8 Kebiasaan yang Menyebabkan Aki Motor Cepat Rusak

5 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Jika kamu sering mengendarai kendaraan motor untuk bermobilitas, maka kebiasaan yang menyebabkan aki motor cepat rusak perlu untuk diketahui.

Memang tak dapat dipungkiri bahwa kendaraan motor itu sendiri merupakan partner paling efektif dalam melakukan aktivitas sehari-hari, apabila dibandingkan dengan mobil.

Sebab, motor memiliki ukuran yang kecil dan ramping sehingga bisa melalui kemacetan jalanan dengan mudah dan mampu membawa kita sampai ke lokasi tujuan dengan jangka waktu yang lebih cepat.

Nah, karena perannya yang sangat penting inilah, kamu juga tidak boleh lupa bahwa motor juga harus mendapatkan perawatan secara berkala, agar tidak mudah rusak dan tetap menjaga performanya yang baik.

(Baca Juga: 8 Aki Kering Terbaik untuk Motor)

Akan tetapi, nyatanya terdapat sejumlah kebiasaan-kebiasaan sepele yang mungkin tanpa kita sadari sering dilakukan, padahal justru bisa membuat motor menjadi cepat rusak lho, termasuk perihal akinya.

Maka dari itu, agar motor kesayangan kamu bisa tetap awet, ada baiknya kamu menghindari beberapa kebiasaan yang menyebabkan aki motor cepat rusak, seperti yang akan kita bahas kali ini. Penasaran apa sajakah itu? Yuk kita simak bersama-sama!

Pentingnya Aki pada Motor

Sebelum kita membahas tentang kebiasaan yang menyebabkan aki motor cepat rusak, kamu juga perlu mengetahui tentang pentingnya aki pada kendaraan motor itu sendiri.

Tak hanya motor, aki juga memiliki peran yang sangat penting terhadap kendaraan mobil. Dapat diibaratkan sebagai baterai, aki merupakan sebuah alat yang dapat menyimpan energi listrik dalam bentuk energi kimia.

Sederhananya, aki inilah yang membuat sebuah kendaraan dapat berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, kebiasaan yang menyebabkan aki motor cepat rusak memang perlu untuk mulai diperhatikan, guna menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Kebiasaan yang Menyebabkan Aki Motor Cepat Rusak

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa kebiasaan yang menyebabkan aki motor cepat rusak, yaitu adalah:

1. Memberikan Aksesoris Tambahan

Kebiasaan yang menyebabkan aki motor cepat rusak yang pertama adalah dengan memberikan aksesoris tambahan pada motor, terutama aksesoris yang berhubungan dengan listrik.

Sebab, memasang aksesoris tersebut justru membuat pengeluaran aki menjadi lebih banyak, karena kapasitas yang tidak sesuai, sehingga akan memberikan bebas pada aki.

Dampak yang harus ditanggung, arus listrik pada aki akan semakin terkuras dan membuatnya menjadi semakin cepat rusak.

Beberapa contoh aksesoris tambahan yang seringkali dilakukan seperti dengan menambahkan lampu atau merubah model klakson.

2. Motor yang Jarang Dihidupkan

Kebiasaan yang menyebabkan aki motor cepat rusak selanjutnya adalah, motor yang jarang dihidupkan atau dipanaskan.

Memasuki masa PSBB dan mulai diberlakukannya bekerja di rumah dan belajar di rumah, membuat kendaraan pribadi menjadi jarang digunakan, termasuk motor.

Meski begitu, motor tetap harus dihidupkan setidaknya selama minimal 5 menit, agar arus listrik pada aki tetap normal.

Perlu diketahui bahwa motor yang jarang dihidupkan justru akan membuat aki menjadi lebih cepat rusak.

Ketika motor tidak dihidupkan, sebenarnya aki masih tetap bisa berfungsi. Akan tetapi, di kondisi inilah setrum pada aki justru akan menghilang.

Oleh karena itu, menghidupkan motor secara berkala juga bisa dianggap sebagai self charging.

Sebagai informasi tambahan, dalam menggerakan kruk as pada motor, maka dibutuhkan minimal daya 10,8 volt.

3. Air Aki yang Kering

Kebiasaan yang menyebabkan aki motor cepat rusak yang juga perlu kamu ketahui adalah, pastikan bahwa air aki tidak akan pernah di bawah batas lower level, apalagi sampai kering.

Sebab, air aki yang kering justru akan membuat umur aki menjadi tidak awet, karena pelat aktif yang menghasilkan listrik sejatinya hanya bisa berfungsi saat terendam air aki.

4. Terdapat Kotoran pada Kepala Aki

Kebiasaan yang menyebabkan aki motor cepat rusak selanjutnya adalah terdapatnya kotoran pada kepala aki.

Perlu diketahui bahwa kotoran berupa serbuk yang menumpuk pada kepala aki juga bisa membuat performa aki menjadi tidak maksimal.

Munculnya serbuk putih pada kepala aki sebenarnya merupakan hal yang wajar. Akan tetapi, kamu juga perlu membersihkannya secara berkala agar tidak menghambat pasokan listrik.

Aki merupakan asam oksida (H2S04) yang begitu terpapar udara, maka akan memberikan pengaruh terhadap uap air, sehingga ada munculnya reaksi oksida, yaitu berupa serbuk.

Maka dari itu, sebagai salah satu perawatannya, kamu perlu menyemprotkan dengan cairan silikon pembersih secara berkala.

5. Pengisian Aki yang Kurang

Kebiasaan yang menyebabkan aki motor cepat rusak juga bisa diakibatkan oleh pengisian aki yang kurang, yang mana biasanya juga disebabkan oleh kerusakan pada alternator.

Ketika alternator sudah rusak, maka akan berdampak pada aki yang tidak bisa mendapatkan arus listrik yang cukup.

Tak hanya pengisian aki yang kurang, pengisian berlebih atau over charge pun juga bisa menjadi salah satu kebiasaan yang bisa menyebabkan aki motor cepat rusak.

Sebagai informasi tambahan, apabila aki sudah terisi penuh namun motor tetap tidak mau dinyalakan dalam waktu beberapa hari, maka kamu tidak punya pilihan lain selain mengganti aki dengan yang baru.

6. Arus Pendek

Guna menghindari korsleting arus listrik, kamu perlu memperhatikan kondisi dari kabel-kabel.

Sebab, salah satu hal yang bisa menyebabkan korsleting arus listrik ini adalah karena kondisi kabel yang tidak baik.

Selain itu, penggunaan sekring juga perlu disesuaikan dengan ketentuan pabrik.

7. Meletakan Jari di Handel Rem

Meletakan jari di handel rem memang terkadang merupakan kebiasaan berkendara sebagian orang.

Akan tetapi, banyak tidak menyadari bahwa ini juga menjadi salah satu kebiasaan yang bisa menyebabkan aki motor cepat rusak.

Karena, banyak orang yang ketika tidak sengaja menekan rem, maka bohlam rem juga akan menyala terus.

Perlu diketahui bahwa bohlam rem motor memiliki watt yang cukup besar, yaitu sekitar 20 watt, ketika lampu rem menyala.

Nah, apabila dibiarkan menyala secara terus menerus, tentu hal ini juga akan membuat aki motor menjadi lebih cepat rusak.

8. Menggunakan Standar Samping

Nah, kebiasaan terakhir yang bisa menyebabkan aki motor cepat rusak adalah dengan terlalu sering menggunakan standar samping.

Ketika mematikan motor, mungkin kamu akan sering secara tidak sadar menggunakan standar samping. Kok bisa?

Ketika kamu mengaktifkan standar samping, maka memang motor akan mati secara langsung.

Namun nyatanya, instrumen seperti speedometer dan headlamp tidak mati sebelum kontak diputar ke Off.

Nah, apabila kebiasaan tersebut kamu lakukan dengan intensitas yang terlalu sering, tentu akan membuat aku menjadi semakin cepat rusak.

Jadi, itulah beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan aki motor cepat rusak yang seringkali tanpa sadar kita lakukan.

Nah, selain kamu perlu menghindari beberapa kebiasaan yang patut dihindari agar aki motor tidak cepat rusak, jangan lupa juga untuk melengkapi motor kamu dengan memberikan aki motor terbaik.

(Baca Juga: 10 Merk Accu Kering Terbaik untuk Mobil)

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa sejatinya aki motor memiliki harga yang tidak terlalu murah lho.

Oleh karena itu, kamu akan memerlukan kartu kredit untuk membuat pengeluaran menjadi lebih hemat.

Jika belum memiliki kartu kredit, janganlah khawatir! Sebab, CekAja.com hadir untuk memberikanmu kemudahan.

Selain dapat melakukan perbandingan tentang jenis kartu kredit manakah yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup, seluruh proses pengajuan pun dapat dilakukan sepenuhnya secara online.

Bahkan, setiap kartu kredit yang telah disetujui bisa langsung dikirim ke alamat yang sudah kamu lampirkan di form pengajuan lho. Mudah banget kan!

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha