Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

8 Cermin Hias Ruang Tamu yang Estetik, Bikin Ruangan Ini Tampak Menawan

by Ayunindya Annistri on 25 Juli, 2020

Desain cermin hias ruang tamu kerap kali dicari oleh netizen yang ingin membuat salah satu ruangan di dalam rumahnya ini tampak lebih estetik. Ya, enggak bisa dipungkiri, saat seseorang berkunjung ke rumah, ruangan yang pertama kali akan dimasuki oleh tamu tersebut tentu saja ruang tamu. Sehingga, ruangan ini mesti didekor sedemikian rupa agar meninggalkan kesan baik bagi siapa saja yang berkunjung.

Desain Cermin Hias Ruang Tamu yang Estetik, Bikin Ruangan Ini Tampak Lebih Menawan

Cermin Hias Ruang Tamu Bikin Ruangan Jadi Nampak Dinamis

Bukan hanya dimanfaatkan sebagai alat untuk bersolek saja, cermin saat ini juga banyak difungsikan menjadi dekoran untuk menghiasi sudut rumah, salah satunya ruang tamu.

Dengan berbagai bentuk yang disuguhkan, cermin hias ruang tamu bakal membuat ruangan inti dari rumah menjadi tampak luas dan lebih estetik.

Enggak cuma itu saja, berikut ini manfaat dari cermin hias ruang tamu:

  • Termasuk dalam elemen fengsui

Menurut fengsui Cina, meletakkan cermin di beberapa area sudut rumah diyakini dapat mendatangkan kebaikan dan keberkahan bagi penghuninya. Dalam kepercayaan ini pula dijelaskan, jika cermin mewakili elemen air yang berarti memiliki energi positif.

Terlebih kalau kamu menaruh cermin hias tersebut di ruang tamu. Sebab, cermin yang diletakkan di ruang tamu bakal mempermudah pantulan cahaya yang masuk ke dalam rumah.

  • Membuat penghuni betah di ruangan tersebut

Adanya cermin di sudut ruangan dalam rumah, diyakini dapat membuat penghuninya betah berlama-lama dalam ruangan tersebut. Bisa dibilang dengan menempatkan cermin terutama di ruang tamu, dapur, kamar mandi, maupun kamar tidur bakal membuat seseorang tak sadar telah menghabiskan waktunya di ruangan itu.

Enggak percaya? Cobain deh trik tersebut.

  • Mencegah energi negatif

Jika interior ruang tamu berdekatan dengan lorong yang jadi penghubung dengan ruangan lainnya, maka tempatkanlah cermin diantara keduanya untuk mencegah dan menetralisir energi negatif di ruangan tersebut. Apalagi kalau lorong itu terdapat anak tangga.

Karena, enggak sedikit orang yang percaya jika tangga selalu memiliki energi negatif, sehingga dibutuhkan perabotan penunjang seperti cermin untuk mengusir aura jahat di ruangan tersebut.

(Baca Juga: 7 Ide Dekorasi Ruang Tamu Minimalis)
Ide Desain Cermin Hias Ruang Tamu Paling Estetik dan Menawan

Gimana, udah pasti sudah enggak sabar untuk kepoin bermacam desain cermin hias ruang tamu yang paling recommended bukan? Nah, dilansir dari berbagai sumber yang ada, berikut CekAja rangkum ide desain cermin hias ruang tamu biar ruangan yang satu ini makin ciamik.

Yuk, pantengin infonya sampai habis ya!

1. Cermin hias frame ukir berwarna emas

Cermin hias frame ukir berwarna emas - 8 Cermin Hias Ruang Tamu yang Estetik Bikin Ruangan Ini Tampak Menawan

Pilihan desain cermin hias ruang tamu yang pertama adalah dengan menggunakan cermin frame ukir. Kamu bisa menempatkan cermin frame ukir berwarna emas dengan bentuk persegi panjang tepat di atas sofa agar ruang tamu terkesan lebih luas.

Akan lebih bagus lagi kalau cermin ini diletakkan di ruang tamu dengan dinding berwarna putih, hitam, abu-abu, atau paling tidak cokelat muda. Benar-benar akan tampak sangat elegan!

2. Cermin hias makrame ethnic

Cermin hias makrame ethnic - 8 Cermin Hias Ruang Tamu yang Estetik Bikin Ruangan Ini Tampak Menawan

Tidak hanya menggunakan cermin dengan frame ukir saja, kamu yang senang nuansa vintage bisa mencoba desain cermin hias ruang tamu ini, yaitu makrame ethnic.

Kata makrame sendiri adalah seni menyatukan simpul yang terdiri dari banyak tali atau benang, di mana hasilnya akan menjadi suatu kerajinan tangan.

Kalau kamu tertarik untuk menekuni kerajinan ini, maka cobalah membuat sendiri cermin hias dengan teknik makrame menggunakan tali dari bahan sutera, rayon, nylon, atau katun.

Namun jika tak mau repot membuatnya sendiri, bisa langsung membeli cermin hias makrame ethnic di marketplace ternama seperti Shopee, Tokopedia, maupun Bukalapak.

3. Cermin bulat gantung minimalis

Cermin bulat gantung minimalis - 8 Cermin Hias Ruang Tamu yang Estetik Bikin Ruangan Ini Tampak Menawan

Ingin punya tampilan ruang tamu yang minimalis? Cobalah padukan dengan cermin bulat gantung berwarna cokelat, putih, atau bisa juga abu-abu. Desain cermin hias ruang tamu yang satu ini, akan membuat ruangan tampak lebih ringkas dan luas.

Kamu bisa meletakkan cermin tersebut tepat di atas meja buku atau meja hiasan dengan tanaman hijau tiruan agar terkesan lebih hidup. Selain menggunakan model gantung, kamu juga bisa memanfaatkan cermin bulat yang menempel di dinding.

Nah, supaya desainnya makin ciamik nih, coba deh menaruh 3 cermin bulat berukuran beda dengan peletakkan yang random atau tertata layaknya pola segitiga.

4. Cermin hias dengan nuansa bohemian

Cermin hias dengan nuansa bohemian - 8 Cermin Hias Ruang Tamu yang Estetik Bikin Ruangan Ini Tampak Menawan

Berikutnya, desain cermin hias ruang tamu yang menarik adalah cermin dengan nuansa bohemian. Bohemian adalah satu dari banyaknya dekorasi yang banyak dipakai, terutama untuk interior ruang tamu maupun kamar tidur.

Dengan berfokus pada nilai artistik, gaya bohemian pada ruang tamu bisa dipadu-padankan dengan berbagai perabotan mendukung, seperti sofa bermotif garis-garis, hingga dinding dengan kombinasi warna antara netral dan warna mencolok.

Biar makin terasa nuansa bohonya, kamu bisa memasang berbagai cermin di satu dinding dengan bentuk senada, namun ukuran berbeda begitupun dengan motifnya.

5. Cermin minimalis penuh

Cermin minimalis penuh - 8 Cermin Hias Ruang Tamu yang Estetik Bikin Ruangan Ini Tampak Menawan

Punya ukuran ruang tamu yang tidak terlalu besar bukanlah penghalang untuk kamu berkreasi lho. Malahan dengan ruang tamu yang minimalis, kamu masih bisa membuatnya tampak elegan dengan sentuhan desain cermin hias ruang tamu penuh.

Maksudnya, cermin dengan ukuran persegi yang ditata di salah satu dinding ruang tamu secara penuh tanpa menyisakan satu celah sedikitpun.

Cermin berukuran besar ini bakal menciptakan ilusi yang berbeda, sehingga ruang tamu terlihat lebih proposional.

Biar tampilannya tidak terlihat kosong, tambahkan pot bunga berukuran besar, baik di samping kanan ataupun kiri cermin. Selain itu, kamu juga bisa meletakkan meja kecil persis di sebelah pot tersebut dengan hiasan berupa pajangan foto dan majalah.

(Baca Juga: 15 Ide Sofa Ruang Tamu Sempit)
6. Cermin hias frame putih berukuran persegi panjang

Cermin hias frame putih berukuran persegi panjang - 8 Cermin Hias Ruang Tamu yang Estetik Bikin Ruangan Ini Tampak Menawan

Warna putih selalu bisa dipadukan dengan warna apapun. Makanya enggak heran, jika warna netral ini banyak dimanfaatkan oleh mereka yang gemar mendekorasi rumah.

Tidak hanya meninggalkan kesan hangat saja, menggunakan warna putih terutama pada interior ruang tamu, dapat membuat ruangan ini tampak lebih mewah dan luas.

Nah, kalau bagian dinding ruang tamu rumah kamu berwarna putih, cobalah gunakan cermin hias ruang tamu yang memiliki warna senada dengan ruangan tersebut.

Salah satu frame yang paling basic dan banyak digemari karena tidak terkesan norak adalah cermin hias, dengan frame putih berukuran persegi panjang.

Cermin seperti itu bisa kamu tempatkan persis di atas sofa atau di salah satu lorong menuju ruang tamu persis setelah pintu masuk utama rumah.

7. Cermin semi klasik

Cermin semi klasik - 8 Cermin Hias Ruang Tamu yang Estetik Bikin Ruangan Ini Tampak Menawan

Punya interior ruang tamu bergaya neo klasik? Kalau begitu, biar nuansanya makin terasa klasik tambahkan beberapa perabotan yang sesuai. Salah satunya dengan meletakkan cermin semi klasik.

Cermin ini biasanya memiliki bentuk yang enggak lebay dan terkesan sangat sederhana.

Kalau bosan dengan model bulat atau persegi panjang, cobalah gunakan cermin bermodel persegi dengan sedikit bentuk melengkung ke dalam pada bagian tepi kanan dan kiri atas cermin.

Letakkan cermin hias ruang tamu di bagian atas sofa atau sudut khusus dengan tambahan meja dan bunga kering tepat di depan cermin tersebut.

8. Cermin panjang berdiri

Cermin panjang berdiri - 8 Cermin Hias Ruang Tamu yang Estetik Bikin Ruangan Ini Tampak Menawan

Ide desain cermin hias ruang tamu yang terakhir adalah cermin panjang berdiri atau bahasa gaulnya cermin tumblr. Cermin ini enggak hanya cocok diletakkan di kamar tidur saja. Kamu juga bisa menaruh cermin ini di sudut pojok ruang tamu dengan tatanan sedikit menyerong ke kiri.

Agar dekorannya tidak tampak sepi, tambahkan pot tumbuhan hijau yang menjalar di samping cermin tersebut. Dan cermin estetik pun bisa kamu gunakan untuk berfoto ala netizen Instagram.

Beli Perabotan Ruang Tamu Bisa Lebih Murah dengan Kartu Kredit

Nah, itu tadi beberapa ide desain cermin hias ruang tamu yang pastinya bakal membuat ruangan ini tampak lebih estetik. Kamu bisa membeli beberapa contoh dari cermin tersebut, lewat marketplace atau langsung mengunjungi toko offline, seperti Ikea, ACE Hardware maupun Informa.

Biar pembeliannya lebih murah, gunakanlah kartu kredit. Karena dengan kartu kredit, kamu bisa menikmati beberapa penawaran menarik, seperti cicilan 0 persen, potongan harga, hingga cashback.

Maka dari itu, sebelum tergiur untuk membeli berbagai perabotan ruang tamu yang lucu-lucu, lebih baik miliki dulu kartu kredit dari CekAja.com, yang sudah terkenal punya banyak penawaran terbaik dan terbarukan.

Bahkan, kalau bingung untuk mengajukan pun kamu bisa mengajukan perbandingan terlebih dulu di CekAja. Sehingga bisa mendapatkan kartu kredit yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Jadi, tunggu apalagi? Segera miliki kartu kredit dari CekAja.com dan raih kesempatan menarik saat membeli perabotan ruang tamu di merchant rekanan CekAja.

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau