8 Rekomendasi Susu Formula Bayi Terbaik beserta Jenisnya. Apa Saja?

8 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Bagi para ibu yang baru memiliki anak pertama, mungkin akan merasa kesulitan mencari rekomendasi susu formula bayi terbaik yang akan digunakan sebagai pengganti ASI. Oleh karena itu, ibu tidak ingin memberikan sembarang ASI untuk buah hatinya.

rekomendasi susu formula bayi

Sejatinya, bayi yang baru lahir harus diberikan ASI, dari usia 0 sampai 6 bulan. Namun nyatanya, tidak semua ibu mengeluarkan ASI setelah melahirkan. Ada beberapa faktor yang menyebabkannya, yaitu mulai dari alasan medis hingga adanya penyakit yang membuat ASI tidak keluar.

Untuk mengatasi hal tersebut, para ibu harus mencari susu formula terbaik untuk bayi. Lantas, apa saja rekomendasi susu formula bayi terbaik? Yuk, simak ulasannya di bawah ini yang telah CekAja.com rangkum khusus untuk kamu.

Jenis Susu Formula Bayi

Sebelum membahas lebih jauh tentang rekomendasi susu formula bayi terbaik, ada baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis susu formula bayi. Pada dasarnya, susu formula bayi terbagi menjadi sembilan, di antaranya yaitu:

  • Susu Formula Adaptasi

Jenis susu formula bayi yang pertama adalah adaptasi atau yang juga biasa disebut sebagai susu pemula. Susu formula yang satu ini biasanya digunakan para ibu untuk mengganti ASI bayi di usia 0 sampai dengan 6 bulan.

Penggunaan susu formula ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada bayi. Komposisi yang digunakan susu formula adaptasi hampir sama dengan ASI. Oleh karena itu, susu ini sangat cocok untuk digunakan oleh bayi yang baru lahir.

  • Susu Formula Awal Lengkap

Jenis susuk formula bayi yang kedua adalah susu formula awal lengkap. Memiliki susunan zat gizi yang lengkap, susu ini sangat cocok untuk dikonsumsi oleh bayi yang baru lahir.

Sebab, susu formula yang satu ini memiliki komposisi yang terdiri dari susu sapi, serta zat gizi lengkap yang dibuat menyerupai ASI.

  • Susu Formula Lanjutan

Susu formula lanjutan sejatinya menjadi susu pengganti dari susu formula adaptasi dan susu formula awal lengkap. Pasalnya, susu formula yang satu ini baru bisa kamu gunakan pada bayi yang berusia 6 bulan ke atas.

Susu formula lanjutan terbuat dari susu sapi. Hanya saja ada beberapa modifikasi, diantaranya yaitu dengan menambahkan zat besi dan juga vitamin D.

(Baca Juga: Ini Daftar Buku Edukasi Anak Pengidap Autisme Pilihan Untuk Orang Tua)

  • Susu Formula Prematur

Berikutnya ada susu formula prematur. Sesuai dengan namanya, susu ini memang diperuntukkan untuk bayi yang lahir prematur. Di mana, ketika lahir sebenarnya ia belum tumbuh sempurna.

Oleh karena itu, untuk mengejar ketertinggalan berat badan, bayi prematur perlu mengonsumsi susu formula prematur.

  • Susu Formula Rendah Laktosa atau Bebas Laktosa

Jenis susu formula yang kelima adalah susu formula rendah laktosa atau bebas laktosa. Susu formula yang satu ini sangat cocok untuk bayi dengan kondisi usus yang tidak memproduksi lactace.

Karena sejatinya, lactace berguna untuk memecah gula susu menjadi glukosa dan galaktosa yang dapat menjaga saluran pencernaan bayi.

Apabila usus bayi tidak memproduksi lactace, maka hal tersebut akan menyebabkan perut bayi menjadi kembung, mulas, mencret-mencret hingga pertumbuhan bayi yang tidak optimal.

Oleh karena itu, susu formula rendah laktosa atau bebas laktosa ini dapat menjaga saluran pencernaan bayi dan membuat pertumbuhan bayi menjadi optimal.

  • Susu Formula Soya

Jenis susu formula yang keenam yaitu susu formula soya. Susu yang dikenal sebagai susu kedelai ini, hanya diproduksi untuk para bayi yang tidak bisa menerima asupan susu sapi atau laktosa.

Hal itu dikarenakan susu soya memiliki efek senyawa dari produksi kacang kedelai, tingkat mangan dan aluminium yang mungkin tidak dapat diterima di formula tersebut.

  • Susu Formula Hidrolisat

Jenis susu formula yang ketujuh adalah susu formula Hidrolisat. Penggunaan susu formula yang satu ini sebaiknya hanya untuk bayi yang mempunyai gangguan pencernaan protein.

Pasalnya, susu formula hidrolisat memang dirancang khusus untuk mencegah alergi pada bayi. Untuk bisa mengonsumsi susu formula yang satu ini kamu memerlukan resep dokter, sehingga tidak bisa dikonsumsi secara bebas.

  • Susu Formula Semierlementer

Susu formula semierlementer biasanya dikonsumsi oleh bayi yang memiliki gangguan pencernaan terhadap gula susu, lemak dan protein. Oleh karena itu, bayi memerlukan formula khusus pada susu yang bisa dicerna dengan baik dan ditoleransi oleh ususnya.

  • Susu Formula dengan Asam Lemak MCT yang Tinggi

Jenis susu formula yang terakhir adalah susu formula dengan asam lemak MCT yang tinggi. Berbeda dengan jenis susu formula lainnya, susu formula yang satu ini ditujukan khusus untuk bayi yang mengalami kesulitan dalam menyerap lemak.

Oleh karena itu, susu formula yang satu ini hadir dengan komposisi lemak MCT tinggi yang lebih besar. Hal tersebut ditujukan agar lemak MCT dapat dicerna dan diserap dengan mudah oleh tubuh bayi.

8 Rekomendasi Susu Formula Bayi Terbaik

Setelah mengetahui jenis dan tips memilih susu formula bayi, kini saatnya kamu mengetahui apa saja rekomendasi susu formula bayi terbaik versi CekAja.com. Untuk itu, di bawah ini merupakan delapan rekomendasi susu formula bayi terbaik yang bisa kamu jadikan referensi, yaitu:

1. Nutricia Neocate LCP

Nutricia Neocate LCP - 8 Rekomendasi Susu Formula Bayi Terbaik beserta Jenisnya

Rekomendasi susu formula bayi terbaik yang pertama adalah Nutricia Neocate LCP. Susu formula yang satu ini sangat cocok untuk bayi yang menderita MFPI, alergi susu sapi dan tidak bisa menerima protein.

Oleh karena itu, susu formula Nutricia Neocate LCP menggunakan asam amino yang lebih mudah diserap dan dicerna oleh tubuh bayi, sebagai pengganti protein dari susu sapi. Namun tidak hanya itu, penggunaan asam amino juga tidak akan menimbulkan alergi pada tubuh.

Nutricia Neocate LCP juga mampu mengatasi alergi tubuh setelah 3 sampai 14 hari pemakaian. Terlebih susu ini sudah teruji secara klinis keamanannya. Untuk bisa mendapatkan susu formula yang satu ini, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp222.000,-.

2. Enfamil A+ 1

Enfamil A+ 1 - 8 Rekomendasi Susu Formula Bayi Terbaik beserta Jenisnya

Menjadi rekomendasi susu formula bayi terbaik, Enfamil A+ 1 memiliki kandungan nutrisi DHA 17mg/100kkal dan ARA 34mg/100kkal yang berguna untuk mendukung perkembangan otak bayi.

Susu formula yang cocok untuk dikonsumsi bayi usia 0-6 bulan ini mampu membuat konsentrasi bertahan lebih lama. Selain itu, Enfamil A+ 1 juga mendukung memori anak dan kemampuan memecahkan masalah.

Hadir sebagai pelengkap makanan selain ASI, susu formula yang satu ini juga memiliki kandungan GOS dan beberapa nutrisi lainnya, yang berguna untuk menjaga kesehatan pencernaan bayi.

Harga yang ditawarkan susu formula Enfamil A+ 1 pun tidak terlalu mahal, yaitu berkisar Rp 143.000,- per kaleng.

3. Similac Neosure

Similac Neosure - 8 Rekomendasi Susu Formula Bayi Terbaik beserta Jenisnya

Rekomendasi susu formula bayi terbaik yang ketiga adalah Similac Neosure. Merek susu formula bayi yang satu ini memang diperuntukkan untuk bayi prematur.

Pasalnya, Similac Neosure terdiri atas kandungan lemak AA dan DHA yang sangat bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Tidak hanya itu, kandungan nukleotida yang ada pada Similac Neosure mampu meningkatkan imun tubuh. Terlebih, formula, rasa dan nutrisi yang dimiliki susu ini mirip dengan ASI, sehingga sangat cocok untuk dijadikan susu pengganti atau pun pendamping ASI.

Similac Neosure menawarkan harga yang cukup terjangkau, yaitu berkisar Rp150.000,-. Dengan harga tersebut, kamu bisa mendapatkan satu kaleng Similac Neosure ukuran 370 gram.

(Baca Juga: Obat Diare yang Aman Untuk Anak Tanpa Resep Dokter)

4. S-26 Promil Gold Tahap 1

S-26 Promil Gold Tahap 1 - 8 Rekomendasi Susu Formula Bayi Terbaik beserta Jenisnya

Rekomendasi susu formula bayi terbaik selanjutnya adalah S-26 Promil Gold Tahap 1. Susu formula yang dibanderol seharga Rp293.000,- ini memiliki formula khusus berupa MultiExcel yang berguna untuk memaksimalkan tumbuh kembang otak bayi.

Oleh sebab itu, susu formula ini memiliki kandungan makronutrien dan mikronutrien yang saling bersinergi untuk memastikan tubuh bayi tumbuh dengan kuat, aktif dan berenergi.

S-26 Promil Gold tahap 1 ini memiliki rasa yang hampir mirip dengan ASI. Sehingga, bayi dapat dengan mudah melakukan penyesuaian dari susu ASI ke susu formula.

5. Nestle Lactogen 1 Gold

Nestle Lactogen 1 Gold - 8 Rekomendasi Susu Formula Bayi Terbaik beserta Jenisnya

Nestle Lactogen 1 Gold masuk ke dalam salah satu rekomendasi susu formula bayi terbaik versi CekAja.com. Sebab, susu formula ini oleh BPOM sudah dipastikan bebas dari Enterobacter sakazii, sehingga aman untuk dikonsumsi bayi.

Susu formula yang satu ini sejatinya memiliki nutrisi dan kandungan lengkap, di antaranya yaitu asam lemak esensial LA dan ALA, probiotik, prebiotic FOS dan GOS, 12 vitamin, 11 mineral serta zat besi ini.

Bagi kamu yang ingin memiliki susu formula Nestle Lactogen 1 Gold, kamu bisa mendapatkannya di online store atau toko susu lainnya dengan kisaran harga Rp110.000,-.

6. Nutricia Bebelove 1

Nutricia Bebelove 1 - 8 Rekomendasi Susu Formula Bayi Terbaik beserta Jenisnya

Rekomendasi susu formula bayi terbaik yang keenam adalah Nutricia Bebelove 1. Susu formula yang satu ini membantu menjaga kesehatan pencernaan bayi.

Hal tersebut dikarenakan Nutricia Bebelove 1 mengandung FOS (frukto oligosakarida) dan GOS (galakto oligosakarida) yang mampu membantu perkembangan bakteri baik di usus.

Selain itu, susu formula yang satu ini juga membantu mempersiapkan diri untuk pertumbuhan gigi dan memperkuat tulang. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan kalsium pada susu formula ini.

Terlebih, Nutricia Bebelove 1 ini memiliki rasa yang gurih dan bebas dari gula, sehingga akan sangat disukai oleh bayi. Untuk bisa mendapatkan susu yang satu ini kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp135.000,- saja.

7. Nan PH Pro 1

Nan PH Pro 1 - 8 Rekomendasi Susu Formula Bayi Terbaik beserta Jenisnya

Ketujuh ada Nan PH Pro 1 sebagai rekomendasi susu formula bayi terbaik versi CekAja.com. Susu yang ditawarkan dengan harga Rp320.000,- per kaleng ini, merupakan susu bebas laktosa yang sangat cocok untuk bayi dengan alergi susu sapi.

Nutrisi dan kandungan yang dimiliki susu formula ini pun terbilang lengkap, yaitu terdiri atas probiotik bifidobacterium yang berfungsi untuk memperkuat sistem pencernaan.

Kemudian nutrisi LA dan ALA yang bagus untuk perkembangan otak, vitamin, mineral dan kalsium yang membantu dan menguatkan pertumbuhan gigi dan tulang.

8. Nutribaby Royal Acti Duobio

Nutribaby Royal Acti Duobio - 8 Rekomendasi Susu Formula Bayi Terbaik beserta Jenisnya

Rekomendasi susu formula bayi terbaik yang terakhir adalah Nutribaby Royal Acti Duobio. Susu formula yang satu ini memang khusus dibuat menggunakan formula Acti Duobio.

Di mana formula tersebut merupakan gabungan dari kandungan prebiotik dan vitamin yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh bayi.

Rasa dan tekstur yang dimiliki susu formula ini menyerupai ASI, sehingga mudah dicerna dan diserap oleh saluran pencernaan bayi. Hal tersebut tentu didukung dengan adanya kandungan probiotik breve M16V yang berperan sebagai penjaga kesehatan pencernaan.

Namun tidak hanya itu, Nutribaby Royal Acti Duobio juga memiliki kandungan asam linoleate dan zat besi yang berguna untuk menstimulasi perkembangan otak anak. Ada juga kandungan 12 vitamin dan 9 mineral yang membantu memenuhi kebutuhan gizi bayi.

Nah, untuk mendapatkan susu formula yang satu ini, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp100.000,- saja. Dengan harga tersebut, kamu sudah bisa mmemberikan anak pondasi serta ketahanan tubuh yang baik.

Dari delapan rekomendasi susu formula bayi terbaik, salah satu diantaranya mungkin ada yang sesuai dengan kebutuhan mu. Kamu bisa membeli susu formula tersebut di online store atau pun supermarket.

Kamu tidak perlu khawatir jika kamu membeli beberapa kaleng susu formula untuk stock di rumah namun tidak memiliki uang cash. Sebab, kamu bisa membayarnya menggunakan kartu kredit.

Jika belum memiliki kartu kredit, tenang saja. Kamu bisa langsung mengajukan kartu kredit dengan mudah dan proses yang cepat hanya di CekAja.com, perusahaan financial technology yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani