Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

9 Cara Efektif Karyawan Bekerja di Rumah dan Serba-serbinya

by Nadhillah Kusindriani on 17 Maret, 2020

Beberapa cara efektif karyawan bekerja di rumah rasanya perlu kamu ketahui. Pasalnya, kini pemerintah sudah menghimbau agar masyarakat Indonesia untuk berhenti sejenak dari aktivitas sehari-hari yang dilakukan diluar ruangan, seperti bekerja, sekolah dan sebagainya.

cara efektif karyawan bekerja di rumah

Pemerintah meminta agar masyarakat melakukan semua aktivitasnya dari rumah untuk sementara waktu. Hal tersebut dipicu oleh semakin meluasnya wabah virus Covid-19 yang kini sedang menimpa sebagian besar dunia, termasuk Indonesia.

Melansir dari bbc.com, sampai dengan hari Senin, 16 Maret 2020, kasus virus corona di Indonesia sudah mencapai angka 117, dengan 5 orang korban meninggal dunia.

Dari data tersebut, terlihat bahwa memang sudah sewajarnya jika pemerintah meliburkan seluruh sekolah untuk 14 hari ke depan dan menetapkan sistem work from home untuk para karyawan.

Melalui sistem work from home tersebut, maka para karyawan dapat bekerja dari rumah tanpa harus datang ke kantor. Oleh karena itu, para karyawan dituntut untuk tetap menjaga efektivitasnya meski harus bekerja dari rumah.

(Baca Juga: Kerja #DiRumahAja, Terapkan 5 Hal Ini Agar Tetap Produktif)
9 Cara Efektif Karyawan Bekerja di Rumah

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, karena wabah virus Covid-19 yang semakin meluas, akhirnya pemerintah menghimbau agar setiap sekolah meliburkan siswa-siswinya untuk 14 hari ke depan dan para karyawan untuk bekerja dari rumah.

Nah, untuk menjaga efektivitas pekerjaan, ada sembilan cara yang bisa kamu lakukan. Oleh karena itu, di bawah ini merupakan sembilan cara efektif karyawan bekerja di rumah yang telah CekAja.com rangkum khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

1. Tetap Melakukan Rutinitas Pagi

Cara efektif karyawan bekerja di rumah yang pertama adalah kamu tetap harus melakukan rutinitas pagi. Sebab, hal tersebut akan membuat mu tetap bersemangat untuk bekerja seperti biasa.

Meski begitu, kamu tidak perlu melakukan rutinitas pagi mu sepenuhnya, seperti menyiapkan pakaian untuk ke kantor atau pun menggunakan makeup tebal. Kamu cukup bangun pagi dan mandi seperti biasa untuk menjaga tubuh mu tetap segar dan bersemangat.

Hal itu perlu kamu lakukan karena tanpa rutinitas pagi, maka pikiran mu akan sulit terjaga untuk bekerja. Untuk itu, melakukan rutinitas pagi dapat membantu pikiran mu bersiap-siap menjadi mode bekerja.

2. Membuat Alur Kerja

Cara efektif karyawan bekerja di rumah yang kedua adalah membuat alur kerja. Di mana, kamu harus membuat alur pekerjaan dan menentukan pekerjaan mana yang harus kamu lakukan terlebih dahulu.

Tidak hanya itu, dengan membuat alur juga kamu dapat menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Dan apabila kamu memiliki waktu ekstra, maka kamu bisa menentukan pekerjaan yang mana lagi yang bisa kamu kerjakan.

3. Mengatur Waktu Istirahat

Mengatur waktu istirahat menjadi bagian dari cara efektif karyawan bekerja di rumah. Pasalnya, kamu juga memerlukan waktu istirahat untuk merefresh pikiran serta tenaga mu.

Maka dari itu, pastikan bahwa kamu mendapatkan waktu istirahat yang cukup, setidaknya satu jam untuk makan siang, mengobrol dengan keluarga atau pun sekedar mengonsumsi camilan sehat.

Dengan begitu, semua tenaga dan pikiran mu kembali segar, aliran darah mu menjadi lancar, dan kamu juga menjadi siap kembali untuk mengerjakan tugas-tugas selanjutnya.

4. Membuat atau Mencari Ruang Khusus Bekerja

Membuat atau mencari ruang khusus bekerja rasanya penting untuk kamu lakukan. Sebab, hal tersebut akan membantu meningkatkan produktivitas mu saat bekerja. Kamu tidak akan tergiur untuk bekerja di kasur atau pun di sofa yang justru akan menurunkan tingkat produktivitas.

Kamu bisa mencari atau pun membuat ruang khusus untuk bekerja. Setelah jadi, kamu bisa menambahkan koneksi internet, laptop, buku-buku dan beberapa fasilitas kerja lainnya yang kamu butuhkan.

Melalui ruang bekerja, kamu dapat menyelesaikan pekerjaan dengan fokus dan cepat selesai. Tidak hanya itu, kamu juga bisa memperlihatkan kepada orang-orang disekitar mu jika kamu sedang bekerja. Sehingga tidak ada yang mengganggu mu ketika bekerja.

5. Intensif Berkomunikasi

Cara efektif kelima yang perlu kamu lakukan ketika bekerja di rumah adalah intensif berkomunikasi dengan tim dan kerabat kantor. Dengan begitu, kamu akan mengetahui informasi terbaru dari kantor terkait pekerjaan.

Ponsel yang kamu miliki menjadi media komunikasi utama yang harus selalu aktif dan dapat dihubungi. Sebab, beberapa informasi tak jarang diberikan melalui grup whatsapp atau pun platform komunikasi lainnya yang kantor mu gunakan.

Tidak hanya itu, kamu juga harus memberi kabar terkait pekerjaan. Seperti misalnya ada kendala pada pekerjaan, maka tim mu bisa membantu mu dari jarak jauh. Selain itu, kamu juga bisa menginformasikan jika pekerjaan sudah selesai dan lain sebagainya.

6. Memakai Semua Teknologi yang Tersedia

Cara efektif karyawan bekerja di rumah yang keenam adalah memanfaatkan dan memakai semua teknologi yang tersedia. Kamu bisa menggunakan ­e-mail, Microsoft Teams dan beberapa platform lainnya untuk tetap berkomunikasi dengan lancar terkait pekerjaan.

Kamu juga bisa menggunakan Google Docs, Google Drive, Dropbox, WordPress dan beberapa aplikasi lainnya untuk menunjang pekerjaan mu agar lebih cepat terselesaikan.

7. Mempertahankan Jam Kerja yang Teratur

Mempertahankan jam kerja yang teratur menjadi salah satu poin penting yang harus kamu perhatikan. Sebab, work from home memberikan mu waktu yang fleksibel untuk bekerja dan istirahat.

Maka dari itu, kamu secara tidak langsung dituntut untuk bijak dalam menetapkan waktu bekerja. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menetapkan dan mempertahankan jam kerja yang teratur. Dengan begitu, memungkinkan mu untuk menyelesaikan semua pekerjaan tepat waktu.

8. Membuat Privasi

Cara efektif karyawan bekerja di rumah yang kedelapan adalah dengan membuat privasi. Cara ini akan membuat mu terhindar dari beberapa gangguan yang bisa datang darimana saja. Beberapa gangguan tersebut bisa datang dari handphone, media sosial bahkan anggota keluarga mu sendiri.

Beberapa spesialis karier juga mengatakan bahwa, membuat privasi menjadi hal penting untuk dilakukan jika kamu mengingatkan keluarga, kalau keberadaan mu di rumah bukan berarti memiliki banyak waktu luang untuk mengobrol dan bersantai, seperti yang dilansir popbela.com.

9. Mencari Inspirasi

Cara efektif karyawan bekerja di rumah yang terakhir adalah dengan mencari inspirasi. Cara ini bisa kamu lakukan dengan mendengarkan musik favorit, membiarkan jendela terbuka agar suara dari luar masuk ke dalam kamar hingga bekerja diluar ruangan untuk menghirup udara segar.

Beberapa cara tersebut bisa kamu lakukan untuk mendapatkan inspirasi. Selain itu, kamu juga bisa merefresh sejenak pikiran serta tenaga mu sesaat setelah bekerja.

(Baca Juga: Himbauan #DiRumahAja, Ini 5 Keuntungan Work from Home)
Kelebihan dan Kekurangan Bekerja di Rumah

Sebelumnya kamu sudah mengetahui sembilan cara efektif karyawan bekerja di rumah. Cara-cara tersebut bisa kamu jadikan panduan untuk tetap bekerja secara efektif di rumah.

Namun apakah kamu tahu, sebenarnya apa saja kelebihan dan kekurangan bekerja di rumah? Di bawah ini CekAja.com akan mengulas beberapa kelebihan dan kekurangan bekerja di rumah sebagai berikut.

Kelebihan
  • Keseimbangan antara kehidupan dan pekerjaan akan lebih terjaga. Mungkin untuk sebagian orang, bekerja di rumah lebih menangkan. Sebab kamu dapat lebih berkonsentrasi dan produktif.
  • Perusahaan jadi lebih menghemat biaya infrastruktur kantor, seperti tagihan listrik dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, karyawan juga dapat menghemat tenaga, waktu serta biaya untuk transportasi dan lainnya.
  • Bagi beberapa orang yang memiliki kendala datang ke kantor atau pun orang tua dengan anak yang sulit ditinggalkan, bekerja dari rumah menjadi satu solusi yang bisa dilakukan.
Kekurangan

Dari beberapa kelebihan yang telah disebutkan sebelumnya, work from home juga memiliki kekurangan, di antaranya yaitu:

  • Berpotensi untuk terjadinya kesalahpahaman mengenai pekerjaan atau pun monitoring yang bermasalah.
  • Keamanan data yang ditransfer tidak bisa dipantau.
  • Kurangnya sosialisasi antar karyawan.
  • Tidak semua pekerjaan bisa dilakukan menggunakan konsep work from home. Terkadang, beberapa pekerjaan dapat diselesaikan dengan tatap muka.

Beberapa cara efektif bekerja di rumah beserta kelebihan dan kekurangannya sudah dijelaskan di atas. Bagaimana, sangat mudah untuk kamu terapkan bukan?

Namun, sebelum bekerja di rumah kamu harus memastikan bahwa peralatan yang kamu gunakan dalam kondisi baik, seperti koneksi internet dan laptop. Jangan sampai, karena peralatan yang kamu gunakan sudah rusak, pekerjaan mu menjadi terhambat.

Kamu bisa meminjam atau membeli terlebih dahulu laptop sebagai penunjang pekerjaan mu. Tidak perlu khawatir jika kamu belum memiliki cukup uang untuk membeli laptop secara cash. Sebab, kamu bisa membelinya di beberapa toko elektronik atau pun e-commerce secara kredit.

Salah satu syarat yang harus kamu miliki tentu kartu kredit. Jika kamu belum memiliki kartu kredit jangan khawatir. Kamu bisa melakukan perbandingan dan mengajukannya dengan mudah dan proses yang cepat hanya di CekAja.com. Tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang!

Tentang Penulis