9 Cara Agar Terhindar dari Asam Lambung

5 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Cara agar terhindar dari asam lambung sepertinya memang perlu diketahui, melihat bahwa penyakit satu ini umum terjadi di kalangan masyarakat Indonesia.

Asam lambung atau yang juga dikenal sebagai GERD atau Maag merupakan suatu gangguan ketika isi lambung, yaitu asam dan enzim mengalir kembali (refluks) secara berulang ke kerongkongan.

Sehingga, apabila hal tersebut terjadi, maka asam lambung itu sendiri bisa menyebabkan sejumlah komplikasi, karena bisa mengakibatkan luka pada dinding dalam kerongkongan.

Nah, luka yang terjadi ini berkemungkinan untuk menyebar menjadi semakin luas dan juga bisa menyebabkan penyempitan dari kerongkongan bawah.

(Baca Juga: Gejala GERD dan Cara Mengatasinya)

Beberapa gejala yang bisa ditimbulkan oleh asam lambung diantaranya seperti sakit dada atau nyeri ulu hati, sulit menelan, mulut yang terasa asam atau pahit karena asam lambung naik ke kerongkongan, serta perut yang terasa tidak nyaman.

Sejatinya, asam lambung ini bisa menyerang siapapun, karena sejatinya penyakit ini berhubungan dengan gaya hidup.

Oleh karena itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa cara agar terhindar dari asam lambung. Yuk disimak bersama!

Cara Agar Terhindar dari Asam Lambung

Dilansir dari berbagai sumber mengenai kesehatan, berikut beberapa cara agar terhindar dari asam lambung yang bisa kamu lakukan, yaitu adalah:

1. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Cara agar terhindar dari asam lambung yang pertama adalah dengan rutin mengkonsumsi air putih.

Sebab, mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh mampu menyeimbangkan kadar pH, sehingga membantu usus agar bekerja lebih cepat.

Selain itu, meminum air putih juga dianggap jauh lebih ampuh dalam mencegah asam lambung dibandingkan dengan susu serta dapat membantu proses hidrasi dan pencernaan.

2. Hindari Mengkonsumsi Makanan Pemicu

Cara agar terhindar dari asam lambung selanjutnya adalah dengan tidak mengkonsumsi makanan yang bisa memicu penyakit asam lambung itu sendiri.

Umumnya, GERD atau asam lambung biasa disebabkan oleh makanan-makanan yang mengandung banyak lemak dan lebih sulit untuk dicerna, sehingga bisa menyebabkan produksi asam lambung menjadi lebih banyak, bahkan bisa sampai naik ke kerongkongan.

Tak hanya itu, hindari pula mengkonsumsi kopi, minuman beralkohol, coklat, dan juga makanan pedas.

Sebab, makanan-makanan tersebut berisiko membuat katup kerongkongan bagian bawah menjadi rileks dan mempermudah asam lambung naik ke kerongkongan.

3. Mengatur Porsi Makan

Tanpa disadari, mengatur porsi makan juga merupakan salah satu cara agar terhindar dari asam lambung yang cukup ampuh.

Karena di dalam proses makan, kerongkongan akan terbuka hingga mencapai perut. Dalam hal ini, terdapat otot berbentuk cincin yang bertugas sebagai katup untuk mencegah asam lambung naik ke kerongkongan.

Akan tetapi, yang terjadi pada penderita asam lambung adalah, otot ini akan melemah ketika proses makan tersebut terjadi.

Oleh karena itu, salah satu cara agar terhindar dari asam lambung adalah dengan hindari makan dalam porsi besar.

Sebab, besar kemungkinannya asam lambung justru meningkat setelah makan, dan memakan dalam jumlah banyak bisa memperburuk keadaan.

Sebaliknya, kamu bisa memakan dalam porsi kecil, namun sering, dan kunyahlah secara perlahan.

4. Merubah Gaya Hidup

Seperti yang telah sedikit disinggung sebelumnya, bahwa gaya hidup sangatlah berhubungan dengan penyakit asam lambung.

Oleh karena itu, salah satu cara agar terhindar dari asam lambung adalah dengan merubah gaya hidup tak sehat itu sendiri.

Beberapa diantaranya seperti mengurangi merokok dan hindari kebiasaan langsung berbaring setelah makan.

Sebaliknya, kamu bisa memberi jeda waktu setidaknya selama tiga jam agar asam lambung tidak naik ke kerongkongan.

Nah, di jeda waktu tiga jam itu, pastikan tubuh tetap pada posisi tegak atau berdiri, untuk mengontrol keberadaan makanan pada lambung dan jumlah produksi asam lambung.

5. Perbanyak Konsumsi Makanan yang Mengandung Protein

Di poin sebelumnya kita sudah membahas bahwa orang yang menderita asam lambung sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung terlalu banyak lemak.

Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung protein yang tinggi.

Karena, makanan berprotein tinggi ini bisa meningkatkan tekanan sfingter esofagus bawah, untuk menekan asam lambung agar tidak terjadinya refluks ke tenggorokan.

6. Jangan Mengenakan Pakaian yang Terlalu Ketat di Bagian Perut

Cara agar terhindar dari asam lambung selanjutnya adalah dengan menghindari penggunaan pakaian yang terlalu ketat, khususnya di bagian perut.

Sebab, hal tersebut tidak hanya bisa membuat asam lambung naik ke kerongkongan, melainkan hingga muntah.

Maka dari itu, apabila kamu termasuk orang yang sering mengalami asam lambung yang kambuh, usahakan untuk membiasakan diri menggunakan pakaian longgar.

7. Menurunkan Berat Badan

Mungkin saat ini masih banyak orang yang menganggap bahwa menurunkan berat badan hanya sebatas menjaga penampilan saja.

Akan tetapi faktanya, menurunkan berat badan justru memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap kesehatan tubuh, salah satunya adalah sebagai cara agar terhindar dari asam lambung.

8. Hindari Melakukan Gerakan yang Dapat Menekan Perut

Tidak boleh melakukan gerakan yang dapat menekan perut bukan berarti kamu tak bisa olahraga lho.

Faktanya, masih banyak gerakan-gerakan yang tidak menekan perut atau memberi tekanan pada lambung.

Selain itu, waktu olahragapun juga perlu diperhatikan. Sama halnya seperti berbaring, kamu juga usahakan untuk tidak langsung berolahraga ketika setelah makan.

Sebaliknya, cobalah beri jeda waktu setidaknya sekitar 2 – 4 jam setelah makan sebagai salah satu cara agar terhindar dari asam lambung.

9. Perhatikan Pola Tidur dan Posisi Tidur

Nah, cara agar terhindar dari asam lambung yang terakhir bisa kamu lakukan adalah dengan memperhatikan pola tidur serta posisi tidur.

Usahakan agar tubuh kamu selalu mendapatkan waktu tidur yang cukup. Sebab, kekurangan tidur akan membuat tubuh mengeluarkan hormon stress yang bisa memicu terjadinya refluks asam lambung.

Maka dari itu, disarankan agar kamu setidaknya tidur 8 jam per hari, agar asam lambung tidak semakin parah.

Selain itu, disarankan pula agar menaikkan posisi tubuh bagian atas agar lebih tinggi dari tubuh bagian bawah ketika tidur.

Bagian atas tubuh yang perlu ditinggikan dalam hal ini adalah mulai dari pinggang ke atas. Karena biasanya, hanya menambahkan bantal pada belakang kepala seringkali kurang efektif.

(Baca Juga: Obat Tanpa Resep Dokter Penyakit Asam Lambung)

Jadi, itulah beberapa cara agar terhindar dari asam lambung yang bisa kamu lakukan, khususnya bagi yang sering mengalami penyakit satu ini.

Nah, selain mengetahui cara mencegahnya dan menyiapkan obat yang diperlukan, jangan lupa juga untuk memberikan perlindungan ekstra berupa asuransi kesehatan, agar kamu bisa selalu terlindungi dari berbagai risiko penyakit berbahaya.

Jika belum memiliki asuransi kesehatan, kamu bisa lho mengunjungi CekAja.com untuk mendapatkan informasi terkait asuransi kesehatan ini.

Tak hanya itu, di CekAja.com kamu bahkan juga bisa melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis asuransi manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dalam membayar premi serta mengajukan asuransi kesehatan yang diinginkan.

Dengan seluruh proses pengajuan yang dapat dilakukan secara online, kamu tak perlu lagi repot meluangkan waktu untuk ke luar rumah. Mudah dan cepat kan!

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha