Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

8 Musisi Internasional yang Meninggal Karena Narkoba

by Ayunindya Annistri on 22 Januari, 2020

Dibalik dunia hiburan yang penuh gemerlap, terselip kisah dari para musisi internasional yang kadang kala menyedihkan. Betapa tidak, berada di puncak kejayaan karir tidak melulu menyenangkan dan justru membuat sebagian musisi internasional mengalami depresi hingga memutuskan untuk mengakhiri hidup.

musisi internasional yang meninggal karena narkoba

Depresi yang dialami musisi internasional biasanya tak lepas dari masalah tuntutan pekerjaan atau bahkan pola hidup yang menyebabkan mereka kurang tidur selama tur berlangsung.

Disisi lain, pengaruh media massa terhadap citra diri juga turut mempengaruhi kehidupan para musisi hingga memicu mereka untuk mengalami stres berat dan depresi.

Misalnya saja berita di media yang memperlihatkan kesuksesan mereka atau bahkan berita hoax hingga berujung komentar negatif. Keduanya memiliki pengaruh yang berbeda dan tak jarang menjadi tekanan karena anggapan tidak bisa memenuhi ekspektasi.

Oleh karenanya, beberapa musisi internasional ini justru memilih cara instan untuk mengusir penyakit mental yang dialami, salah satunya dengan mengonsumsi narkoba secara berlebihan.

Alih-alih ingin terbebas dari goncangan mental, mereka justru meninggal dunia karena overdosis. Dan berikut CekAja rangkum dari berbagai sumber terkait delapan musisi internasional yang meninggal karena narkoba. Yuk, simak!

1. Jimi Hendrix

Jimi Hendrix - 8 Musisi Internasional yang Meninggal Karena Narkoba

Meski sudah tiada, nama Jimi Hendrix nampaknya tak pernah lepas dari ingatan khususnya untuk para penggemar musik rock. Ia merupakan salah satu musisi internasional yang meninggal karena narkoba pada tahun 1970 silam.

Menurut sumber yang ada, sang gitaris legendaris ini meninggal akibat mencoba berbagai obat-obatan terlarang. Namun beredar kabar pula bahwa Jimi Hendrix meninggal karena tersedak muntahan sendiri setelah mabuk di kediaman kekasihnya, Monika Dannemann, di London, Inggris.

Pada hari kematiannya yakni 18 September 1970, jenazah Jimi Hendrix dibawa ke Pemakaman Greenwood, Amerika Serikat untuk kemudian dimakamkan berdekatan dengan makam sang ibu. Upacara pemakamannya juga turut dihadiri kerabat terdekat dan rekan-rekan musisi, termasuk pula anggota grup band Experience.

2. Jim Morrison

Jim Morrison - 8 Musisi Internasional yang Meninggal Karena Narkoba

Sukses membawa “The Doors” ke puncak kejayaan pada tahun 60-an kala itu, membuat para personil band tersebut semakin dikenal luas oleh khalayak, tak terkecuali sang vokalis yang bernama Jim Morrison.

Ia dikenal sebagai frontman “The Doors” yang menawan sekaligus misterius karena aksi panggungnya yang kerap melantunkan puisi-puisi indah. Namun dibalik itu, Jim Morrison menyimpan rahasia kelam dan membuatnya dikenal sebagai musisi internasional yang meninggal karena narkoba.

Jim ditemukan tewas pada 3 Juli 1971 di kamar mandi apartemennya setelah mengonsumsi minuman keras dan obat-obatan terlarang. Kematiannya di usia 27 tahun itu memunculkan teori baru. Dimana Jim disebut sebagai bagian dari klub 27 yang beranggotakan musisi terkenal seperti Jim Hendrix, Janis Joplin, Kurt Cobain, dan Amy Winehouse yang meninggal lantaran overdosis ataupun bunuh diri saat usia 27 tahun.

3. Janis Joplin

Janis Joplin - 8 Musisi Internasional yang Meninggal Karena Narkoba

Janis Lyn Joplin adalah seorang musisi internasional yang terkenal setelah menjadi penyanyi solo dan sebelumnya bergabung dalam band “Big Brother and The Holding Company” sebagai vokalis. Ia ditemukan tewas pada 4 Oktober 1970 akibat sakau overdosis heroin dan alkohol di lantai kamar hotel di Landmark Los Angeles.

Kematian Janis sendiri meninggalkan tanda tanya besar mengapa banyak musisi internasional yang meninggal karena narkoba di usia 27 tahun? Hal ini juga didukung dengan fakta kematiannya yang hanya berselang 16 hari dari musisi legendaris lainnya yakni Jimi Hendrix.

Namun dibalik kisah tragis Janis Joplin, ia tetaplah musisi legendaris yang tercatat dalam majalah Rolling Stone sebagai penyanyi terbaik sepanjang masa dan namanya diabadikan dalam daftar Rock and Roll Hall of Fame.

(Baca Juga: Kebiasaan Unik Musisi Dunia, Pura-Pura Jadi Kucing Hingga Sikat Gigi Sebelum Naik Panggung)
4. Brian Jones

Brian Jones - 8 Musisi Internasional yang Meninggal Karena Narkoba

Brian Jones adalah seorang gitaris band rock and roll “Rolling Stone” yang lahir di Inggris pada 28 Februari 1942. Selama bergabung dengan Rolling Stone, kiprah Jones semakin melejit karena ia sukses membagi perannya menjadi pemain ritem, slide gitar, hingga backing vocal pada awal album band tersebut.

Tetapi dari ketenarannya inilah, Jones menjadi kecanduan akan narkoba dan minuman terlarang hingga membuatnya masuk dalam daftar musisi internasional yang meninggal karena narkoba pada 3 Juli 1969 di kolam renang rumahnya, tepatnya di Hartfield, East Sussex. Menurut laporan yang ada, kematian Brian Jones tersebut disebabkan oleh pembesaran liver dan jantung akibat seringnya menggunakan narkoba.

5. James Owen Sullivan

James Owen Sullivan - 8 Musisi Internasional yang Meninggal Karena Narkoba

Siapa sih yang enggak kenal dengan James Owen Sullivan atau The Rev? Drummer sekaligus penyanyi latar grup musik “Avenged Sevenfold” dan lead vocal “Pinkly Smooth” ini memiliki karir yang cemerlang semasa hidupnya dulu sebelum adanya berita terkait dirinya yang merupakan musisi internasional yang meninggal karena narkoba.

The Rev, sapaan James kala berada di atas panggung itu dikabarkan tewas pada 28 Desember 2009 di kediamannya, California Utara, akibat overdosis narkoba dan obat-obat terlarang seperti Oxycodone, Oxymorphone, Diazepam, dan Etanol.

Semasa karirnya, James Owen bersama Avenged Sevenfold sempat menggelar dua kali konser di Indonesia yaitu pada tahun 2007 dan 2008 di Jakarta. Kemudian setelah James meninggal, Avenged Sevenfold atau lebih dikenal A7X sempat kembali menyapa para penggemar di Indonesia lewat gelaran konser bertajuk Avenged Sevenfold Asia Tour 2015 Live in Jakarta.

6. Amy Winehouse

Amy Winehouse - 8 Musisi Internasional yang Meninggal Karena Narkoba

Amy Winehouse merupakan musisi wanita dengan predikat penerima Grammy terbanyak pada tahun 2008 lalu. Total penghargaan yang ia terima saat itu sebanyak lima Grammy dengan tiga diantaranya untuk kategori Lagu Terbaik, Rekaman Terbaik, dan Artis Pendatang Terbaik.

Di puncak kejayaannya, Amy Winehouse justru tersandung masalah gaya hidup yang dianggap terlalu bebas. Ia memiliki kebiasaan sebagai pecandu narkoba dan minuman alkohol yang membuatnya meninggal dunia pada tahun 2011 lalu di kediamannya sendiri, yaitu di London.

Kabar meninggalnya Amy Winehouse ini juga memunculkan persepsi di masyarakat, bahwa musisi internasional yang meninggal karena narkoba tersebut juga termasuk dalam klub 27 karena meregang nyawa di usia 27 tahun atau saat karirnya sedang cemerlang.

7. Whitney Houston

Whitney Houston - 8 Musisi Internasional yang Meninggal Karena Narkoba

Pelantun lagu “I Will Always Love You”, Whitney Houston juga termasuk dalam daftar musisi internasional yang meninggal karena narkoba pada awal tahun 2012 lalu. Hasil penyelidikan kematian penyanyi berusia 48 tahun ini menunjukan bahwa ia meninggal dalam bak mandi di sebuah hotel di Los Angel akibat penyakit jantung atherosclerotic dan penggunaan kokain yang kronis.

Peraih Grammy Awards dan penghargaan bergengsi lainnya ini memang diketahui mengonsumsi obat-obatan terlarang selama beberapa tahun terakhir sebelum kematiannya.

Dalam sebuah wawancara yang dikutip dari BBC Indonesia, Whitney menjelaskan bahwa musuh terbaik sekaligus setan terbesar dalam hidupnya adalah dirinya sendiri.

Pernyataan Whitney tersebut bisa jadi tanda bahwa ia sedang dalam fase terberat dalam hidup yang membuatnya terbiasa mengkonsumsi narkoba hingga menghancurkan karirnya sendiri.

8. Mac Miller

Mac Miller - 8 Musisi Internasional yang Meninggal Karena Narkoba

Musisi internasional yang meninggal karena narkoba berikutnya adalah Mac Miller. Mantan kekasih Ariana Grande tersebut meninggal karena tak sengaja overdosis zat fentanyl, kokain, dan alkohol. Ia ditemukan tewas pada 7 September 2018 di dalam kamar tidur rumahnya di San Fernando Valley, California.

Sempat beredar kabar, kecanduan narkoba yang dialami oleh Mac Miller karena ia hanya ingin melepas penat, terlebih saat menjalani tur pada tahun 2012 lalu. Namun kecanduan tersebut justru membuatnya meregang nyawa.

Meninggalnya Mac Miller sendiri juga menyisakan kesedihan bagi Ariana Grande. Pelantun “Thank You, Next” itu juga sempat menerima kritikan pedas dari para haters karena dianggap menjadi salah satu penyebab Mac Miller meninggal.

Dapatkan berbagai informasi menarik lainnya, hanya di CekAja.com, di mana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau