pribadi dan gunakan wifi gratis yang ada di sekitarmu.

Beli kuota inject

Kuota inject merupakan solusi menghindari pemborosan uang untuk kota internet smartphone. Biasanya, harga kuota inject lebih murah dibandingkan dengan berlangganan paket kuota secara langsung menggunakan pulsa biasa.

Beli kartu perdana promo untuk internetan

Cara ini sering dilakukan oleh mahasiswa, Dibanding harus menghabiskan pulsa untuk beli kuota internet, lebih baik beli kartu perdana dengan promo internetan yang dikeluarkan oleh provider-provider favoritmu. Namun, agar kontakmu tetap tersimpan gunakan cara ini hanya untuk smartphone dual sim.

Logout semua aplikasi saat mau tidur

Salah satu penyebab borosnya kuota internet adalah aktifnya aplikasi-aplikasi tertentu meski pengguna sedang tidak aktif menggunakan smartphone. Agar lebih hemat,  sebaiknya logout semua aplikasi yang membutuhkan internet saat sedang tidur.

(Baca juga: Mengenal Jeff Bezos, Salah Satu Orang Terkaya di Dunia)

Update aplikasi hanya via wifi

Cara ini bakalan sangat membantu. Kamu bisa mengatur update aplikasi hanya melalui konseksi wifi saja. Mengapa demikian? Karena saat sedang melakukan updating, aplikasi-aplikasi tertentu di smartphone memakan kuota cukup besar.

Butuh kartu kredit yang berikan diskon belanja hingga cashback hingga 25%? Daftar sekarang juga di CekAja!

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.