8 Tips Murah Meriah Bikin Pesta Ultah Anak

3 min. membaca Oleh CekAja on

Anak-anak akan selalu mengingat hari ulang tahun mereka sebagai hari yang spesial, sehingga tidak heran jika mereka meminta orang tuanya untuk merayakan hari lahir tersebut. Namun siapa sangka dana yang dibutuhkan juga bisa membengkak!

Apalagi kalau perayaan ulang tahun dilakukan dengan pesta yang mewah. Akan tetapi tenang, bisa kok merayakan ultah si kecil dengan alokasi dana yang tidak besar, namun tetap meriah dan membuat si buah hati merasa spesial. Simak 8 tips berikut:

1. Tentukan jumlah tamu dan teman anak yang diundang

Teman anak-anak biasanya tidak begitu banyak, namun tamu orang tuanyalah yang lebih banyak. Oleh karena itu, hitung benar-benar berapa banyak tamu yang akan diundang ke pesta si kecil.

Jumlah tamu yang diundang akan sangat berpengaruh pada banyak hal seperti jumlah goodie bag yang harus disiapkan, termasuk juga aksesori seperti topi, dan perintilan ultah lainnya. Semakin banyak tamu undangan, membuat dana semakin membengkak.

2. Dekorasi sederhana

Tren perayaan ulang tahun yang penuh dengan balon dan dekorasi lengkap memang tengah naik daun. Untuk mendapatkan dekorasi yang murah, kamu bisa melakukan riset di toko online dan mencari paket harga terendah.

Namun, kalau ada banyak barang bekas di rumah tidak ada salahnya membuat dekorasi sederhana dari barang bekas. Apalagi saat ini di YouTube banyak sekali tutorial membuat dekorasi pesta ulang tahun yang mudah dan murah.

(Baca juga: Ide Dekorasi Ulang Tahun Anak yang Hemat Biaya)

Buatlah yang meriah dan penuh warna. Jadi meskipun buatan sendiri, anak-anak tetap terpesona dengan pilihan warna yang cantik serta akan menghargai upaya orang tuanya menyelenggarakan pesta yang meriah untuknya.

3. Buat kue dan camilan sendiri

Kue tart menjadi salah satu komponen termahal dalam merayakan ulang tahun. Biasanya kue ulang tahun lebih mahal karena dihias sedemikian rupa, sehingga anak-anak menjadi sangat senang. Nah, untuk menekan dana, buatlah kue sendiri dengan rasa kesukaan si kecil.

Soal hiasan jangan khawatir, carilah cake topper dengan harga yang terjangkau. Selain sebagai dekorasi kue, cake topper bisa dimainkan si kecil saat ulang tahun sudah selesai. Bukan hanya kue yang enak, si kecil juga langsung dapat mainan berupa tokoh kesukaannya.

Termasuk juga buatlah goodie bag sendiri, kamu bisa membeli snack, wafer, susu kemasan, roti, dan lain sebagainya ke agen toko kelontong sehingga harganya jauh lebih murah dan seusai anggaran.

4. Pilih waktu yang tepat

Waktu yang sesuai untuk merayakan ulang tahun anak-anak adalah pagi hari antara pukul 08.00 hingga 11.00 atau sore hari. Kedua waktu ini bukan waktu makan anak-anak sehingga, si pengundang tidak perlu menyediakan makan siang atau sore.

Dengan memilih waktu yang tepat, ternyata juga bisa menjadi pos untuk berhemat. Selain itu, pada waktu-waktu ini anak-anak juga baru bangun tidur sehingga tidak akan rewel saat menghadiri pesta ulang tahun anak kamu.

5. Susunan acara dan MC harus menyenangkan

Konsep acara yang matang tentu akan membuat acaranya jadi menyenangkan. Pastikan aneka permainan, sulap sederhana, dan nyanyi-nyanyi harus masuk daftar susunan acara. Tidak lupa, pembawa acara atau MC juga harus berpengalaman memandu pesta ulang tahun anak. Sehingga si kecil dan teman-temannya tidak bete dan mau mengikuti acara dari awal hingga akhir.

6. Selektif memilih tema ulang tahun

Tema ulang tahun juga sangat berpengaruh terhadap dana yang dikeluarkan. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menjadi kreatif. Misalnya meski tidak wajar cobalah untuk merayakan pesta ultah anak dengan pesta kebun.

(Baca juga: Kebiasaan Merayakan Tahun Baru Ternyata Bisa Menularkan Penyakit)

Orang tua hanya perlu menyediakan beragam mainan luar ruangan, seperti bola, sepeda, atau scooter kecil. Permainan membuat mereka sibuk dan menikmati acara meski dekorasi dan hal-hal lain di ulang tahun tersebut sangat sederhana.

7. Pesta topeng

Pesta topeng juga bisa menjadi alternatif untuk menghemat dana, apalagi kalau topengnya dibuat sendiri dari karton dan karet yang tersedia di rumah. Sama dengan pesta kebun, pesta topeng juga membuat anak-anak sibuk dan tetap ceria, sehingga tidak begitu peduli pada aspek lain dalam acara tersebut.

Hanya saja, pastikan topeng yang disediakan sesuai dengan tokoh kartun atau superhero kegemaran anak-anak.

8. Merayakan ultah di panti asuhan

Mungkin dana yang dibutuhkan akan lebih banyak, namun tidak ada salahnya mengajarkan berbagi rezeki kepada si kecil sejak dini. Biasanya di panti asuhan sudah disediakan ruangan, sehingga tidak perlu dihias, hanya saja siapkan isi goodie bag yang cukup untuk semua anak panti tersebut.

Tetap adakan kegiatan seru yang juga bisa dilakukan dengan anak-anak di panti. Ajak juga mereka bermain yang menonjolkan kebersamaan, sekaligus mengajarkan si kecil untuk tidak membeda-bedakan dalam berteman.

Manfaatkan diskon kartu kredit

Gimana? Sudah dapat ide seru untuk merayakan pesta ulang tahun anak kamu dengan biaya yang minim? Jangan pernah ragu untuk mengeluarkan uang demi kebahagiaan anak, karena setiap hari kamu keluar rumah untuk bekerja toh demi mencari rezeki untuk membahagiakan mereka bukan?

Manfaatkan promo dan diskon kartu kredit untuk membeli perlengkapan pesta ulang tahun anak kamu. Sehingga biaya yang dikeluarkan untuk menyelenggarakan pesta bisa lebih rendah.

Kalau kamu belum punya kartu kredit, segera pilih dan ajukan kartu kredit BRI sesuai kebutuhan dan gaya hidup kamu lewat CekAja.com.

Tentang kami

CekAja

CekAja