8 Fakta Unik Game Among Us yang Wajib Diketahui Para Gamer!

7 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Sebelum mulai memainkan game Among Us, rasanya kamu perlu mengetahui beberapa fakta unik game Among Us terlebih dahulu. Pasalnya, Among Us menjadi game populer yang belakangan ini banyak dimainkan oleh hampir semua kalangan.

Perlu diketahui, game besutan Innersloth ini hingga bulan September 2020, telah diunduh lebih dari 41,9 juta pengguna seluler.

Yang mana, jumlah pengunduh ini kemungkinan besar akan terus bertambah seiring waktu. Padahal di awal kehadirannya, yaitu tahun 2018, game ini kurang mendapat cukup perhatian dari para gamer.

Bagi kamu yang tertarik untuk mencoba bermain game Among Us, kamu bisa mengunduhnya di App Store atau Play Store, secara gratis.

Namun sebelum mulai bermain, ada baiknya kamu ketahui terlebih dahulu ulasan beberapa fakta unik game Among Us berikut ini. Yuk, simak bersama-sama!

8 Fakta Unik Game Among Us

1. Populer sejak dimainkan dan diunggah oleh Youtuber gaming PewDiePie

Fakta unik game Among Us yang pertama adalah game ini mulai populer sejak Youtuber gaming PewDiePie, bermain game Among Us dan mengunggah ke channel Youtube miliknya.

Awalnya, PewDiePie melakukan live streaming yang ditayangkan beberapa hari setelahnya.

Namun, berkat live streaming yang dilakukan, banyak orang mulai penasaran untuk mencoba bermain game Among Us.

Padahal, di awal kehadirannya game Among Us tidak cukup mendapat perhatian. Bahkan, para gamer pun tidak banyak tertarik untuk memainkan game satu ini.

2. Dapat bermain sebagai crewmate atau kru pesawat

Dalam game Among Us, kamu selaku pemain bisa bermain sebagai kru pesawat, atau yang juga dikenal dengan sebutan crewmate.

Ketika bermain menjadi crewmate, kamu memiliki beberapa tugas yang harus diselesaikan. Semua tugas tersebut, tersebar di beberapa lokasi yang bisa kamu ketahui dengan membuka maps di bagian kanan atas layar.

Tetapi perlu diketahui, bahwa tugasmu tidak hanya yang tertera pada menu task saja, melainkan kamu juga harus mencari tahu dan menemukan siapa impostor-nya, sebelum ia berhasil membunuh semua crewmate, termasuk kamu.

Jadi, apakah kamu sudah tahu fakta unik game Among Us yang satu ini?

(Baca Juga: Daftar Game Asah Otak)

3. Dapat bermain sebagai impostor

Kemungkinan bermain sebagai impostor, juga menjadi fakta unik game Among Us yang perlu kamu ketahui. Sebab, jika kamu menjadi impostor, maka kamu memiliki tugas utama untuk membunuh setiap crewmate secara diam-diam.

Dalam menjalankan tugas tersebut, kamu akan dibekali dengan kemampuan dalam menyabotase beberapa hal, seperti misalnya merusak reaktor pesawat maupun mematikan lampu, untuk menarik dan mengalihkan perhatian crewmate.

Tidak hanya itu, kamu pun memiliki kemampuan untuk bertransportasi ke beberapa lokasi melalui ventilasi.

Dan menariknya, apabila dalam satu permainan terdapat dua impostor, namun satu di antaranya sudah tereliminasi dan menjadi ghost, maka impostor yang sudah menjadi ghost tersebut dapat membantu impostor lainnya dalam menyelesaikan misi.

4. Dapat bermain sebagai ghost

Peran lainnya yang akan kamu mainkan dalam game Among Us adalah ghost. Ini menjadi salah satu fakta menarik game Among Us, karena kamu akan menyandang peran ini, apabila kamu telah dibunuh atau terbuang dari pesawat.

Ketika menjadi ghost, bukan berarti kamu sudah tidak bisa melakukan apapun dalam permainan.

Kamu tetap bisa menyelesaikan tugas yang diberikan, serta menjelajah isi pesawat tanpa diketahui pemain lainnya yang masih hidup.

Apabila yang menjadi ghost dahulunya adalah salah satu dari impostor, maka ghost tersebut masih bisa membantu impostor lainnya, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Hanya saja, ghost sudah tidak memiliki hak untuk mengeluarkan pendapat saat diskusi, atau bahkan sekadar memberitahu kru yang masih hidup, siapa impostor sebenarnya.

5. Terdapat map yang bisa digunakan

Fakta unik game Among Us yang kelima adalah game ini memiliki map yang bisa digunakan. Adanya map ini berguna untuk memudahkan para pemain, dalam mengetahui letak atau titik task yang harus diselesaikan.

Game Among Us sendiri memiliki beberapa map yang bisa dimainkan, salah satunya yaitu The Skeld.

Berlatar belakang suasana pesawat luar angkasa, map The Skeld memiliki cafetaria sebagai ruang utama yang digunakan untuk berdiskusi.

Selain map The Skeld, ada dua jenis map lainnya yang harus kamu coba. Namun kamu perlu mengetahui, kalau bentuk ruangan dan task yang diberikan pada setiap map berbeda.

6. Dimainkan oleh banyak kalangan, dari Youtuber hingga Idol K-pop

Game Among Us menjadi salah satu game yang dimainkan oleh hampir semua kalangan. Fakta unik game Among Us yang satu ini, bisa dilihat dari banyaknya Youtuber hingga Idol K-pop yang memainkan game ini.

Untuk Youtuber sendiri, di awal sudah disinggung ada PewDiePie yang memainkan dan membuat viral game Among Us.

Selain PewDiePie, beberapa Youtuber gaming lainnya juga turut memainkan game Among Us, di antaranya yaitu MiawAug dan Jess No Limit.

Di sisi lain, Najwa Shihab atau yang dikenal dengan mbak Nana pun turut dibuat penasaran dengan game Among Us.

Hal itu terlihat dari cuitan mbak Nana di media sosial Twitter pada 17 September 2020, yang bertanya bagaimana cara bermain game Among Us.

“Jadi gimana ini cara main Among us…” tulis akun Twitter @NajwaShihab.

Di belahan negara lainnya, yaitu Korea Selatan diketahui salah satu Idol K-pop, yaitu Chanyeol EXO juga ikut memainkan game yang dikenal mampu memecah belah pertemanan.

7. Among Us mendukung crossplay

Tidak hanya menjadi fakta unik game Among Us, ini juga menjadi satu hal yang menarik karena game Among Us mendukung crossplay.

Di mana, kamu selaku pemain tidak hanya bisa terhubung dengan pemain lainnya melalui smartphone saja, tetapi juga bisa terhubung dengan pemain lainnya yang menggunakan PC atau laptop.

Dengan begitu, maka kamu bebas memilih media mana yang paling nyaman untuk digunakan, dan sesuai dengan kebutuhan permainanmu.

8. Memiliki banyak mode bermain

Fakta unik game Among Us yang terakhir adalah game ini memiliki banyak mode bermain. Adapun mode bermain yang disediakan game ini, yaitu Local, Online dan Freeplay.

Mode Local sendiri, dihadirkan untuk kamu yang ingin bermain bersama teman. Kemudian mode Online untuk bermain bersama pemain lainnya baik secara public maupun private, sementara mode Freeplay untuk kamu yang ingin bermain sendiri.

Cara Bermain Among Us

Setelah mengetahui beberapa fakta unik game Among Us, maka kini saatnya untuk kamu mengetahui bagaimana cara bermain Among Us.

Buat kamu yang belum pernah bermain, Among Us sendiri sejatinya memiliki cara bermain yang mudah, layaknya permainan werewolf.

Yang mana, satu di antara semua pemain terdapat impostor yang sedang menjalankan misi, untuk membunuh setiap pemain secara diam-diam, untuk bisa memenangkan permainan.

Sedangkan untuk pemain lainnya yang bukan impostor, memiliki tugas untuk menyelesaikan task dan menemukan siapa impostor-nya untuk memenangkan permainan.

Nah untuk tahu lebih detail bagaimana cara bermain Among Us, yuk simak ulasan berikut ini!

  • Pertama, unduh game Among Us di Play Store atau App Store smartphone
  • Install game Among Us yang sudah di unduh, lalu tunggu hingga proses install selesai
  • Agar permainan semakin seru, ajak beberapa teman untuk bermain bersama hingga maksimal sembilan pemain
  • Setelah jumlah pemain sudah pasti, maka host atau tuan rumah bisa lanjut membuat room dan menentukan map arena bermain dan tema
  • Jika sudah, nantinya pemain akan dibagi menjadi dua, yaitu crewmate atau kru pesawat dan impostor
  • Pembagian peran pun dilakukan, dan setiap pemain tidak mengetahui peran pemain lainnya, kecuali sesama impostor yang akan bekerjasama untuk membunuh crewmate
  • Impostor sendiri nantinya dibekali beberapa kemampuan, seperti menyabotase sistem, merusak reaktor, mengurangi oksigen hingga menutup pintu ruangan
  • Jika dalam permainan ditemukan pemain yang terbunuh, atau ada pemain yang menekan tombol emergency, maka sistem akan memberikan waktu sekitar 75 detik untuk berdiskusi dan saling membela diri serta menuduh siapa impostornya
  • Permainan akan berlanjut seperti biasa, dan akan berakhir ketika ada salah satu kelompok yang menang, atau impostor tertangkap.

(Baca Juga: 8 Game Online Terbaik dan Terpopuler)

Nah itulah beberapa fakta unik game Among Us yang sudah kamu ketahui, beserta cara bermainnya. Bagaimana, semakin penasaran untuk coba bermain Among Us?

Atau justru setelah tahu beberapa fakta unik game Among Us, kamu semakin tertarik untuk bermain terus-terusan? Eits, hati-hati ya jangan sampai kecanduan.

Meski game yang satu ini sangat menghibur dan mampu mengusir rasa lelah, namun perhatikan juga dengan kondisi kesehatan matamu.

Jangan sampai karena terlalu asik bermain game, nantinya kesehatan matamu menjadi terganggu atau bahkan rusak akibat sinar ultraviolet.

Jika kecanduan bermain game tidak bisa kamu kontrol dengan baik, nantinya yang terganggu tidak hanya kesehatan mata saja, tetapi juga bisa mengganggu kinerja organ tubuh lainnya, yang dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit.

Maka dari itu, untuk mencegahnya kamu bisa mulai mengontrol diri dan mengatur waktu untuk bermain game.

Selain itu, kamu juga bisa melindungi kesehatan diri dengan asuransi kesehatan, sebagai upaya pencegahan.

Sebab dengan menggunakan asuransi kesehatan, nantinya kamu tidak perlu lagi merasa khawatir terkait biaya pengobatan, apabila sewaktu-waktu terjadi sesuatu pada kesehatanmu.

Oleh karena itu, buat kamu yang belum memiliki asuransi kesehatan, kini saatnya untuk kamu mengajukannya melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kalau begitu, tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kesehatan terbaikmu sekarang juga!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani