Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

8 Pilihan Pekerjaan Jurusan Ilmu Farmasi Selain Jadi Apoteker

by Vera Khairifah on 7 November, 2019

Pekerjaan Jurusan Ilmu Farmasi sering dikaitkan dengan menjadi Apoteker belaka. Padahal, ada beberapa pilihan pekerjaan lain yang bisa kamu pilih.

8 Pilihan Pekerjaan Jurusan Ilmu Farmasi Selain Jadi Apoteker

Ilmu Farmasi adalah ilmu yang mempelajari struktur senyawa obat dan pengolahan obat agar layak dikonsumsi sesuai dengan standar kualitas. Selain itu, ilmu ini juga memberikan pemahaman mengenai penggunaan obat-obatan yang aman bagi semua makhluk hidup, terutama manusia.

Pekerjaan Jurusan Ilmu Farmasi seperti Apoteker adalah orang yang bertugas untuk mengeluarkan obat serta menginformasikan penggunaan obat yang telah diresepkan dokter.

Apoteker menjadi pekerjaan umum para lulusan Jurusan Ilmu Farmasi yang posisinya dibutuhkan di rumah sakit, instansi pemerintahan seperti di TNI dan Polri, maupun di instansi swasta. Profesi Apoteker bisa diraih setelah menyelesaikan studi S1 Farmasi, lalu mengambil masa kuliah profesi selama setahun, dan mengucap sumpah Apoteker.

Nah, selain menjadi Apoteker, ada delapan pekerjaan Jurusan Ilmu Farmasi lainnya yang bisa kamu tekuni di masa mendatang.

1. Konsultan Kecantikan
Gaji: Rp 2,7 juta sampai Rp 4,5 juta

Seorang Konsultan Kecantikan memberikan konsultasi pada konsumen terkait produk kecantikan (make up), serta memberi saran dan rekomendasi yang cocok untuk konsumen.

Tujuan dan konsultasi yang diberikan oleh pelaku pekerjaan Jurusan Ilmu Farmasi ini adalah untuk menjual produk pada konsumen.

2. Penyuluh Kesehatan
Gaji: mulai dari Rp 3 juta-an, belum termasuk tunjangan

Pemberian sosialisasi kesehatan dan menjalankan program gaya hidup sehat pada masyarakat dilakukan oleh Penyuluh Kesehatan. Profesi ini masuk dalam kategori Pegawai Negeri Sipil di Kementrian Kesehatan. Ikuti tes seleksi CPNS untuk menekuni pekerjaan ini, ya.

3. Terapis Kecantikan
Gaji: Rp 2,5 juta sampai Rp 4 juta-an

Profesi ini biasa kita temukan di salon maupun klinik kecantikan profesional. Biasanya tersedia untuk lulusan SMK Jurusan Farmasi, baik full time maupun freelance.

(Baca Juga: Pekerjaan Jurusan Teknik Kimia Keren untuk Kamu Anak IPA)

4. Pengusaha Apotek
Laba: mulai dari jutaan rupiah

Jika kamu ingin membuka usaha sendiri, maka setelah mengucap sumpah Apoteker kamu bisa mengambil izin pembukaan apotek. Laba dari usaha ini cukup menarik, apalagi jika apotek dibuka di tempat yang belum memiliki saingan. Yakni besaran laba mulai dari jutaan rupiah setiap bulannya.

5. Peneliti
Gaji: mulai dari Rp 4 juta-an, belum termasuk tunjangan

Lulusan Ilmu Farmasi juga bisa mencoba pekerjaan Jurusan Ilmu Farmasi sebagai Peneliti di instansi-instansi, seperti di Badan POM, LIPI, dan laboratorium klinik.

6. Quality Control
Gaji: Rp 5 juta

Quality Control (QC) dalam bidang Farmasi bertugas untuk mengecek kadar dan kualitas obat-obatan dalam sebuah produk. Jika tidak sesuai dengan kualifikasi dan standar yang ditentukan, maka tim QC akan melaporkan ada tim Quality Assurance. Pekerjaan ini bisa ditemui di perusahaan produsen obat, jamu, dan suplemen.

7. Quality Assurance
Gaji: Rp 5 juta-an

Hasil temuan QC kemudian diteruskan ke tim Quality Assurance yang tugasnya mencari tahu secara detil mengenai penyebab penyimpangan kadar dan kualitas obat tersebut. Serta mengambil solusi agar kesalahan itu tidak terulang lagi.

(Baca Juga: Cek Pekerjaan Jurusan Teknik Industri Paling Dibutuhkan Saat Ini

8. Tenaga Pengajar
Gaji: mulai dari Rp 5 juta-an

Pekerjaan Jurusan Ilmu Farmasi lainnya adalah dengan menjadi tenaga pengajar seperti Guru dan Dosen. Dengan menyelesaikan studi hingga S2 dan studi profesi, serta pengalaman kerja yang mumpuni, kamu bisa menekuni profesi ini.

Dapatkan berbagai informasi menarik seputar sektor ekonomi dan tips finansial lainnya, hanya di CekAja.com, di mana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast