8 Manfaat Cuka Apel Beserta Tata Cara Mengkonsuminya

6 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Manfaat cuka apel, ternyata tidak hanya baik untuk tambahan penyedap rasa masakan saja, karena nyatanya manfaat cuka apel sangatlah banyak dan beragam, baik bagi kesehatan maupun kecantikan. Bahkan sudah dikenal sejak zaman Yunani kuno bahwa cuka apel merupakan salah satu bahan yang turut dimanfaatkan oleh ahli kesehatan sebagai obat herbal.

Manfaat cuka apel

Penasaran apa saja manfaat cuka apel? Maka dari itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang segudang manfaat cuka apel bagi kesehatan dan kecantikan serta hal-hal lainnya yang perlu diketahui. Yuk disimak bersama-sama.

Apa itu Cuka Apel?

Apple cider vinegar atau yang kita kenal sebagai cuka apel merupakan salah satu jenis minuman yang dibuat dengan cara melumatkan apel dan memerasnya hingga mengeluarkan cairan. Setelah cairan apel tersebut berhasil didapat, maka masukkan bakteri, gula, dan ragi untuk memulai proses fermentasi alkohol. Nah, di dalam proses fermentasi kedua, alkohol pun diubah menjadi cuka oleh bakteri pembentuk asam asetat (acetobacter).

Kandungan Cuka Apel

Dengan melalui proses yang cukup panjang, hal tersebut membuat manfaat cuka apel menjadi beragam, yang berasal dari kandungan yang dimilikinya. Selain menyisakan komponen seperti asam asetat, asam gallic, katekin, asam amino, magnesium, dan potasium, cuka apel juga memiliki kandungan lainnya seperti vitamin A, B1, B2, B6, C, E, beserta antioksidan yang membuatnya sangat berguna bagi tubuh.

Manfaat Cuka Apel

Manfaat cuka apel yang beragam, baik itu bagi kesehatan maupun kecantikan, membuat banyak orang mengincarnya untuk bisa mendapatkan khasiatnya. Dilansir dari berbagai sumber, terdapat sejumlah manfaat cuka apel bagi tubuh, diantaranya yaitu:

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat cuka apel yang pertama adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Cuka apel dipercaya dapat membuat rasa kenyang menjadi lebih tahan lama sehingga membantu menurunkan asupan kolesterol yang dikonsumsi. Nah, penurunan jumlah kalori ini jelas juga turut berpengaruh terhadap penurunan berat badan.

(Baca Juga: Manfaat Tanaman Lidah Buaya)

Namun, tentunya kamu tak hanya sekedar mengkonsumsi cuka apel saja, bukan? Karena, hasil akan jauh lebih maksimal apabila turut dibarengi dengan pola makan yang sehat dan olahraga secara rutin.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang yang mengkonsumsi 2-4 sendok makan campuran cuka apel dan air dapat menurunkan berat badan lebih cepat dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsinya.

2. Mengontrol Gula Darah

Manfaat cuka apel lainnya adalah dapat membantu dalam mengontrol gula darah. Perlu diketahui bahwa diabetes dapat memicu berbagai penyakit berbahaya, seperti serangan jantung, gagal ginjal, stroke, hingga kebutaan. Dan cuka apel dapat dimanfaatkan untuk membantu penderita diabetes dalam mengontrol kadar gula mereka.

Cara cuka apel dalam mengontrol gula darah yaitu dengan meningkatkan sensitivitas insulin serta membantu menurunkan respons gula darah setelah makan. Waktu terbaik penderita diabetes untuk mengkonsumsi cuka apel yaitu pada saat sebelum makan dengan mencampurkan 2 sendok teh cuka apel dan air.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat cuka apel diketahui mampu membantu dalam mengatasi berbagai kondisi yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Sebuah penelitian di Harvard menemukan bahwa seseorang yang mengkonsumsi salah yang disertai dengan dressing cuka akan memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah dibandingkan lainnya.

Hal satu ini berhubungan dengan dua poin yang telah kita bahas sebelumnya, yaitu mengenai cuka apel yang bermanfaat dalam menurunkan berat badan dan mengontrol gula darah. Perlu diketahui bahwa kadar gula yang tinggi dan obesitas merupakan kondisi yang mampu meningkatkan risiko penyakit jantung. Oleh karena itu, manfaat cuka apel juga turut berdampak pada penurunan risiko penyakit jantung.

4. Memutihkan Gigi

Sepertinya banyak yang masih belum tahu bahwa manfaat cuka apel dapat digunakan sebagai solusi dalam memutihkan gigi. Berkumur dengan cuka apel dipercaya mampu membuat gigi menjadi lebih putih. Hal tersebut disebabkan kandungan asam asetat yang dapat di dalam cuka apel memiliki sifat korosif sehingga mampu mengikis lapisan terluar gigi (enamel) yang berfungsi sebagai pelindung gigi.

Sebaiknya, berikan jarak kurang lebih 30 menit antara berkumur dengan cuka apel dan menyikat gigi untuk tetap menjaga kesehatan gigi. Apabila gigi berubah warna ataupun ngilu, disarankan untuk melakukan konsultasi segera ke dokter gigi.

5. Mengatasi Jerawat

Terkadang kamu pasti sering risiko dengan jerawat membandel yang tak kunjung hilang, bukan? Tak hanya dapat mengurangi rasa percaya diri, ada kalanya jerawat juga menimbulkan rasa sakit pada wajah yang membuatnya menjadi tidak nyaman. Nah, salah satu manfaat cuka apel ini bisa kamu jadikan sebagai solusi lho.

Cuka apel mengandung asam malat yang berfungsi sebagai anti bakteri dan anti jamur yang dapat mencegah bercampurnya kotoran, minyak, serta bakteri yang menjadi penyebab jerawat. Oleh karena itu, tak heran apabila cuka apel bisa diandalkan dalam mengobati jerawat.

Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengoleskan cuka apel yang telah dicampur dengan air ke bagian wajah yang mengalami masalah jerawat dengan perbandingan 1:3. Misalkan, 100 ml cuka apel dicampurkan dengan 300 ml air. Nah, setelah diolesi dengan campuran cuka apel tersebut, diamkanlah sekitar 5 – 20 detik. Kemudian bilas dengan air hingga bersih dan keringkan. Lakukanlah secara rutin untuk memberikan hasil yang maksimal.

6. Menghilangkan Racun dari Kulit Wajah

Polusi dan radikal bebas seringkali menjadi penyebab terjadi permasalahan pada kulit. Dan apabila dibiarkan secara terus-menerus, maka akan timbulnya jerawat dan kulit kusam. Bahkan, radikal bebas juga merupakan salah satu pemicu timbulnya penyakit kanker kulit.

Manfaat cuka apel dapat digunakan untuk membersihkan kulit wajah dan membuang racun yang menjadi penyebab kulit kusam. Tak hanya itu kandungan beta karoten pada cuka apel juga dapat mencegah kerusakan kulit.

7. Mengecilkan Pori-pori

Cuka apel mengandung AHA yang diketahui dapat bermanfaat dalam mengecilkan pori-pori kulit wajah, sehingga membuat wajah menjadi terasa lebih halus ketika disentuh. Tak hanya itu, kandungan AHA juga memaksimalkan proses pigmentasi kulit yang membuat kulit menjadi lebih cerah.

Selain itu, manfaat cuka apel lainnya adalah untuk membuat kulit wajah menjadi lebih cerah dan mempesona karena kandungan Alpha Hydroxy Acid alami yang membantu dalam mendorong pembentukan sel kulit baru.

8. Meredakan Kulit Terbakar Akibat Sinar Matahari

Manfaat cuka apel yang akan kita bahas terakhir adalah untuk meredakan kulit terbakar akibat sinar matahari. Biasanya, kulit yang mudah terbakar sinar matahari akan membutuhkan lotion khusus yang memang dapat mencegah terjadinya kulit terbakar tersebut. Akan tetapi, jika kamu lupa membawanya, maka cuka apel bisa dijadikan sebagai solusi.

Cuka apel dapat menyeimbangkan kadar Ph pada kulit sehingga membantu dalam mengatasi kulit terbakar akibat matahari, penyembuhan yang lebih cepat, serta mencegah terjadinya lecet dan terkelupas pada kulit yang terbakar matahari tersebut.

(Baca Juga: Manfaat Tahu untuk Kesehatan)

Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan kurang lebih sekitar 125 ml cuka apel dengan 1 liter air. Kemudian, basahi handuk atau lap bersih dengan campuran cuka apel tersebut. Tepuk-tepuk handung pada bagian kulit yang terbakar beberapa lama untuk membantu mendinginkan kulit sehingga proses penyembuhannya pun menjadi lebih cepat.

Tata Cara Mengkonsumsi Cuka Apel

Tahukah kamu? Ternyata, manfaat cuka apel bisa didapat apabila kamu mengkonsumsinya dengan cara yang baik dan benar lho. Perlu diketahui bahwa manfaat cuka apel tidak akan memberikan dampak apapun jika kamu mengkonsumsinya dalam jumlah yang terlalu banyak. Selain itu, apabila kamu berniat untuk mengkonsumsi jenis minuman satu ini secara rutin, ada baiknya jika kamu melakukan konsultasi ke dokter terlebih dahulu.

Tata cara mengkonsumsi manfaat cuka apel yang baik dan benar adalah:

  • Jangan mengkonsumsi cuka apel berlebihan. Sebaiknya, mulailah dari dosis kecil terlebih dahulu dan meningkat secara bertahap. Maksimal konsumsi cuka apel setidaknya 2 sendok (30 ml) per hari atau tergantung dari toleransi tubuh masing-masing.
  • Setelah mengkonsumsi cuka apel, ada baiknya bila langsung berkumur dengan air hingga bersih. Atau, tunggulah kurang lebih 30 menit setelah sikat gigi sebelum mengkonsumsi cuka apel.
  • Jika memiliki gastroparesis, maka sebaiknya jangan mengkonsumsi cuka apel atau batasi jumlahnya menjadi tidak lebih dari satu sendok teh (5 ml) dalam sehari.

Jadi, itulah beberapa manfaat cuka apel, baik itu bagi kesehatan maupun kecantikan. Perlu diketahui bahwa mengkonsumsi cuka apel secara berlebih justru dapat menimbulkan permasalahan kesehatan lainnya, seperti masalah pencernaan, kadar kalium rendah, erosi gigi, hingga tulang rapuh.

Oleh karena itu, ada baiknya bila mengkonsumsi cuka apel dengan takaran yang seharusnya. Akan lebih baik lagi jika kamu mengkonsumsi cuka apel berdasarkan saran dari dokter, terlebih untuk kebutuhan pengobatan.

Nah, selain itu, memiliki asuransi kesehatan juga masih merupakan satu hal yang diperlukan lho. Sebab, dengan asuransi kesehatan kamu akan menjadi lebih terlindungi dari berbagai permasalahan finansial jika suatu saat kamu membutuhkan biaya untuk pengobatan.

Jika saat ini kamu justru bingung dalam memilih asuransi kesehatan yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan, segera kunjungi saja CekAja.com.

Melalui CekAja.com kamu tak hanya bisa melakukan perbandingan tentang jenis-jenis asuransi yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan, kamu pun juga bisa segera mengajukannya tanpa perlu repot keluar rumah.

Karena, seluruh proses pengajuan dapat dilakukan secara online. Mudah banget kan! Maka dari itu, yuk segera ajukan asuransi kesehatanmu hanya di CekAja.com. 

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha