Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

8 Pengeluaran Ekstra yang Biasa Muncul di Musim Hujan, Siap-siap!

by Tisyrin N. T on 16 Desember, 2019

Memasuki musim hujan, sadar gak sadar, pengeluaran kamu bisa membengkak lho. Nah, demi mengantisipasinya, CekAja akan membeberkan pengeluaran ekstra yang biasanya muncul di musim hujan dan bisa menguras kantongmu.

peluang usaha musim hujan

Kondisi jalanan yang terbilang ‘kurang ramah’ di musim hujan, bisa jadi membuatmu harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk berbagai urusan terkait kendaraan. Belum lagi, imunitas tubuh yang cenderung menurun saat cuaca dingin, membuat seseorang rentan terkena penyakit. Cuaca dingin juga bikin kamu cepat lapar, ngaku gak?

Nah, itulah beberapa faktor pemicu yang membuat pengeluaranmu berpotensi membengkak di musim hujan. CekAja mengingatkan beberapa pengeluaran ekstra di musim hujan berikut ini:

1. Beli perlengkapan musim hujan

Beli perlengkapan musim hujan - 8 Pengeluaran Ekstra yang Biasa Muncul di Musim Hujan Siap-siap

Pastinya, memasuki musim hujan, kamu harus bersiap-siap dengan berbagai ‘perlengkapan tempur’ untuk melindungi diri ketika hujan tiba. Cek lagi perlengkapan yang kamu punya apakah masih layak pakai atau tidak, jika tidak, segeralah beri yang baru.

Mulai dari payung, jas hujan, rain cover untuk ranselmu, sandal atau sepatu yang tahan air, hingga pakaian yang sesuai untuk musim hujan. Kamu yang setiap hari harus mobile tentu sangat membutuhkan perlengkapan tersebut. Kamu gak mau kan produktivitasmu berkurang hanya karena musim hujan?

(Baca  juga: Peluang Usaha Musim Hujan, dari Kuliner Sampai Laundry)
2. Biaya berobat

Biaya berobat - 8 Pengeluaran Ekstra yang Biasa Muncul di Musim Hujan Siap-siap

Imunitas yang menurun saat musim hujan membuat seseorang lebih rentan terserang penyakit. Penyakit yang kerap menyerang ketika musim hujan tiba mulai dari flu, pilek, diare, asma, demam berdarah, dan sebagainya.

Maka dari itu, tak jarang, seseorang harus mengeluarkan biaya ekstra untuk berobat. Apalagi bagi yang sudah berkeluarga, penyakit seperti flu biasanya sangat mudah menjalar, sehingga apabila salah satu anggota keluarga terkena flu, maka yang lain juga rentan tertular. Biaya yang harus dikeluarkan untuk berobat pun membengkak.

3. Renovasi rumah

Renovasi rumah - 8 Pengeluaran Ekstra yang Biasa Muncul di Musim Hujan Siap-siap

Saat hujan mulai turun dengan lebat, tak jarang penghuni rumah baru menyadari bahwa huniannya mengalami kebocoran. Kebocoran yang terjadi bisa dalam tingkatan ringan hingga berat. Apabila kebocoran sudah parah, tentu atap rumah harus segera dibenahi.

Selain atap yang bocor, rumah yang sudah tua juga kerap mengalami kerapuhan di bagian tertentu yang akan semakin parah ketika hujan deras tiba. Siap-siap deh, saat musim hujan, mau gak mau, rumah yang mengalami kerusakan harus segera diperbaiki atau bahkan direnovasi besar-besaran.

4. Servis kendaraan

Servis kendaraan - 8 Pengeluaran Ekstra yang Biasa Muncul di Musim Hujan Siap-siap

Penting sekali memperhatikan agar kondisi kendaraan selalu prima, khususnya untuk kamu yang memiliki mobilitas tinggi setiap hari. Saat musim hujan, siap-siap untuk mengeluarkan duit lebih demi menjaga kondisi kendaraan kesayanganmu tetap prima.

Kondisi jalanan yang tergenang air juga kerap membuat kendaraan mudah rusak. Oleh karena itu, tak jarang ketika musim hujan, kendaraan akan lebih sering masuk bengkel. Otomatis, kamu juga harus punya dana lebih untuk biaya servis kendaraan.

5. Biaya kebersihan kendaraan

Biaya kebersihan kendaraan - 8 Pengeluaran Ekstra yang Biasa Muncul di Musim Hujan Siap-siap

Selain mudah rusak, kendaraan juga seringkali mudah kotor ketika musim hujan. Kamu harus lebih sering mencuci kendaraan jika dibandingkan saat musim kemarau. Mending kalau kamu rajin cuci kendaran sendiri otomatis lebih hemat ya! Namun, kalau harus ke tempat cuci kendaraan, kamu juga harus keluar bujet ekstra dibandingkan di bulan-bulan lain ketika musim kemarau.

6. Suplemen

Suplemen - 8 Pengeluaran Ekstra yang Biasa Muncul di Musim Hujan Siap-siap

Karena kondisi tubuh yang lebih mudah drop, kamu juga butuh asupan suplemen untuk menjaga tubuh tetap prima. Biaya untuk membeli suplemen memang tergolong lumayan. Biarpun begitu, karena manfaatnya yang luar biasa, tak sedikit orang yang tetap membelinya meski mahal.

7. Ongkos transportasi

Ongkos transportasi - 8 Pengeluaran Ekstra yang Biasa Muncul di Musim Hujan Siap-siap

Bisa jadi, kamu juga harus keluar duit lebih banyak untuk transportasi. Karena, saat musim hujan, pada kondisi tertentu kamu membutuhkan transportasi yang nyaman. Jika naik sepeda motor tak memungkinkan saat hujan turun sangat lebat, otomatis kamu harus beralih memakai taksi baik konvensional maupun online.

Selain itu, saat hujan turun, biasanya permintaan transportasi online tinggi dan kemacetan akan tercipta. Kondisi semacam ini kerap membuat ongkos transportasi online akan melonjak. Maka, kamu kudu siap-siap duit ekstra.

8. Biaya jajan

Biaya jajan - 8 Pengeluaran Ekstra yang Biasa Muncul di Musim Hujan Siap-siap

Sadar gak sih kalau saat udara dingin, kamu lebih mudah lapar? Alhasil biaya jajan bisa membengkak. Apalagi, kondisi lapar bisa mengurangi konsentrasi kan? Nah, saat musim hujan, bisa jadi kamu harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk jajan.

Dengan adanya layanan pesan antar makanan via aplikasi transportasi online, pesan makanan juga kian mudah. Belum lagi banjir diskon yang menggiurkan, yang enggak pengen jajan, jadi ngiler juga!

(Baca juga: BMKG Ingatkan Potensi Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi Sepekan ke Depan)
Tips Keuangan Menghadapi Musim Hujan

Gimana, kamu baru sadar kan kalau ternyata saat musim hujan banyak pengeluaran dadakan yang berpotensi menguras kantong? Tentunya kamu harus pandai-pandai mengatur keuanganmu biar gak jebol. Inilah beberapa tips yang bisa kamu terapkan biar keuangan tetap aman di musim hujan:

  • Sediakan dana darurat

Kamu pasti tahu anjuran para perencana keuangan untuk mengumpulkan dana darurat. Besar dana darurat bervariasi mulai dari 3-6 kali pengeluaran bulanan setiap orang atau keluarga. Semakin banyak tanggungan, maka jumlah dana darurat yang dibutuhkan semakin besar.

Nah, dana darurat ini akan bermanfaat dalam berbagai situasi, termasuk saat ada pengeluaran dadakan yang membutuhkan dana dalam jumlah cukup besar di musim hujan. So, kalau kamu belum punya dana darurat sama sekali, lebih baik mulai kumpulin ya!

  • Konsumsi makanan bergizi dan rajin olahraga

Usahakan mengonsumsi makanan bergizi setiap hari dan rajin berolahraga untuk menjaga kesehatan dan imunitas tubuh. Dengan tubuh yang sehat dan imunitas yang kuat, kamu pun akan lebih strong menghadapi musim hujan.

Karena kalau kamu jatuh sakit, tentu harus mengeluarkan biaya untuk berobat. Bukan cuma itu, kamu produktivitas kamu juga akan terganggu ketika jatuh sakit. Kamu harus ijin kerja atau mengorbankan cuti kerjamu karena sakit.

  • Bawa bekal dari rumah

Bawa bekal dari rumah untuk ke kantor bisa membantumu untuk berhemat. Ya, memasak sendiri makanan akan membutuhkan biaya yang jauh lebih sedikit dibandingkan jajan di luar. Jadi, untuk mengerem keinginan jajan terus saat udara dingin, baiknya kamu sesekali bawa bekal dari rumah.

Keuntungan lain bawa bekal sendiri adalah, kamu bisa menyiapkan makanan yang jauh lebih sehat dibandingkan jajanan yang dijual di luar. Mantap kan? Sudah hemat, sehat pula!

  • Jangan lupakan pentingnya asuransi

Nah, ketika banyak pengeluaran ini itu di musim hujan, kamu akan menyadari betapa pentingnya asuransi. Jenis asuransi yang akan sangat bermanfaat saat musim hujan tiba antara lain asuransi kesehatan dan asuransi kendaraan bermotor.

Kamu bisa mengajukan asuransi secara online di CekAja.com lho! Gampang! CekAja.com adalah toko finansial online yang menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga keuangan tepercaya. Cek yuk!

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.