8 Tips Mengisi Waktu Luang di Rumah Ketika Pandemi, Bikin Tetap Produktif!

5 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Tips mengisi waktu luang di rumah ketika pandemi wajib kamu ketahui. Di bulan ke-enam masa karantina di rumah, rasa bosan pasti menghampirimu. Kamu tetap bisa produktif dengan melakukan tips-tips di bawah ini.

Pandemi virus Corona membuat pergerakan dan kebebasan berativitas di luar rumah menjadi terbatas. Demi menekan laju persebaran virus dan mencegahmu ikut tertular, karantina di rumah aja harus dijalani dengan sebaik-baiknya.

Kita hanya diperkenankan untuk pergi ke luar rumah pada saat-saat mendesak. Seperti membeli kebutuhan makanan, pemeriksaan kesehatan ke klinik atau rumah sakit, dan lain sebagainya.

Jumlah orang yang tertular virus corona semakin banyak di Indonesia. Bahkan, beberapa negara lain mem-blacklist wisatawan asal Indonesia untuk datang ke negaranya, karena takut berisiko menularkan virus.

Makanya, masa karantina di rumah aja rasanya akan diberlakukan lebih lama lagi nih. Bosan dengan kegiatan yang itu-itu saja di rumah? Yuk, simak tips mengisi waktu luang di rumah ketika pandemi berikut ini.

Kamu bisa menerapkan tips ini bersama keluarga di rumah agar semakin seru! Ada juga beberapa rekomendasi kegiatan yang bisa kamu lakukan.

Tips Mengisi Waktu Luang di Rumah Ketika Pandemi

1. Lakukan Hobi yang Kamu Suka

Tips mengisi waktu luang di rumah ketika pandemi yang pertama tentu saja dengan melakukan hobi apapun yang kamu suka.

Masa karantina di rumah bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan yang berkaitan dengan hobi.

Misalnya belajar alat musik baru, belajar edit foto, belajar menari dengan tutorial online, belajar masak, bikin baju tie dye, dan masih banyak lagi lainnya.

Hobi yang kamu sukai akan membuatmu tetap produktif tanpa harus merasa ada tekanan. Sebab kamu bahagia ketika melakukannya!

Jangan hanya melakukan hobi untuk diri sendiri, kamu juga bisa menceritakan hobi terkini pada keluarga. Siapa tahu, mereka justru tertarik dengan hobimu, atau bahkan memberi dukungan yang serius.

2. Ciptakan Suasana Baru di Dalam Rumah

Kebayang kan betapa bosannya diam di rumah aja selama enam bulan terakhir ini? Eits, jangan biarkan rasa bosan ‘membunuhmu’. Bisa jadi, dekorasi ruangan yang itu-itu aja juga bikin kamu semakin bosan.

Ini saatnya untukmu mendekor ulang ruangan di rumah, seperti ruang kamar atau ruang keluargamu. Berbagai perlengkapan dekorasi cantik kini makin banyak pilihannya di e-commerce.

Kamu juga bisa membuat berbagai karya DIY (do it yourself) yang mempercantik ruangan. Seperti vas bunga, rak sepatu, alas meja, dan lain-lain. inspirasi mendekor ruangan bisa kamu cari di Pinterest.

Mendekor ulang ruangan akan menyiptakan suasana baru yang bikin penghuni rumah lebih happy. Tips mengisi waktu luang di rumah ketika pandemi wajib kamu lakukan!

(Baca Juga: 9 Tips Tetap Produktif Selama WFH)

3. Produktif dengan Bikin Konten Medsos

Tidak ada salahnya kok kalau kamu merasa minat dan perhatianmu sedang tertuju pada media sosial (medsos) selama masa karantina.

Coba deh bikin konten medsos-mu makin variatif dan menarik. Siapa tahu hal ini dapat mengasah kemampuan baru, dan bakal viral di khalayak publik?

Buat konten semakin bagus dengan belajar menulis berbagai hal menarik, asah kemampuan mengedit foto dan video, kuasai ilmu public speaking, dan yang paling penting harus asah pemikiran kreatifmu!

Semua kemampuan yang terasah ini akan membuatmu lebih luwes dalam membuat konten di medsos seperti di Youtube, Instagram, Twitter, TikTok, Blog, Wattpad, dan lainnya.

Tips mengisi waktu luang di rumah ketika pandemi ini bisa mendatangkan cuan. Sebab, profesi Content Creator sekarang makin hits. Bisa jadi, ini juga profesi masa depan yang cocok untukmu!

4. Manfaatkan Momen untuk Makin Kompak sama Keluarga

Tips mengisi waktu luang di rumah ketika pandemi yang selanjutnya adalah mempererat hubungan keluarga di rumah. Terkadang, hal ini sering dilupakan walaupun kita selama ini hidup bersama dalam satu rumah.

Jangan hanya sibuk dengan urusan masing-masing. Luangkan waktu untuk bercengkrama dengan anggota keluarga lainnya. Kamu bisa mengobrol, mengajak bermain permainan tim, olahraga ringan bersama di rumah, dan sebagainya.

5. Tetap Ingat Jaga Kesehatan

Di masa pandemi sekaligus momen pancaroba menuju akhir tahun ini bisa bikin imunitas tubuhmu dan keluarga menurun. Jadi, tetaplah menjaga kesehatan, ya!

Tips mengisi waktu luang di rumah ketika pandemi bisa kamu lakukan dengan cara berolahraga ringan saja. Pilih olahraga yang bisa dilakukan di rumah, seperti jalan di tempat, naik turun tangga, yoga, pilates, atau hanya sekadar peregangan rutin.

Jangan lupa juga untuk selalu mengonsumsi makanan bergizi, minum vitamin jika perlu, berjemur di bawah sinar matahari, dan menerapkan protokol kesehatan kemana pun kamu pergi.

Kesehatan yang bugar adalah hal terpenting. Mencegah datangnya penyakit lebih baik daripada mengobatinya.

6. Temukan Kemampuan Baru

Menyenangkan diri dengan kegiatan seru juga harus diselipi dengan kegiatan yang mengembangkan kemampuan diri.

Tips mengisi waktu luang di rumah ketika pandemi selanjutnya adalah kamu harus menemukan kemampuan baru. Caranya dengan mulai mempelajari bidang ilmu yang kamu minati.

Misalnya belajar bahasa asing secara online, ikut seminar atau pelatihan pengembangan kemampuan bekerja, belajar masak makanan yang biasanya hanya kamu beli di restoran, atau hal lainnya.

Tidak ada ruginya bagi siapapun untuk mempelajari suatu hal baru. Semua ilmu akan bermanfaat untuk dirimu.

7. Coba Berdagang? Kenapa Enggak!

Di masa pandemi ini, ada banyak orang yang kehilangan mata pencahariannya karena tak bisa berkegiatan di luar rumah.

Salah satu cara teraman untuk tetap mendapatkan pundi-pundi adalah dengan berdagang secara online. Kamu bisa mencari peluang usaha yang menawarkan barang maupun jasa yang kamu kuasai.

Tips mengisi waktu luang di rumah ketika pandemi ini akan membuat waktu yang kamu habiskan menjadi lebih berarti. Karena keuntungan bisa kamu dapatkan, sekaligus memperluas kemampuan marketing alias berjualan.

Promosi bisa dilakukan dengan memanfaatkan medsos dan aplikasi chat messenger. Enggak usah melibatkan gengsi, ini saatnya untukmu memulai!

(Baca Juga: 8 Olahraga yang Aman saat Pandemi dan Paling Disarankan)

8. Budidaya Agar Mandiri Soal Kebutuhan Pangan

Tips mengisi waktu luang di rumah ketika pandemi yang terakhir adalah melakukan budidaya tanaman atau hewan yang dapat menghantarkan keuntungan buatmu.

Tak hanya keterbatasan untuk bekerja, masa pandemi ini digadang-gadang sebagai pemicu resesi yang mengancam perekonomian negeri ini.

Agar menjadi masyarakat yang mandiri urusan pemenuhan kebutuhan pangan di rumah, budidaya sangat penting kamu pelajari.

Sekarang, sudah banyak orang-orang yang mulai membudidayakan berbagai sayuran dengan metode hidroponik, serta budidaya ikan konsumsi seperti ikan lele di rumah.

Tujuannya yakni agar kebutuhan pangan di rumah terbantu dengan stok hasil budidaya.

Cara Mengisi Waktu Luang di Rumah Ketika Pandemi

Ada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang di rumah ketika pandemi. Di antaranya sebagai berikut:

  • Menata ulang dekorasi ruangan
  • Masak menu makanan favorit
  • Bikin konten medsos yang kreatif
  • Menggelar permainan seru bareng keluarga
  • Nobar film di rumah
  • Belajar bahasa asing
  • Ikut training atau seminar online
  • Coba berdagang
  • Membuat taman yang asri
  • Budidaya tanaman dan hewan
  • Melakukan hobi
  • Bikin karya seni dengan metode DIY
  • Olahraga ringan
  • Mengobrol dengan anggota keluarga di rumah

Itulah beberapa tips mengisi waktu luang di rumah ketika pandemi beserta jenis kegiatan yang bisa dilakukan.

Tetaplah jaga kesehatan dan lindungi keluarga dengan produk asuransi kesehatan yang bisa kamu ajukan melalui CekAja.com.

CekAja.com akan membantumu memberi rekomendasi asuransi kesehatan terbaik, dengan jumlah klinik dan rumah sakit rekanan yang tersebar luas di dalam maupun luar negeri.

Premi bulanan dijamin terjangkau, sesuai dengan kebutuhan dan profil keuanganmu.

Semua transaksi pengajuan produk finansial di CekAja.com dijamin aman karena diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Yuk, mulai bandingkan dan ajukan asuransi kesehatan untukmu dan keluarga, hanya melalui CekAja.com!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah