8 Manfaat Berpikir Optimis Menuju Kesuksesan

7 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Sepertinya banyak yang masih belum tahu, bahwa manfaat berpikir optimis nyatanya sangat berdampak pada kehidupan kita sehari-hari lho.

Sejatinya, berpikir optimis itu sendiri merupakan sebuah hal alamiah yang terdapat di dalam diri setiap orang.

Ketika kamu melihat berbagai hal dari sisi baiknya, maka secara otomatis pula kamu akan cenderung merasa lebih rileks dan anti stress.

Hanya saja, memiliki pemikiran pesimis juga tidak bisa dihindari begitu saja. Oleh karena itu, setiap orang perlu berlatih agar bisa selalu berpikir optimis di dalam kehidupan sehari-hari.

Nah, di dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang beberapa manfaat berpikir optimis sekaligus tips mudah agar kamu bisa selalu berpikir optimis di berbagai kesempatan. Yuk disimak bersama-sama.

Manfaat Berpikir Optimis

Manfaat berpikir optimis sangatlah banyak dan tentunya bisa berdampak pada kehidupan kamu sehari-harinya.

Tak hanya itu, selalu berpikir optimis ternyata juga bisa merubah hidup menjadi lebih baik lho. Lantas, apa saja sih beberapa manfaat berpikir optimis di dalam kehidupan?

1. Mengatasi Stress

Manfaat berpikir optimis yang pertama adalah untuk mengatasi stress. Sebab, pikiran optimis itu sendiri secara otomatis bisa membantu dalam mengurangi kecemasan atas masalah yang tengah dihadapi.

Ketika kamu mengembangkan sikap positif, maka secara tidak langsung kamu juga bisa mengontrol hidup menjadi lebih baik lagi.

2. Membuat Diri Menjadi Lebih Maju

Orang yang memiliki sikap optimis biasanya tidak akan lari dari masalah. Sebaliknya, mereka justru cenderung akan mencoba untuk mencari solusi dalam menyelesaikan masalah dan menjadikannya sebagai wadah untuk belajar. Dikarenakan hal itulah, banyak orang sukses yang lahir dari sikap optimis.

3. Menjadi Lebih Sehat

Banyak yang tidak menyadari bahwa sebenarnya, pikiran memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap cara bekerja tubuh.

Ketika kamu mengganti pikiran negatif menjadi ketenangan, kepercayaan, dan kedamaian, bukannya dengan kebencian, kecemasan, dan kekhawatiran, maka secara otomatis kamu akan merasa lebih sejahtera.

Dengan begitu, kamu juga tidak akan mengalami gangguan tidur, tidak merasakan ketegangan otot, kecemasan, serta kelelahan. Umumnya, orang dengan pikiran negatiflah yang paling mudah mengalami depresi.

4. Membantu Dalam Melalui Masa Sulit

Manfaat berpikir optimis selanjutnya adalah bisa membantu dalam melalui masa sulit. Sebab, semua orang optimis akan merasa bahwa masalah yang tengah terjadi saat ini tidak akan terjadi selamanya.

Mereka hanya berpikir mengenai “hari ini” saja, sehingga para orang optimis ini cenderung tidak terlalu mengkhawatirkan tentang masa lalu ataupun masa depan.

(Baca Juga: 5 Hal Positif dari Wabah Corona)

Suatu kesulitan hanya merupakan tantangan belaka, sehingga dibandingkan merasa stress, orang optimis akan cenderung mencari solusi dalam mengatasi masalah, yang membuat mereka akan dengan mudah melalui masa-masa sulit.

5. Bisa Mengambil Keputusan yang Tepat

Manfaat berpikir optimis selanjutnya yaitu, orang optimis biasanya akan lebih mudah dalam mengambil keputusan yang tepat.

Karena, ketika mengambil keputusan, orang optimis akan cenderung lebih berpikir secara bijak dan tidak merasa panik, meskipun tengah berada di situasi mendesak.

Oleh karena itu, memiliki kesempatan untuk mempertimbangkan berbagai solusi sebelum membuat keputusan yang tepat.

6. Membuat Lebih Panjang Umur

Berdasarkan berbagai studi yang dilakukan, salah satu manfaat berpikir optimis adalah membantu dalam menjaga kesehatan tubuh.

Nah, dikarenakan hal inilah, secara tidak langsung orang optimis juga akan memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat, sehingga kamu pun akan tetap sehat.

Selain itu, berpikir optimis juga merupakan cara dalam meredakan stress. Perlu diketahui bahwa selalu merasa cemas dan khawatir terhadap berbagai hal juga bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan fisik dan mental lho.

7. Hidup Lebih Bahagia

Biasanya, orang optimis akan cenderung merasa percaya diri karena mereka tidak mencoba untuk menjadi orang lain.

Nah, ketika rasa percaya diri itu tumbuh, maka kamu akan menjadi lebih bahagia, baik itu dalam mencintai diri sendiri maupun dalam hal-hal yang terjadi di dalam kehidupan. Sehingga, semua yang terjadi akan terasa lebih bahagia damai, serta penuh dengan tawa.

8. Kunci Menuju Kesuksesan

Manfaat berpikir optimis yang terakhir adalah sebagai kunci dalam menuju kesuksesan. Orang yang optimis biasanya akan selalu memiliki inisiatif untuk melakukan suatu hal, daripada hanya menunggu keajaiban datang.

Oleh karena itu, berpikir optimis itu sendiri menjadi salah satu kunci dalam menuju kesuksesan. Karena tanpa berpikir panjang, mereka akan langsung melakukan hal-hal yang dirasa bisa membantu dalam mencapai tujuan yang diinginkan.

Tips Menjadi Pribadi yang Optimis

Nah, setelah mengetahui tentang beberapa manfaat berpikir optimis, maka sekarang saatnya kamu turut mengetahui tentang tips dalam menjadi pribadi yang optimis itu sendiri.

Patut diakui bahwa, berpikir optimis tidak semudah membalikan telapak tangan. Sebab, baik itu optimis maupun pesimis, keduanya merupakan hal alamiah yang terdapat di dalam diri setiap orang.

Namun, menjadi pribadi optimis bukannya tidak mungkin dilakukan lho. Asalkan kamu berusaha dan selalu berlatih, tentu pikiran optimis akan tumbuh di dalam diri secara perlahan. Lalu kira-kira, bagaimana sih cara atau tips memiliki pikiran yang optimis?

  • Merubah Sudut Pandang

Pertama, cobalah untuk merubah sudut pandang kamu. Sebab, cara kamu dalam memandang berbagai hal turut memberikan pengaruh terhadap tingkah lakumu sehari-hari.

Pernah gak sih kamu melihat seseorang yang ketika bekerja hanya bisa mengeluh saja? Nah, hal tersebut bisa terjadi karena mereka memiliki “bingkai” yang tidak tepat dalam melihat kehidupan yang tengah dijalani.

Maka dari itu, untuk menjadi optimis, cobalah untuk merubah sudut pandang. Kamu bisa memulainya dari hal-hal yang paling sederhana, seperti ketika kamu diberikan sebuah pekerjaan dari atasan.

Daripada kamu berpikir mengenai banyak dan beratnya pekerjaan tersebut, maka cobalah untuk berpikir, mungkin kamulah orang yang memang dipercaya oleh atasan kamu untuk mengerjakan pekerjaan tersebut.

Sehingga, jika kamu menyelesaikan tugas dengan baik, maka tentu kamu juga bisa mendapatkan apresiasi dari atasan.

  • Selalu Merasa Bersyukur

Bersyukur merupakan salah satu kunci dalam mendapatkan manfaat berpikir optimis. Sebab, ketika bersyukur kamu tidak akan merasa kurang dan cenderung lebih bahagia akan hal-hal yang kamu miliki di dalam hidup.

Misalkan, kamu bersyukur masih memiliki pekerjaan, bersyukur karena masih memiliki anggota keluarga yang lengkap, teman yang mendukung, dan hal-hal lainnya.

Selain itu, ketika kamu mulai melakukan aktivitas atau pekerjaan di pagi hari, mulailah untuk memperbaharui “daftar pekerjaan di hari itu.

Dari pada kamu mencatat hal-hal yang harus kamu lakukan dan akan menjadi beban, akan lebih baik jika kamu justru mencatat tentang hal-hal yang kamu harapkan di hari itu. Dengan begitu, kamu akan merasa lebih optimis dan bersyukur akan setiap pencapaian yang ada.

  • Jangan Takut Bermimpi

Seperti yang telah disebut sebelumnya, bahwa kunci menuju kesuksesan merupakan salah satu manfaat berpikir optimis.

Sebab, para orang optimis biasanya akan segera melakukan hal-hal yang dirasa membantu dalam mencapai apa yang mereka inginkan.

Maka dari itu, cara agar kamu bisa selalu berpikir optimis adalah, untuk jangan pernah takut bermimpi. Kalau bisa, bermimpilah setinggi yang kamu inginkan.

Misalkan, kamu bermimpi untuk bisa menjadi pengusaha kuliner paling terkenal di Indonesia. Maka, mulailah untuk melakukan hal-hal kecil agar bisa mencapai impian yang kamu inginkan tersebut.

Seperti, mulai belajar masak makanan yang kamu atau keluarga sukai, mengembangkan resep, mendesain toko melalui aplikasi atau tools, dan seterusnya.

Visualisasikan langkah demi langkah agar kamu sendiri bisa mengetahui jalan untuk mencapai impian tersebut.

Jangan pernah merendahkan atau menyepelekan diri sendiri. Jangan pernah juga memikirkan perkataan orang lain yang tidak memberikan dukungannya untukmu.

Sebaliknya, yakinlah pada diri sendiri bahwa kamu bisa mencapai cita-cita tersebut dengan cara yang sudah kamu pilih.

  • Lakukan Aktivitas yang Sehat dan Menyenangkan

Tips terakhir agar kamu bisa berpikir optimis adalah, untuk selalu melakukan aktivitas yang sehat dan menyenangkan.

Sehat tidak hanya secara fisik, melainkan juga secara mental. Jika kesehatan fisik bisa kamu dapat dari berolahraga, maka kesehatan mental bisa kamu dapatkan dengan melakukan hal-hal yang kamu sukai dan membuat diri kamu bahagia.

Misalkan seperti traveling, menghabiskan waktu bersama keluarga, tertawa bersama teman, hingga menonton film lucu yang bisa mengundang gelak tawa.

Dengan begitu, secara otomatis kamu bisa “melepaskan” seluruh emosi negatif di dalam diri dan menjadi bahagia.

Jika dirasa sudah terlalu lelah, maka tidak ada salahnya juga kamu mengambil waktu untuk beristirahat sejenak dan memiliki waktu untuk diri sendiri.

(Baca Juga: Cara Mengatasi Depresi Tanpa Minum Obat)

Nah, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa kunci dalam kesuksesan merupakan salah satu manfaat berpikir optimis.

Sebab, orang-orang optimis biasanya tidak akan menunggu dan langsung memulai dalam melakukan hal-hal yang sekiranya bisa membantu dalam mencapai tujuan dan impian mereka. Contohnya seperti dalam menyikapi pandemi yang tengah terjadi saat ini.

Dibandingkan kamu mengeluh karena belum bisa bebas ke luar rumah, memanfaatkan peluang dengan membangun bisnis juga merupakan salah langkah dalam berpikir optimis lho.

Cari tahulah peluang usaha yang sekiranya sedang banyak dibutuhkan oleh orang banyak dalam menghadapi pandemi, dan jadikanlah sebagai sumber penghasilan tambahan.

Contohnya seperti membangun bisnis kuliner online, bisnis masker kain, dan lain-lain. Jangan pernah takut dalam menghadapi pesaing yang sudah mulai banyak, dan yakinlah pada diri sendiri bahwa kamu bisa mencapai tujuan yang diinginkan.

Namun hanya saja, membangun bisnis tentunya tidak akan bisa berjalan tanpa adanya modal awal, bukan?

Nah, jika saat ini kamu tengah membutuhkan modal untuk membangun usaha, janganlah langsung pesimis begitu saja.

Karena, CekAja.com hadir untuk membantumu dalam menyelesaikan berbagai permasalahan finansial, termasuk masalah modal usaha.

Selain kamu bisa melakukan perbandingan tentang jenis pinjaman manakah yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan, melakukan pengajuan di CekAja.com juga sangat mudah dan cepat.

Sebab, seluruh proses pengajuan dapat dilakukan secara online. Sehingga, kamu tidak perlu lagi repot ke luar rumah, apalagi di tengah pandemi seperti saat ini.

Dengan persyaratan yang mudah, kamu bisa memilih masa tenor dan jumlah cicilan per bulannya yang dapat disesuaikan dengan kemampuan, jadi kamu tak perlu khawatir lagi dengan kewajiban mencicil. Tengah membutuhkan modal usaha? Yuk segera ajukan pinjamanmu hanya di CekAja.com.  

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha