8 Manfaat Kayu Cendana yang Tak Disangka

5 min. membaca Oleh Kyla Damasha pada

Pernahkan kamu mendengar tentang manfaat kayu cendana? Karena bentuknya yang besar dan kokoh, kayu satu ini seringkali digunakan untuk membuat furniture, seperti lemari, kursi dan lain-lain.

Akan tetapi yang membuatnya menjadi lebih menarik adalah, manfaat kayu cendana ternyata tidak hanya sebatas itu saja lho.

(Baca Juga: 15 Ide Kerajinan Dari Kayu)

Mulai dari membuat kerajinan tangan, parfum, hingga kecantikan dan kesehatan sepenuhnya dimiliki oleh kayu yang digadang sebagai salah satu kayu termahal di dunia ini. Penasaran apa sajakah itu? Yuk disimak bersama-sama!

Manfaat Kayu Cendana

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat kayu cendana yang sangat berguna bagi kehidupan kita, yaitu adalah:

1. Manfaat Kayu Cendana Sebagai Bahan Bahan Baku Furniture

Pertama, kayu cendana seringkali dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuatan berbagai perabotan dan furniture.

Hal tersebut dikarenakan bentuknya yang besar dan kokoh, sehingga membuat perabotan tersebut memiliki kualitas yang baik dan dapat dibanderol dengan harga tinggi.

Saat ini, cukup banyak perabotan dan furniture yang kamu temui di pasaran terbuat dari kayu cendana, di antaranya seperti lemari, meja, kursi makan, dipan tempat tidur, hingga kusen jendela dan pintu.

2. Manfaat Kayu Cendana Sebagai Bahan Baku Kerajinan

Tak hanya furniture dan perabotan saja, ternyata kayu cendana juga seringkali dijadikan sebagai bahan baku kerajinan, seperti gelang, jam tangan, hingga perhiasan yang memiliki banyak ukiran.

Umumnya, kerajinan tangan yang terbuat dari kayu dan sering kamu temui di pasaran itu terbuat dari kayu cendana, agar menghasilkan kerajinan tangan dengan kualitas terbaik.

Selain aksesoris, beberapa kerajinan tangan yang terbuat dari kayu cendana seperti tasbih, kipas tangan, dan keris.

3. Manfaat Kayu Cendana Sebagai Bahan Baku Parfum dan Wewangian

Salah satu keunikan kayu cendana dibandingkan jenis kayu lainnya adalah, aromanya alaminya yang khas.

Sehingga, kayu ini juga seringkali dijadikan sebagai bahan baku pembuatan parfum dan wewangian lainnya, seperti aromaterapi.

Minyak kayu cendana yang begitu wangi, membuat jenis kayu ini sangat cocok dicampurkan kedalam bahan parfum.

Beberapa produk wewangian yang seringkali terbuat dari kayu cendana di antaranya seperti parfum, dupa, balsam, dan aromaterapi.

4. Mencegah Penuaan Dini

Selain memiliki peran penting dalam pembuatan barang, ternyata kayu cendana juga memiliki manfaat terhadap tubuh lho, salah satunya adalah mencegah penuaan.

Faktanya, kayu cendana sangat berguna untuk mengontrol pelebaran pori-pori pada kulit, sehingga sangat cocok digunakan sebagai masker alami.

Selain itu, jenis kayu ini juga memiliki sifat antioksidan yang bisa membantu dalam mengurangi stress oksidatif serta munculnya keriput pada kulit.

Kamu bisa lho membuat masker dari kayu cendana sendiri. Caranya hanya dengan mempersiapkan campuran kuning telur, madu, bubuk cendana, dan minyak kelapa.

Setelah semua bahan tercampur dengan sempurna, barulah kamu bisa mulai mengoleskannya pada wajah layaknya seperti menggunakan masker pada umumnya.

Diamkan selama kurang lebih 30 menit sebelum membilasnya menggunakan air hingga bersih. Lakukan secara rutin, dan rasakan khasiatnya.

5. Produk Alami Kecantikan

Manfaat kayu cendana selanjutnya adalah, bisa dijadikan sebagai produk alami untuk kecantikan.

Pasalnya, minyak kayu cendana itu sendiri biasanya diolah kembali menjadi minyak yang sangat baik bagi kulit wajah.

Beberapa manfaat dari kayu cendana terhadap kecantikan adalah seperti untuk menghilangkan noda hitam pada kulit, mencegah timbulnya jerawat, membersihkan minyak berlebih, hingga mengatasi masalah komedo yang begitu lumrah dialami oleh sebagian besar orang.

Caranya memanfaatkan kayu cendana sebagai produk alami kecantikan yaitu dengan cukup mengoleskan pasta bedak cendana.

Kemudian, campurkanlah dengan air mawar dan glistering pada wajah. Lakukan secara teratur untuk memberikan hasil terbaik.

6. Melembutkan Kulit

Selain bisa membantu dalam mengatasi berbagai permasalahan pada kulit wajah, nyatanya manfaat kayu cendana lainnya adalah bisa untuk melembutkan kulit juga.

Seperti yang telah beberapa kali disinggung sebelumnya, kayu cendana bisa dijadikan sebagai minyak.

Nah, minyak itulah yang digunakan untuk memijat, guna memberikan efek melembutkan dan menghaluskan kulit.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, kamu juga bisa mencampurkan minyak cendana tersebut bersamaan dengan minyak kelapa atau minyak esensial lainnya.

7. Anti-Tanning

Manfaat minyak cendana selanjutnya adalah, sebagai anti-tanning, yaitu merupakan salah satu penyebab penggelapan pada kulit yang juga menjadi tanda-tanda awal dari penuaan pada kulit.

Oleh karena itu, guna mencegah hal tersebut, kamu bisa menggunakan bubuk cendana untuk menyingkirkan efek tanning pada kulit.

Caranya adalah dengan mencampurkan bubuk cendana dengan air lemon dan madu hingga menghasilkan tekstur seperti masker.

Setelah itu, aplikasikan pada wajah dan diamkanlah selama kurang lebih 15 menit. Lalu, baru bilas wajah menggunakan air hingga bersih.

8. Membersihkan Kulit

Manfaat kayu cendana yang terakhir adalah, untuk membersihkan kulit. Hal ini juga berhubungan dengan poin sebelumnya yang membahas tentang manfaat kayu cendana untuk melembutkan kulit.

Bubuk cendana merupakan salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk membersihkan kulit sekaligus membuat kulit tampak lebih cerah merona.

Cara yang perlu kamu lakukan adalah dengan mencampurkan bubuk cendana bersamaan dengan bahan-bahan lainnya, seperti susu, madu, air lemon, dan kunyit.

Setelah itu, aplikasikanlah ke wajah layaknya seperti menggunakan masker. Diamkan selama kurang lebih 30 menit sebelum membilasnya dengan air hingga bersih.

Lalu, barulah keringkan wajah dengan menggunakan handuk bersih. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, lakukan langkah yang sama secara rutin.

Belanja Lebih Hemat Bersama Kartu Kredit dari CekAja.com

Jadi, itulah beberapa manfaat kayu cendana di dalam kehidupan kita. Perlu diketahui bahwa jenis kayu ini termasuk ke dalam salah satu kayu termahal di dunia.

Bukan hanya karena bentuknya yang besar dan kokoh, tetapi kayu ini juga memiliki aroma yang khas dan mampu bertahan hingga puluhan tahun.

Bahkan, konon katanya, tidak ada pohon manapun yang mampu menyaingi aroma dari kayu cendana lho.

Dikarenakan hal itulah, barang-barang yang terbuat dari kayu ini juga memiliki kualitas terbaik dan tentunya bertahan lama.

Jika kamu saat ini tengah memutuskan untuk membeli furniture kayu sebagai pelengkap rumah, furniture yang terbuat dari kayu cendana layak dijadikan sebagai salah satu pilihan.

(Baca Juga: 7 Manfaat Kayu Bajakah)

Akan tetapi, tentu furniture-furniture ini juga dibanderol dengan harga yang relatif lebih mahal. Nah, agar lebih hemat, gunakan saja kartu kredit.

Sebab, saat ini sudah semakin banyak jenis-jenis kartu kredit yang menawarkan promo dan diskon menarik, yang membuat pengeluaran kamu dalam berbelanja menjadi sedikit lebih hemat, termasuk dalam hal berbelanja furniture.

Belum memiliki kartu kredit? Jangan khawatir! Karena CekAja.com selalu hadir untuk membantumu.

Di CekAja.com, kamu bisa melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis kartu kredit manakah yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup.

Tak hanya itu, seluruh proses pengajuan yang dilakukan secara online juga membuat kamu gak perlu repot lagi untuk meluangkan waktu ke luar rumah.

Sangat mudah dan menghemat waktu kan! Jadi, tunggu apa lagi? Segera dapatkan furniture dengan kualitas terbaik namun harga terjangkau hanya dengan kartu kredit dari CekAja.com!

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha