Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

8 Peluang Bisnis Ciamik di Ibu Kota Baru yang Siap Digarap

by Tisyrin N. T on 9 September, 2019

Indonesia akan segera memiliki Ibu Kota baru yaitu berada di Provinsi Kalimantan Timur, tepatnya di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara. Tentunya, peluang bisnis juga terbuka lebar di Ibu Kota baru nantinya.

peluang bisnis di Ibu Kota baru

Presiden Joko Widodo menargetkan sebagian kantor pemerintahan telah dipindahkan ke Ibu Kota baru tahun 2024 mendatang. Pada tahun 2020, akan ada pembangunan infrastruktur dasar. Sedangkan pada tahun 2020-2024, akan dilakukan pembangunan rumah dan gedung perkantoran. Dan pada tahun 2023-2024, proses pemindahan akan mulai dilakukan.

Buat kamu yang berjiwa bisnis, tentunya momentum pemindahan Ibu Kota Indonesia ke lokasi yang baru membuka berbagai peluang bisnis yang menarik untuk digarap. Inilah beberapa peluang bisnis menjanjikan di Ibu Kota baru:

Bisnis kuliner adalah bisnis yang tahan banting di mana saja tanpa pandang musim. Selama manusia membutuhkan makanan, bisnis kuliner akan terus berjaya, setuju kan? Nah, bisnis kuliner adalah salah satu garapan yang menjanjikan di Ibu Kota baru.  

Untuk jenis kuliner yang bisa digarap tentu bermacam-macam. Namun, yang paling dibutuhkan adalah bisnis makanan lauk-pauk sehari-hari bagi para pendatang. Karena, tidak semua dari para pendatang terbiasa memasak sendiri.

(Baca juga: Lewat Fintech, Kini Bisnis Kecil Bisa Pinjam Uang Hingga Rp25 Juta)
  • Bisnis beras dan gas

Kebutuhan akan pangan memang merupakan kebutuhan utama yang harus terpenuhi. Jadi, bisnis beras dan gas juga sangat menjanjikan di Ibu Kota baru.

Coba bayangkan berapa banyak pendatang yang akan hijrah ke Ibu Kota baru? Tak sedikit dari mereka yang juga membawa serta keluarga. Tentunya masyarakat di Ibu Kota baru nanti membutuhkan pasokan beras dan gas demi dapur yang tetap ngebul. Yuk, siap-siap jadi juragan beras di Ibu Kota baru!

  • Bisnis bahan makanan

Selain beras dan gas, tentunya para pendatang juga membutuhkan pasokan bahan makanan segar setiap harinya. Banyak sekali bisnis bahan makanan yang bisa digarap, mulai dari sayur-sayuran, daging, telur, ayam potong, tahu, tempe, buah-buahan, hingga berbagai bumbu.

Bisnis bahan makanan segar ini sangat menjanjikan karena selalu dicari oleh masyarakat setiap hari. Jika tertarik, kamu bisa mulai bersiap-siap dari sekarang untuk mencari tahu lebih jauh peluang bisnis ini di Ibu Kota baru!

  • Bisnis sewa menyewa properti

Bisnis sewa menyewa properti di Ibu Kota baru juga terbilang menjanjikan. Mengapa? Karena selain PNS yang sudah dijanjikan rumah, pastinya akan ada masyarakat yang ikut datang ke Ibu Kota baru misalnya untuk berbisnis. Para  pendatang ini tentunya membutuhkan tempat tinggal, nah rumah kontrakan bisa jadi jawabannya.  

  • Bisnis bahan bangunan

Pembangunan akan sangat menggeliat di Ibu Kota baru  pada tahun-tahun pertama. Bangunan untuk rumah tinggal, perkantoran, atau kebutuhan lainnya akan segera didirikan di Ibu Kota baru. Tentunya pasokan bahan bangunan akan sangat dibutuhkan bukan? Kalau mau jadi juragan material, siap-siap saja menggarap bisnis bahan bangunan di Ibu Kota baru.

  • Bisnis akomodasi

Bisnis akomodasi mulai dari penginapan, hotel, dan sebagainya juga menarik digarap di Ibu Kota baru. Ibu Kota baru akan semakin populer menjadi tujuan wisata maupun berbagai kegiatan MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition). Akomodasi yang memadai tentu sangat diperlukan untuk menunjang kegiatan tersebut.

  • Bisnis tour & travel

Bisnis tour & travel juga menarik digarap, tujuannya untuk mendukung berbagai kegiatan wisata dan bisnis maupun keperluan pribadi masyarakat. Karena nantinya akan banyak orang yang datang ke Ibu Kota baru untuk berbagai kepentingan, mulai dari sekedar berwisata, berbisnis, dan sebagainya.

(Baca juga: Tips Memulai Bisnis Ternak Ayam Potong yang Cepat Menghasilkan)
  • Bisnis rental mobil atau taksi online

Untuk  mendukung mobilitas masyarakat di Ibu Kota baru, rental mobil juga sangat diperlukan. Namun, di era sekarang ini, masyarakat juga dimudahkan dengan keberadaan taksi online untuk bepergian di dalam kota. Hanya saja, taksi online tentu membutuhkan dukungan aplikasi tertentu. Nah, baik bisnis rental mobil maupun taksi online, keduanya terbilang menjanjikan untuk digarap di Ibu Kota baru.

Bisnis mana yang paling menarik untukmu? Kalau bicara bisnis, pasti gak jauh-jauh juga dari ngomongin modal. Kalau bingung, kamu bisa cek berbagai pilihan pinjaman modal di CekAja.com!

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.