Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

8 Masalah Kesehatan yang Sering Nongol di Bulan Puasa

by Tisyrin N. T on 13 Mei, 2019

Setelah melewati bulan puasa seminggu lamanya, kamu mungkin mulai merasakan sedikit masalah kesehatan. Masalah yang paling umum adalah bau mulut. Selain itu, masalah kesehatan apa sajakah yang sering muncul saat puasa?

sehat dengan terapi air putih _ asuransi kesehatan - CekAja.com

Masalah Kesehatan Saat Puasa

Agar kamu lebih khusyuk dalam menjalankan ibadah selama Ramadan, jagalah kondisi tubuhmu agar tetap sehat. Namun, tak jarang, ada saja keluhan yang mengganggu saat kamu tengah berupaya menahan haus dan lapar. Nah, untuk meminimalisir keluhan yang muncul, kamu bisa mencegahnya.

CekAja telah merangkum 8 masalah kesehatan yang sering muncul ketika puasa dan cara mencegahnya dari berbagai sumber berikut ini:

  • Bau mulut

Kalau kamu gak sengaja mencium aroma tak sedap dari orang-orang yang ada di sekitarmu saat puasa, itu wajar. Ya, orang puasa biasanya mengalami bau mulut. Mengapa bau mulut terjadi? Bau mulut bisa  timbul karena rongga mulut yang mengering, sehingga terjadi penumpukan sisa makanan.

Biar gak risih saat harus ngobrol sama teman atau meeting sama klien, kamu bisa mencegahnya kok! Jangan lupa untuk gosok gigimu setelah sahur dan buka puasa ya. Kalau perlu, pakai juga obat kumur.

(Baca juga: Ramadan Bokek? Ini 5 Penyebabnya!)
  • Dehidrasi

Kamu juga bisa ngalamin dehidrasi ringan saat sedang puasa. Ini wajar terjadi karena asupan cairan yang kurang. Waspada jika warna urine kamu pekat ya, itu artinya kamu kekurangan cairan. Tentu, cara mencegahnya adalah dengan mengonsumsi cairan dalam jumlah yang cukup.

Minumlah 8 gelas air putih per hari. Untuk lebih mudahnya, kamu bisa minum 2 gelas saat sahur dan 2 gelas saat berbuka. Selain itu, minum juga 2 gelas sebelum tarawih dan 2 gelas sebelum tidur.

  • Sakit kepala

Sakit kepala juga bisa menganggu ibadah puasamu. Penyebabnya macam-macam, mulai dari dehidrasi, lapar, kurang tidur, hingga konsumsi kafein. Sakit kepala  ini pastinya akan membuatmu tidak nyaman.

Kalau gak mau terganggu sakit kepala, konsumsi cairan dan makan sahur dalam jumlah yang cukup. Sebisa mungkin, kurangi atau hindari aktivitas di bawah terik matahari langsung.

  • Heartburn

Heartburn akan menimbulkan rasa tidak nyaman di perut bagian atas. Heartburn terjadi karena naiknya asam lambung ke kerongkongan. Yang rentan mengalami ini adalah penderita maag. Buat mencegahnya, batasi konsumsi makanan yang banyak mengandung minyak, makanan pedas dan asam, serta kafein.

  • Sembelit

Sembelit juga merupakan masalah kesehatan yang sering muncul saat puasa. Saat berpuasa, sembelit bisa muncul karena kurang serat dan kurang cairan. Jadi, kalau tak mau sembelit, senantiasa jaga asupan serat dan cairan selama puasa ya.

(Baca juga: Takjil Gratis Dibagikan di 5 Tempat Ini, Mana Saja?)
  • Kulit kering

Jangan kaget kalau melihat kulitmu jadi kering ketika puasa. Banyak sekali faktor penyebabnya, salah satunya adalah kurang tidur. Tenang, gampang banget kok buat mengatasi kulit kering. Kamu bisa gunakan pelembab serta spray penyegar wajah. Jangan lupa untuk banyak makan sayur dan buah ya!

  • Diare

Kebiasaan jajan sembarangan dapat memicu masalah kesehatan berupa diare. Selama bulan puasa, memang banyak sekali pedagang dadakan di pinggir jalan yang berjualan makanan untuk berbuka puasa. Kamu pasti tergiur untuk membelinya bukan?

Jika makanan yang dijual tersebut tidak higienis, maka berpotensi membuatmu diare. Solusinya tentu saja dengan membuat sendiri takjil agar terjamin kebersihannya.

  • Radang tenggorokan

Gorengan memang jadi favorit banyak orang sebagai menu buka puasa. Padahal makanan berminyak semacam itu jika terlalu banyak dikonsumsi bisa memicu gangguan di tenggorokan lho.

Sebagai ganti gorengan, sebaiknya kamu banyak mengonsumsi buah-buahan selama puasa. Waspada muncul radang tenggorokan kalau kamu masih gemar menyantap gorengan ya!

Apa Saja Manfaat Puasa?

Bagi umat Muslim, puasa Ramadan adalah wajib hukumnya. Umat Muslim yang telah dewasa dan memenuhi syarat-syarat tertentu harus melaksanakannya. Kecuali bagi mereka yang termasuk golongan orang-orang yang tidak wajib berpuasa.

Selain akan mendapatkan pahala, puasa juga punya segudang manfaat untuk tubuhmu lho. Berdasarkan survei situs kesehatan Honestdocs, terdapat manfaat puasa sebagai berikut:

(Baca juga: Puasa Tiba, Ini Mukena Populer Pilihan Emak-Emak!)
  • Berat badan turun

Sebanyak 43,3 persen responden rupanya merasakan manfaat puasa berupa penurunan berat badan. Mengapa itu terjadi? Karena tubuh akan memakai cadangan lemak yang ada untuk diolah jadi energi. Maka dari itu berat badan bisa berkurang.

  • Gula darah turun

Puasa juga bisa menurunkan gula darah. Sebanyak 24,2 persen responden merasakan hal tersebut. Ini terjadi karena tubuh menggunakan glukosa untuk dijadikan energi. Jadi, kadar gula darah berangsur-angsur akan turun dan normal.

  • Tekanan darah turun

Terdapat 12,7 persen responden merasakan manfaat puasa berupa menurunnya tekanan darah. Semakin normal tekanan darah seseorang, maka akan semakin kecil pula risiko orang tersebut mengalami aterosklerosis.

Aterosklerosis  adalah penyempitan dan penebalan arteri akibat  menumpuknya plak pada dinding arteri. Aterosklerosis dapat menimbulkan komplikasi berupa stroke hingga serangan jantung.

Selain manfaat tersebut, ada 19,8 persen responden merasakan manfaat lain puasa. Manfaat itu berupa konsentrasi yang meningkat, melancarkan pencernaan, serta detoksifikasi tubuh.

Bagaimana? Semoga kamu terhindar dari berbagai masalah kesehatan di bulan puasa ya! Jangan lupa lindungi dirimu dengan asuransi kesehatan terbaik. Cek aneka pilihannya di CekAja.com!

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.