Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

8 Tips Anti Kalap Terima Gaji Pertama Setelah Cek Saldo Bank Permata

by CekAja on 27 March, 2019

Menerima gaji pertama adalah salah satu momen paling menyenangkan dalam hidup seseorang. Kalau sudah menguasai cara cek saldo Bank Permata maupun bank lainnya, senang sekali ketika memeriksa isi tabungan dan menemukan bahwa nominal saldonya bertambah.

tips naik gaji - CekAja.com

Namun, jangan langsung terlena dan kalap ingin menghabiskan gaji pertama. Banyak hal-hal baru yang harus menjadi kebiasaan agar kamu tertib dalam mengelola gaji bulanan dari kantor.

Jika kamu bisa melakukan 8 kebiasaan baik ini sejak menerima gaji pertama, niscaya kondisi finansialmu akan senantiasa stabil di masa mendatang:

1. Teratur cek saldo tabungan

Jangan meremehkan kebiasaan mengecek saldo tabungan secara teratur. Karena kebiasaan yang satu ini akan membuat kamu lebih perhatian terhadap sisa gaji di tabungan. Usahakan untuk tidak membiarkan tabungan dalam keadaan kosong di tanggal tua, karena kata mamah itu berbahaya.

Jika kamu memiliki rekening bank Permata, sebaiknya pahami tiga cara mengecek saldo tabungan berikut ini:

  • Cek Saldo Bank Permata via ATM

Cara cek saldo Bank Permata via ATM sangat mudah seperti cara cek saldo pada bank-bank lainnya. Masukkan kartu ATM ke mesin ATM kemudian masukkan PIN kamu. Selanjutnya, pilihlah menu info rekening agar layar ATM menampilkan saldo tabungan kamu.

  • Cek Saldo Bank Permata via Aplikasi Permata Mobile

Sebelum mengunduh aplikasi Permata Mobile, kamu mesti meregistrasi akun di kantor cabang bank terdekat. Nanti, kamu tinggal membuka aplikasinya melalui ponsel untuk bisa langsung login dengan user ID dan kode akses yang sudah kamu miliki. Pilih menu login manual untuk mendapatkan informasi tentang saldo tabungan.

  • Cek Saldo Bank Permata via Internet Banking

Hampir sama seperti cek saldo bank Permata via aplikasi, kamu juga mesti memiliki user ID dan password terlebih dahulu. Kunjungi kantor cabang bank Permata terdekat untuk meminta panduan dari staf customer service.

Jika sudah punya user ID dan password, kamu bisa langsung login di https://new.permatanet.com/permatanet/retail/logon. Pilih menu informasi rekening agar info saldo tabungan kamu bisa segera diakses.

2. Utamakan pengeluaran wajib dan penting

Ketika menerima gaji pertama, sebaiknya kamu segera menyisihkan sebagian uang tersebut untuk berbagai kebutuhan penting. Kamu pasti punya kebutuhan pribadi yang harus dipenuhi setiap bulan, misalnya biaya perawatan tubuh, uang makan, biaya bahan bakar kendaraan atau ongkos transportasi umum, dan lainnya.

(Baca juga: Gaji Kurang Bukan Salah Kantor, Simak Kiatnya Biar Awet!)

Jadi, jangan biarkan gaji kamu telanjur habis sebelum menggunakannya untuk kebutuhan utama. Justru kebutuhan utama harus didahulukan demi mendukung aktivitas hingga akhir bulan nanti.

3. Segera lunasi utang

Selain mengutamakan kebutuhan pribadi yang rutin dikeluarkan setiap bulan, kamu juga sebaiknya cepat melunasi utang setelah menerima gaji. Jangan lupa mencatat utang, tagihan kartu kredit, cicilan, dan hal penting lainnya yang mesti kamu bayar.

Hal tersebut untuk mencegah nilai utang semakin bertumpuk dan menyebabkan kamu kesulitan melunasinya di kemudian hari. Usahakan agar semua utang dan cician bisa lunas tepat waktu sehingga nanti kamu lebih leluasa mengatur uang tanpa utang.

4. Siapkan dana darurat

Dana darurat kerap dianggap remeh oleh masyarakat modern. Padahal kamu bisa menggunakannya untuk kebutuhan yang bersifat mendesak. Kamu tentu tidak dapat memprediksi risiko yang mungkin akan dihadapi kemudian hari misal kecelakaan lalu lintas, sakit parah, anggota keluarga sakit, dan lainnya. Jadi, sebaiknya segera sisihkan dana darurat dengan jumlah tetap setiap bulan. Agar masalah yang terjadi secara mendadak tidak menjadi beban berat.

5. Jangan lupa investasi

Tak pernah ada kata terlalu dini untuk berinvestasi. Sejak mendapatkan gaji pertama, kamu sudah bisa menyiapkannya untuk investasi. Sekarang, investasi tak harus dimulai dengan modal yang besar. Kamu bahkan bisa mulai berinvestasi di bidang logam mulia atau reksadana dengan dana awal berkisar di angka ratusan ribu rupiah.

(Baca juga: Maaf Sekadar Mengingatkan, Jokowi Harus Siapin 5 Hal ini Sebelum Gaji Pengangguran)

Kebiasaan berinvestasi akan membuat kamu lebih konsisten menyisihkan dananya secara teratur. Maka nilai investasi yang kamu miliki akan terus berlipat ganda seiring berjalannya waktu.

6. Cari penghasilan tambahan

Kamu tak perlu menunggu waktu lama untuk menekuni pekerjaan atau bisnis sampingan. Bila sudah mendapatkan gaji pertama, cobalah mencari berbagai alternatif untuk memperoleh penghasilan tambahan. Kamu bisa merintis bisnis online atau menjalani pekerjaan sampingan sesuai minat. Dengan demikian, penghasilanmu tak hanya berasal dari satu sumber saja. Penghasilan tambahan akan mempercepat kemampuanmu dalam mengejar target-target memiliki rumah sendiri, menikah, dan lain sebagainya.

7. Berbagi rezeki dengan orang tua

Jangan hanya berfokus untuk kemapanan diri sendiri. Gaji pertama sebaiknya juga mulai disisihkan untuk berbagi dengan orang tua. Mungkin orang tua kamu tidak mengharapkan hal tersebut. Apalagi bila mereka masih aktif bekerja atau berbisnis.

Namun, menyisihkan gaji untuk orang tua adalah cara terbaik untuk menunjukkan bakti seorang anak. Orang tua pasti merasa bahagia menerima pemberian tersebut. Karena hal itu menunjukkan bahwa kamu sudah menjadi pribadi dewasa yang bertanggung jawab.

8. Perbaiki penampilan

Hidup hemat bukan berarti harus membuat kamu pelit terhadap diri sendiri. Faktanya, kamu bisa mulai menggunakan gaji pertama untuk memperbaiki penampilan. Belilah pakaian yang menunjang profesionalitas dan mulailah merawat diri supaya terlihat menarik. Peluang kerja atau bisnis akan terbuka lebar bagi kamu yang peduli terhadap diri sendiri.

Jadi sudah siapkah kamu mengelola gaji pertama secara bijak? Jadikan CekAja.com sebagai acuan kamu dalam mencari referensi pengelolaan uang dan investasi.

Kamu juga bisa memilih sendiri berbagai produk finansial yang dibutuhkan seperti kartu kredit, asuransi, kredit tanpa agunan (KTA), investasi, kredit pemilikan rumah (KPR), sampai modal untuk usaha kecil menengah (UKM) lewat CekAja.com.

 

 

Tentang Penulis