Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

8 Kebiasaan Ciptakan Motivasi Positif di Pagi Hari

by lhmdi on 14 September, 2017

wanita karier_ kartu kredit - CekAja.com

Menciptakan suasana baru sekaligus meningkatkan motivasi pagi di setiap hari bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah.

Walau jadi rutinitas, kegiatan yang kita lakukan setiap hari terkadang tidak berjalan sama seperti yang diharapkan. Misalnya, alarm di jam atau di ponsel sudah diatur untuk bagun di jam tertentu, namun terkadang kita masih bisa bermalas-malasan.

Mulai dari meregangkan tubuh diatas kasur dan kemudian duduk sambil melamun, dan kembali merebahkan badan di tempat tidur bukanlah ide yang bagus jika ingin memulai pagi yang baik.

Walau sepele, namun kebiasaan seperti ini bisa memberikan efek panjang. Pagi akan menjadi berantakan, semua pekerjaan rumah yang biasanya bisa dikerjakan saat pagi menjadi terbengkalai.

Motivasi pagi dan mood untuk beraktivitas pun bisa berujung menjadi kacau, sehingga tidak ada lagi terasa semangat dalam menjalankan pekerjaan.

Jika ini terus terjadi setiap harinya, bisa dipastikan bahwa hari-hari yang dilalui akan menjadi terasa mengesalkan.

Agar tidak terus terulang, sekarang saatnya menciptakan suasana yang baik di pagi hari. Suasana ini bisa didapatkan dari kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan secara berkelanjutan setiap harinya.

Lalu, kebiasaan apa saja yang mesti disiapkan agar membuat mood dan motivasi kita di pagi menjadi tidak berantakan? Berikut uraiannya:

  1. Lakukan pola tidur ideal

Berbagai macam penelitian sudah banyak mengungkapkan waktu tidur terbaik yang dibutuhkan manusia adalah delapan jam. Hal ini yang penting kita lakukan di malam hari, yaitu benar-benar melakukan pola tidur ideal.

Hindari menghabiskan waktu untuk menonton serial televisi, memainkan media sosial, atau nongkrong terlalu lama dengan teman-teman hingga larut malam atau dini hari.

Jika kebiasaan diatas masih sering dilakukan, maka bisa dipastikan, di pagi harinya kita akan telat bangun. Tubuh terasa lemah dan mudah untuk mengantuk, sehingga bisa memilii efek samping pada fokus aktifitas yang akhirnya menjadi kacau. (Baca: Catat! 11 Kata-Kata Motivasi Ini Bikin Semangat Berbisnis)

  1. Bangun tepat waktu

Salah satu cerita dari orang-orang sukses dalam memulai hari adalah dengan bangun pagi dan tepat waktu. Kebiasaan ini sudah seperti mendarah daging bagi mereka. Orang-orang sukses ini seringkali mengatakan berbagai alasan kenapa mereka harus selalu bangun pagi.

Salah satunya adalah dengan bangun pagi mereka akan memiliki waktu luang yang lebih banyak untuk melakukan berbagai macam aktifitas.

Selain itu bangun pagi seperti memberikan energi baru, karena mereka dapat merasakan udara yang benar-benar segar, sehingga mampu memengaruhi pikiran mereka menjadi lebih tenang di setiap paginya.

  1. Minum segelas air putih

Selama ini kita pasti mengenal bahwa dengan minum air putih setelah bangun di pagi hari memang dapat menjaga kesehatan tubuh.

Mulai dari meningkatkan metabolisme, mencegah gagguan perncernaan, menciptakan kulit yang lebih sehat dan masih banyak manfaat lain dari air putih di pagi hari.

Namun, air putih juga mampu meningkatkan mood dan mampu menciptakan motivasi yang baik di pagi hari. Segelas air putih setidak mampu meciptakan stimulus berupa rasa segar di dalam tubuh.

Hal ini mampu memicu tubuh menjadi lebih segar di pagi hari dan setidaknya mampu menciptakan mood dan semangat baru setelah lelah dengan aktifitas di hari sebelumnya.

  1. Merapikan rumah

Setelah bangun dan minum air putih, mulailah dari menciptakan hal-hal positif untuk menjaga mood dan motivasi kita bisa terjaga sepanjang hari.

Hal-hal positif ini bisa dimulai dari merapikan tempat tidur. Saat bangun dan kemudian merapikan tempat tidur, berpengaruh pada faktor psikologis.

Efek psikologis ini adalah perasaan senang dan puas karena mampu menyelesaikan pekerjaan yang dan akan memacu kita untuk menyelesaikan pekerjaan lainnya sepanjang hari.

Selain merapikan tempat tidur masih banyak aktifitas lainnya yang bisa dicoba seperti menyiram tanaman sembari menikmati udara segar dan membersihkan rumah untuk meningkatkan mood kita.

  1. Olahraga pagi

Olahraga pagi bisa dibilang hal yang paling sulit untuk dilakukan di pagi hari. Salah satu alasannya adalah waktu yang terbatas. Namun, olahraga ternyata bisa memicu motivasi pagi yang positif.

Namun, olahraga pagi yang mampu menciptakan mood atau meningkatkan motivasi dalam waktu satu hari bukanlan olahraga berat. Mulai dari berjalan santai atau bersepeda di sekitar tempat tinggal sebenarnya bisa dilakukan.

Bahkan menggerakkan tubuh seperti melakukan peregangan saja sudah dapat membantu mood kita menjadi lebih baik.

Kebiasaan olahraga di pagi hari ini memberikan pengaruh berupa melancarkan peredaran darah di seluruh tubuh. Jika ini berjalan baik maka tubuh akan lebih berenergi dan mampu memberikan dorongan berupa motivasi untuk melakukan pekerjaan dengan baik.

  1. Cari waktu tenang

Setelah olahraga yang cukup, kita bisa memaksimalkan satu sekitar 10 hingga 15 menit untuk mencari waktu tenang.

Waktu tenang ini bisa dilalui dengan duduk sebentar di taman, atau menikmati kiacauan burung di pagi hari sembari menikmati udara segar. Memaksimalkan “ketenangan” ini membantu kita untuk mengingat kegiatan apa saja yang akan dilakukan hari ini.

Selain itu, dengan memiliki waktu yang tenang kita dapat menyiapkan hal-hal yang sebaiknya akan dilakukan saat beraktifitas nanti.

  1. Membuat catatan kecil tentang aktivitas

Setelah mendapatkan sedikit waktu tenang untuk menikmati pagi, kebiasaan berikutnya yang bisa dilakukan adalah dengan membuat catatan-catatan kecil tentang aktivitas apa yang akan dilakukan sepanjang hari.

Aktivitas yang dikenal dengan to-do-list ini mampu berperan menambah motivasi diri dalam bekerja. Isikan catatan-catatantentang apa yang akan kita lakukan sepanjang hari di dalam sebuah buku kecil.

Cara ini mampu membuat pekerjaan yang akan dilakukan tertata dengan rapi sehingga mampu menumbuhkan motivasi yang positif dalam menyelesaikan pekerjaan.

  1. Sarapan

Hampir sebagian dari kita pasti pernah melewatkan sarapan di pagi hari. Alasannya selalu sama, terburu-buru untuk berangkat beraktifitas.

Namun, jika tujuh kebiasaan sebelumnya sudah mulai untuk dijalankan, jangan lupa untuk sarapan. Selain berfungsi untuk mengisi perut, sarapan yang tepat di pagi hari dapat membantu tubuh mengontrol gula darah dan mampu mengendalikan mood dan energi dari siang hingga sore hari.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami