8 Tips Fotografi untuk Pemula Layaknya Profesional

4 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Mempelajari tips fotografi untuk pemula merupakan hal yang wajib dilakukan buat kamu yang ingin menjadi fotografer professional.

Bagi sebagian orang, kemampuan fotografi terkadang tidak terlalu dianggap penting karena fungsi media foto masih dianggap sebagai dokumentasi semata.

Namun bagi sebagian orang lainnya, fotografi tidak hanya digunakan untuk merekam memori indah saja. Melainkan juga sebagai media dalam mengekspresikan diri dan kreativitas.

Melalui fotografi, kamu bisa bebas memilih objek apapun yang ada disekelilingmu sekaligus melakukan ekspresimen dengan kemampuan kreativitas yang kamu miliki.

Tidak hanya itu, dari sebuah foto kamu juga bisa memberikan sejuta makna dan cerita bagi siapapun yang melihatnya lo.

(Baca Juga: 8 Hobi yang Bisa Menghasilkan Uang)

Mempelajari tips fotografi untuk pemula memang seharusnya menjadi perjalanan yang menyenangkan.

Pada dasarnya, menghasilkan sebuah karya foto yang unik, menarik, dan bermakna bukanlah suatu hal yang sulit.

Jika kamu memiliki keinginan dan tekad yang kuat untuk belajar, semuanya tentu akan berjalan sesuai rencana.

Nah, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang tips fotografi untuk pemula serta langkah-langkah yang bisa membawamu menjadi seorang fotografer profesional. Penasaran? Yuk kita simak bersama-sama.

Tips Fotografi untuk Pemula

1. Menentukan Objek Foto yang Kamu Inginkan

Tidak dapat dipungkiri bahwa segala sesuatu yang kamu kerjakan atau lakukan akan selalu membuahkan hasil yang memuaskan. Apalagi jikakamu melakukannya dengan senang hati dan suka cita. Begitu pula dengan foto.

Biasanya, seorang fotografer profesional akan memilih hal-hal yang mereka sukai sebagai objek foto, dengan begitu foto yang dihasilkan akan bagus.

Maka dari itu, tips fotografi untuk pemula yang harus kamu lakukan pertama yaitu dengan memilih objek foto yang disenangi.

Sebagai contoh, jika kamu menyukai binatang, maka jadikanlah binatang sebagai objek foto keseharianmu.

Sebisa mungkin, buatlah fotografi itu sendiri sebagai aktivitas yang menyenangkan.

2. Latihan Setiap Hari

Latihan Setiap Hari - 8 Tips Fotografi untuk Pemula Layaknya Profesional

Setelah menentukan objek foto yang diinginkan, maka tips fotografi untuk pemula selanjutnya yaitu dengan melakukan latihan setiap hari.

Memang cara terbaik dalam mengasah kemampuan yang kamu miliki yaitu dengan melakukan latihan secara rutin.

Memotretlah sebanyak yang kamu bisa. Jika perlu, habiskanlah waktu selama berjam-jam dibelakang kamera yang kamu miliki.

Hal tersebut dikarenakan, biasanya keterampilan teknis akan berkembang seiring berjalannya waktu jika kamu menghabiskan banyak waktu untuk berlatih.

3. Memperhatikan Pencahayaan

Memperhatikan Pencahayaan - 8 Tips Fotografi untuk Pemula Layaknya Profesional

Perlu diketahui bahwa pencahayaan merupakan aspek yang sangat penting dalam menghasilkan foto yang bagus.

Maka dari itu, sebelum mulai memotret objek, ada baiknya jika kamu memperhatikan aspek pencahayaan terlebih dahulu, baik itu pencahayaan alami seperti matahari maupun pencahayaan buatan.

Jika menurutmu cahaya matahari masih kurang mendukung hasil foto sesuai keinginan, maka kamu bisa menambahkan cahaya buatan seperti lampu untuk membuatnya menjadi semakin sempurna.

Aturlah posisi cahaya di suatu sudut yang kamu anggap dapat mendukung objek foto menjadi lebih bagus.

4. Membaca Buku Fotografi untuk Menambah Ilmu

Meskipun belajar secara otodidak memang sangat dianjurkan guna meningkatkan kemampuan yang dimiliki, tentu mempelajari teori-teori dari buku juga tak boleh ketinggalan.

Biasanya, buku fotografi akan memberikanmu lebih banyak pengetahuan dan ilmu-ilmu baru yang mungkin belum kamu ketahui.

Selain itu, di dalam buku fotografi biasanya juga tidak hanya berisikan teori-teori seputar tips fotografi untuk pemula saja, melainkan juga contoh-contoh foto dari para fotografer prosesional.

Sehingga secara tidak langsung hal tersebut juga akan memberikanmu inspirasi beserta ide-ide cemerlang mengenai sudut pandang dalam mengambil foto yang baik dan menarik.

5. Jangan Pernah Terburu-buru dalam Mengambil Foto

Jangan Pernah Terburu-buru dalam Mengambil Foto - 8 Tips Fotografi untuk Pemula Layaknya Profesional

Perhatikan sejenak dengan objek foto yang terpampang di ViewFinder sebelum kamu menekan tombol Shutter.

Apakah objek foto sudah terlihat jelas? Bagaimana dengan pencahayaannya?

Perhatikanlah seluruh aspek yang terdapat di dalam satu buah objek foto sebelum kamu melangkah ke tahap berikutnya.

6. Selalu Membawa Kamera Setiap Saat

Ketika tengah bepergian keluar rumah, kamu mungkin akan menemukan hal-hal atau peristiwa unik yang belum tentu bisa kamu temukan di lain waktu.

Biasanya para fotografer profesional akan selalu membawa kamera mereka setiap saat, agar peristiwa unik yang mereka temukan di luar rumah tersebut bisa segera diabadikan.

Perlu diingat bahwa peristiwa-peristiwa unik yang diabadikan menjadi sebuah foto lebih berkemungkinan untuk menarik minat banyak orang dibandingkan foto yang cenderung mainstream.

Maka dari itu, bawalah kamera kemanapun kamu pergi dan manfaatkanlah waktu tersebut untuk belajar guna meningkatkan kemampuanmu.

7. Mengambil Inspirasi dari Berbagai Perspektif

Mengambil Inspirasi dari Berbagai Perspektif - 8 Tips Fotografi untuk Pemula Layaknya Profesional

Perlu diketahui bahwa mengambil foto bisa dilakukan dari berbagai bentuk dan sudut. Berbeda sudut pandang, maka makna dari sebuah foto bisa berbeda pula.

Maka dari itu, mengambil inspirasi untuk fotografi pun bisa kamu ambil dari berbagai perspektif.

Kamu bisa mencari inspirasi dari internet dan buku, namun jangan pernah ragu pula untuk melakukan gebrakan yang berbeda.

Kamu bisa mencari inspirasi dari sudut pandang yang benar-benar berbeda atau justru belum pernah digunakan oleh fotografer lainnya.

8. Latar Belakang yang Menarik

Membahas tentang tips fotografi untuk pemula pastinya memiliki keterkaitan atau hubungan yang erat dengan latar belakang.

Satu hal yang harus kamu ketahui, bahwa latar belakang memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap hasil sebuah foto.

Meskipun kamu memiliki objek yang bagus, apabila latar belakang tidak mendukung maka hasil foto juga belum tentu dapat memuaskan.

(Baca Juga: Manfaat Asuransi Perjalanan)

Maka dari itu, cobalah untuk tidak hanya memperhatikan objek foto saja melainkan juga latar belakang yang menyertainya.

Butuh dana untuk mendukung hobi fotografi? Akses CekAja.com dan temukan produk keuangan yang cocok.

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha