Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

8 Fakta Tentang Warren Buffett yang Bisa Membuat Anda Tercengang

by JTO on 11 Maret, 2015

Anda tentu masih ingat artikel 10 Orang di Dunia yang Miliki Uang Lebih dari Rp 100 Triliun. Ada nama Warren Buffett di posisi ketiga dengan kekayaan Rp 902 triliun. Ternyata, ada 8 hal mencengangkan dari bos perusahaan investasi Berkshire Hathaway ini.

warren-buffet-CekAja

 

Dalam daftar miliarder dunia, investor dan pengusaha dari negeri Paman Sam ini memang tidak asing. Hampir tiap tahun namanya selalu hadir dalam daftar teratas. Bahkan, pada 2008 nama Warren Buffett sempat menjadi orang terkaya sejagad mendepak bos Microsoft, Bill Gates, yang telah bercokol selama 13 tahun sebagai orang terkaya versi Forbes. Dari fakta yang ada, ternyata ada 8 fakta mencengangkan dari pengusaha dan investor ulung ini. Apa saja?

Membeli saham pertamanya di usia 11 tahun

Warren Buffett adalah putra dari Howard, seorang broker saham dan anggota parlemen di Amerika Serikat. Di usianya ke-11 tahun, ia membeli 3 lembar saham Cities Service Preferred, dengan harga 38 dollar AS per lembar. Harga saham tersebut anjlok hingga 27 dollar AS, namun Buffett terus bertahan dan menjualnya di harga 40 dollar AS. Beberapa waktu kemudian, Buffett menyesali keputusannya karena harga sahamnya terus meroket hingga 200 dollar AS. Hal tersebut memberikan pelajaran pertamanya tentang kesabaran dalam berinvestasi.

Mendapat 99% kekayaannya setelah usia ke-50

Kekayaannya sebesar 62,7 miliar dollar AS dari 63,3 miliar dollar AS didapatkannya setelah ia berusia 50 tahun. Hal tersebut tentu saja mengajarkan pentingnya kesabaran dalam berinvestasi dan tetap fokus pada tujuan jangka panjang. (Baca juga: 5 Tips Hindari Jebakan Investasi Bodong)

Untung 80% adalah performa terburuknya

Selama 43 tahun berturut – turut, performa investasinya selalu mengalahkan index saham Standard & Poor’s 500 (IHSG di Amerika Serikat – Red.). Dan, untuk pertama kalinya sepanjang sejarah,pada tahun 2008 – 2013 kinerja portofolio Berkshire Hathaway milik Warren Buffett “hanyalah” sebesar 80%. Sedangkan S&P 500 sebesar 128%.

Uang Rp 13 juta menjadi Rp 140,4 miliar  

Dengan catatan keuntungan Berkshire Hathaway, jika di tahun 1964 Anda memiliki uang sebanyak 1000 dollar AS (jika memakai kurs sekarang kurang lebih adalah Rp13 juta) dan diinvestasikan ke perusahaan tersebut, maka uang Anda saat ini akan bernilai 10,8 juta dollar AS ( Rp 140,4 miliar)!

Miliki penghasilan 37 juta dollar AS per hari

Pada tahun 2013, pebisnis ulung ini pernah tercatat memiliki penghasilan sebesar 37 juta dollar AS atau setara dengan Rp 481 miliar. (Baca juga: 10 Orang Terkaya di Indonesia)

Kekayaan bersihnya lebih besar dari GDP 2 negara

Kekayaan bersih Warren Buffet adalah 63,38 miliar dollar AS. Angka tersebut jauh lebih besar dari gabungan GDP (Gross Domestic Product) Ghana sebesar 1,8 miliar dollar AS dan Kamboja sebesar 15,24 miliar dollar AS.

Penghasilan per hari bisa hasilkan 1200 orang sarjana

Jika biaya kuliah seseorang sampai lulus dan mendapatkan gelar sarjana adalah Rp 400 juta. Maka pendapatan per hari Warren Buffett bisa untuk biaya kuliah 1200 orang.

Jika dibagi-bagi, masing-masing dapat 3,7 juta rupiah

Bila angka jumlah penduduk Indonesia memakai angka 220 juta penduduk. Maka jika kekayaan Buffett sebesar 63,3 miliar dollar AS dibagikan keseluruh jumlah penduduk tersebut, masing-masing akan mendapatkan uang senilai 286,6 dollar AS atau Rp 3,7 juta per kepala.

Mau lebih hemat? Dapatkan produk finansial sesuai kebutuhan di sini.

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.