Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

8 Minuman untuk Diet yang Katanya Ampuh, Tertarik Mencoba?

by Ayunindya Annistri on 29 November, 2019

Siapa sih yang enggak mau punya berat badan yang ideal? Tentu semua orang mengidam-idamkan hal tersebut. Namun realitanya, tidak semua orang mampu menjaga berat badan karena gaya hidup dan pola makan yang tidak teratur. Sehingga, banyak dari mereka yang mau tak mau harus mengonsumsi makanan dan minuman untuk diet.

Resep menurunkan berat badan tak hanya terletak dari rutinnya berolahraga dan menjaga asupan makanan saja, lebih dari itu kamu membutuhkan cairan untuk mendetoksifikasi tubuh. 

Cairan yang dimaksud adalah minuman untuk diet, dimana kandungannya sangat bagus untuk memperbaiki metabolisme tubuh dan mengurangi asupan kalori yang masuk. 

Nah, kira-kira apa sajakah minuman yang bisa membantu keberhasilan program dietmu? Berikut rekomendasi CekAja dari berbagai sumber mengenai minuman untuk diet yang paling direkomendasikan. 

1. Air Putih

air putih

Air putih masuk dalam daftar teratas sebagai minuman untuk diet yang paling ideal. Selain tidak mengandung kalori, kelebihan lainnya dari air putih adalah membantu proses pencernaan dan memperbaiki metabolisme tubuh.

Bahkan sebuah penelitian mengungkapkan dengan rutin mengonsumsi air putih sebanyak 1,5 liter selama 8 minggu, dapat membantu menurunkan berat badan serta menjaga gigi dari kerusakan akibat makanan maupun minuman ringan dalam kemasan.

Sebagai bagian dari program diet, kamu disarankan untuk mengonsumsi air putih kira-kira dua gelas sebelum makan untuk memberikan efek kenyang, sehingga meminimalisir porsi makan berlebih.

Tetapi sayangnya, tidak semua orang menyukai minuman untuk diet ini karena rasanya yang hambar. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Cara mengatasi kondisi tersebut sangat gampang loh. Kalau kamu tidak menyukai air putih, kamu bisa menambahkan irisan lemon atau sedikit jus buah agar terasa lebih manis, segar dan tentunya mengenyangkan.

2. Teh Hijau

teh hijau

Sudah sejak dulu, teh hijau diyakini sebagai minuman untuk diet yang ampuh untuk menurunkan berat badan lantaran kandungannya kaya akan antioksidan. Bila diminum secara teratur, teh hijau tidak hanya menurunkan berat badan saja, namun juga dapat mengurangi berbagai risiko penyakit, seperti kanker, diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung.

Pada waktu program diet, sebaiknya mengonsumsi teh hijau tanpa tambahan gula ataupun susu agar khasiat didalam teh tersebut dapat bekerja secara efektif untuk meluruhkan lemak-lemak jahat.

Tetapi bila kamu terbiasa mengonsumsi minuman untuk diet yang manis, kamu bisa menambahkan jus lemon dan madu masing-masing satu sendok ke dalam gelas berisi teh hijau hangat.

3. Cuka Apel

cuka apel

Beberapa tahun belakangan, cuka apel menjadi salah satu primadona yang banyak dicari oleh para influencer karena khasiatnya untuk perawatan wajah. Tidak hanya itu saja, faktanya banyak orang yang kini mengonsumsi cuka apel sebagai minuman untuk diet.

Namun perlu diingat bahwa mengonsumsi cuka apel tidak bisa sembarangan. Mengingat kandungan asam didalamnya mampu merusak lapisan gigi serta melukai lambung. Sehingga minuman untuk diet ini sangat tidak dianjurkan untuk penderita maag dan asam lambung.

Terkait aturan mengonsumsinya, kamu bisa mencampurkan cuka apel dengan segelas air, salad, madu, ataupun jus buah dengan takaran kira-kira dua sendok makan.

4. Susu Kedelai

susu kedelai

Susu kedelai merupakan sumber protein nabati yang mengandung karbohidrat, asam lemak, protein, dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh.

Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang meyakini bahwa susu kedelai bisa menjadi minuman untuk diet, jika dikonsumsi bersama dengan asupan gizi lainnya.

Satu gelas susu kedelai mengandung 8 gr protein dan 4,5 gr asam lemak yang gunanya untuk membantu sistem pencernaan tubuh dalam menyerap kelebihan lemak. Selain itu, dengan rutin mengonsumsi minuman untuk diet ini, dapat membuat tubuhmu menjadi enggan untuk makan dalam porsi besar dan rasa kenyang pun jadi lebih lama.

Lalu, susu kedelai juga tergolong aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat mengurangi rasa mual sekaligus membuat pertumbuhan janin semakin optimal.

(Baca Juga: Enam Hal yang Bisa Dilakukan Bumil Agar Tidak Stres)

5. Kopi

kopi

Kopi tak ubahnya menjadi salah satu minuman favorit dikala nongkrong bersama teman. Lebih jauh dari itu, kopi juga memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya menurunkan berat badan.

Idealnya minuman untuk diet ini bisa dikonsumsi kira-kira 3 gelas per hari dengan takaran yang sesuai dan tidak berlebih. Pasalnya, bila dalam satu hari kamu mengonsumsi terlalu banyak, kafein di dalam kopi bakal memicu anemia dan sulit tidur.

6. Air Jahe

air jahe

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa jahe bisa dimanfaatkan sebagai minuman untuk diet. Bagi kamu yang ingin memiliki bentuk tubuh ideal, agaknya memasukkan obat tradisional ini ke dalam menu dietmu adalah ide yang cemerlang. Karena jahe memiliki beragam manfaat baik untuk tubuh, salah satunya sebagai detoksifikasi.

Untuk menjadi menu diet, kamu bisa mencampurkan dua siung jahe segar dengan gula merah dan teh hijau celup. Minuman ini sebaiknya dikonsumsi secara hangat 2 hingga 4 gelas sehari, untuk mengeluarkan racun-racun yang ada di dalam tubuh.

7. Jus Buah

jus buah

Jus buah juga masuk dalam daftar minuman untuk diet yang khasiatnya enggak kalah ampuh dibanding keenam daftar sebelumnya. Kamu bisa mengonsumsi berbagai macam buah seperti semangka, bit, alpukat dan nanas.

Buah-buahan tersebut tentu saja tidak boleh dicampur dengan gula ataupun susu kental manis, demi kesuksesan program penurunan berat badan yang dilakukan.

Hindari pula jus buah dalam kemasan karena kebanyakan diantaranya sudah ditambahkan pemanis buatan, yang justru berakibat buruk bila dikonsumsi terus-menerus dalam jumlah berlebih.

8. Ramuan Kayu Manis

ramuan kayu manis

Minuman untuk diet yang terakhir adalah ramuan kayu manis. Ramuan ini kaya akan antioksidan dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk meluruhkan lemak-lemak jahat, meningkatkan sistem imun, serta mencegah berbagai penyakit menyerang tubuh.

Untuk membuat ramuan kayu manis, kamu hanya perlu menyiapkan 2 batang kayu manis, 2 sendok madu, dan segelas air putih. Kemudian rebus air hingga mendidih dan masukkan kayu manis beserta madu untuk menambah rasa manis didalamnya. Minum selagi hangat rutin sesudah bangun tidur di pagi hari.

Nah, itulah daftar minuman untuk diet yang rata-rata bahannya bisa dengan mudah kamu temukan di pasar. Jadi, sudah siap memulai program dietmu? Jangan lupa diselaraskan dengan olahraga secara rutin ya.

(Baca juga: Beras Terbaik Asli Indonesia dengan Harga Terjangkau!)

Dapatkan berbagai informasi menarik seputar kesehatan dan tips finansial lainnya, hanya di CekAja.com, di mana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau