Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

8 Tempat Wisata Kuliner Enak dan Murah di Kota Balikpapan

by Vera Khairifah on 25 Oktober, 2019

Tempat wisata kuliner enak dan murah di kota Balikpapan akhir-akhir ini banyak dicari pecinta kuliner. Hal ini tak mengherankan, sebab kepopuleran kota Balikpapan sebagai kota besar di Provinsi Kalimantan Timur kini meningkat, seiring dengan rencana pemindahan ibu kota Negara ke Kutai Kartanegara yang berada di provinsi yang sama.

Sebagai kota di daerah pesisir yang menghadap Selat Makassar, kuliner Balikpapan identik dengan makanan laut (seafood) segar dan makanan tradisional yang terpengaruh oleh budaya Tiongkok.

Kalau kamu berkunjung ke kota yang satu ini, ada beberapa tempat wisata kuliner enak dan murah di kota Balikpapan yang wajib kamu kunjungi.

Warung Kaki Lima Kantor Pos Klandasan

Pusat kuliner yang terkenal sebagai tempat wisata kuliner enak dan murah di kota Balikpapan adalah Kawasan Kuliner Kantor Pos Klandasan, Balikpapan. Letaknya ada di Jalan Jenderal Sudirman No. 1, Klandasan Ulu, Balikpapan Kota.

Di sini, ada banyak penjual menu makanan. Mulai dari gado-gado, nasi goreng, pecel, soto, hingga berbagai hidangan laut seperti ikan bakar, cumi, udang, dan sebagainya.

Harga di tempat wisata kuliner ini sangat terjangkau, mulai dari belasan ribu rupiah. Jika kamu mau datang ke sini, disarankan untuk datang sebelum jam makan siang, yakni sekitar pukul 10.00 hingga 11.00 WITA.

Juga lebih baik naik angkutan umum nomor 6 dan 3, atau mengendarai sepeda motor saja. Karena ketersediaan parkir kendaraan roda empat terbatas.

Tempat wisata kuliner enak dan murah di kota Balikpapan ini buka pukul 08.00 WITA, setelah jam makan siang ada beberapa warung makan yang sudah tutup karena makanan yang habis. Sedangkan sebagian lainnya buka hingga tengah malam pukul 24.00 WITA.

Rumah Makan Torani

Sajian seafood lain juga bisa kamu temui di tempat wisata kuliner enak dan murah di kota Balikpapan bernama Rumah Makan Torani. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Kawasan Kuliner Kantor Pos Klandasan, yakni di Komplek Lembaga Permasyarakatan Jalan Jenderal Sudirman No.73, Gunung Bahagia, Kecamatan Balikpapan Selatan.

(Baca juga: 7 Tempat Wisata Kuliner Enak di Semarang Harga Murah Paling Recomended)

Makanan yang paling direkomendasikan di sini adalah sajian kepiting yang dikenal enak dengan bumbu khas. Dengan jumlah kursi dan meja yang banyak, Rumah Makan Torani cocok untuk agenda santap keluarga.

Pelayanan di sini juga ramah dan makanan disajikan dengan cepat. Tak usah takut kehabisan makanan, karena rumah makan ini buka setiap hari mulai jam 09.00 WITA hingga 24.00 WITA.

Kepiting Kenari

Tempat wisata kuliner enak dan murah di kota Balikpapan lainnya untuk menu makanan kepiting bisa kamu coba di Kepiting Kenari. Ini adalah tempat makan yang cukup populer. Harga satu porsi kepiting dijual seharga Rp220.000.

Eits, jangan keburu kaget dulu dengan harga ini. Karena satu porsi kepiting bisa disantap untuk 3 hingga 4 orang. Sehingga harga ini termasuk murah, apalagi jika dibandingkan dengan harga kepiting di Jakarta.

Kamu juga bisa hanya membeli ukuran setengah porsi dengan harga Rp130.000. Already craving for the crab? Langsung saja datang ke Jalan Iswahyudi No. 4, Balikpapan.

Soto Banjar Kuin Abdhu

Soto Banjar memang bukan makanan khas Balikpapan, tapi di kota ini ada warung soto Banjar yang cukup difavoritkan warga setempat. Yakni Soto Banjar Kuin Abdhu yang menyajikan semangkuk soto Banjar seharga Rp16.000 saja.

Pada dasarnya, soto Banjar mirip dengan sajian soto ayam, namun kuah soto Banjar memiliki perbedaan bumbu dan rempah-rempah. Tempat wisata kuliner enak dan murah di kota Balikpapan ini terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 01 Gunungsari Ilir, Balikpapan.

Depot Simpang Empat

Mau mencoba makanan khas Balikpapan? Yuk, langsung saja kunjungi Depot Simpang Empat di Jalan Letjen Soeprapto No. 06, Kebun Sayur, Balikpapan. Ada menu mantau dan sapi lada hitam yang terkenal di tempat wisata kuliner enak dan murah di kota Balikpapan yang satu ini.

Mantau adalah roti kukus lembut yang mirip dengan bakpau, namun dimakan dengan bumbu khusus atau sapi lada hitam. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp17.000.

Salome Lapangan Merdeka

Salome adalah pentol bakso khas Balikpapan. Kuliner ini banyak di jual oleh penjual kaki lima dengan gerobak kecil yang berkeliling. Tapi, kamu juga bisa mudah menjumpainya di Lapangan Merdeka di Jalan Jenderal Sudirman, Prapatan, Balikpapan Kota.

Rasa gurih dan tekstur kenyal salome bisa kamu nikmati dengan dua pilihan cara penyajian, yakni direbus atau digoreng, lengkap dengan saus kacang. Salome bisa kamu dapatkan mulai dari harga Rp5.000 lho.

Toko Roti Nam Min

Sarapan di Balikpapan tidak lengkap rasanya tanpa mampir di Toko Roti Nam Min di Jalan Adil Makmur Nomor 40, Baru Ilir, Balikpapan. Roti yang dijual adalah roti home made sehingga memiliki rasa yang khas.

(Baca juga: Ini Rekomendasi Wisata Kuliner Enak dan Murah di Medan)

Toko ini buka di jam 07.00 WITA hingga 18.00 WITA. Luas parkiran terbilang cukup dan tersedia meja konsumen untuk menyantap roti di tempat. Aroma roti yang baru dipanggang bakal tercium sejak kamu memasuki toko ini.

Nasi Kuning Haji Daud

Tempat sarapan lainnya yang direkomendasikan adalah Nasi Kuning Haji Daud. Tak sembarangan, tempat wisata kuliner enak dan murah di kota Balikpapan ini menyajikan nasi kuning legendaris.

Wangi daun salam begitu harum dan menyatu dengan bumbu nasi kuning itu sendiri. Ada berbagai lauk yang bisa kamu pilih, seperti ayam, telur, mie kuning, semur daging, ikan goreng, dan sambal.

Jangan kesiangan, sebab tempat makan yang berlokasi di daerah Marga Sari, Balikpapan Barat, ini buka pukul 07.00 WITA hingga 12.00 WITA saja.

Sebelum berangkat makan-makan enak, jangan lupa cek kadar kolesterol dan tekanan darah ya. Kamu tentu nggak mau kan momentum kumpul bareng keluarga terganggu karena mendadak sakit. Lebih ciamik lagi kalau kamu melindungi diri dengan asuransi kesehatan yang bisa kamu pilih dan dapatkan lewat CekAja.com.

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast