9 Cara Membuang Minyak Goreng Bekas yang Perlu Diketahui

Untuk kamu yang gemar melakukan aktivitas di dapur, sepertinya cara membuang minyak goreng bekas perlu diketahui.

Pariwara

Memang tak dapat dipungkiri bahwa minyak goreng itu sendiri memiliki peran yang sangat penting untuk menjadikan hidangan gorengan menjadi lebih renyah dan lezat.

Akan tetapi, penggunaannya yang hanya sebatas menggoreng aneka olahan makanan saja terkadang membuat minyak goreng tak habis digunakan dan meninggalkan sisa.

(Baca Juga: Mengenal Jenis Minyak Zaitun Beserta Manfaatnya)

Padahal, minyak goreng bisa memberikan dampak yang berbahaya apabila digunakan berkali-kali.

Sementara itu, apabila membuangnya ke wastafel justru bisa berdampak pada pencemaran lingkungan.

Lantas, bagaimana cara membuangnya? Nah, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa cara membuang minyak goreng bekas yang bisa kamu lakukan. Yuk kita simak bersama!

Cara Membuang Minyak Goreng Bekas

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa cara membuang minyak goreng bekas yang bisa kamu lakukan, yaitu adalah:

1. Menggunakan Ulang

Cara membuang minyak goreng bekas yang pertama bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakannya kembali.

Memang sebelumnya sempat dikatakan bahwa minyak goreng bisa memberikan dampak berbahaya apabila digunakan berkali-kali.

Akan tetapi, apabila minyak tersebut digunakan untuk menggoreng sayuran dan kentang, umumnya minyak masih dalam keadaan bersih, sehingga bisa digunakan kembali.

Namun, berhati-hatilah untuk menggunakan ulang minyak apabila sebelumnya sudah digunakan untuk menggoreng daging atau ikan.

Sebelum menggunakannya kembali, pastikan bahwa kondisi minyak memang masih layak untuk digunakan.

2. Diamkan Hingga Minyak Dingin

Cara membuang minyak goreng bekas selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menunggu hingga minyak menjadi dingin.

Banyak orang yang terburu-buru dalam membuang minyak ketika masih panas. Padahal, hal tersebut sangatlah berbahaya karena bisa melelehkan wadah penyimpanannya serta mengenai diri apabila tidak berhati-hati.

Oleh karena itu, alangkah lebih baiknya apabila kamu menunggu hingga minyak menjadi dingin. Setelah itu, baru kamu bisa melanjutkan untuk melakukan langkah selanjutnya.

Jika minyak yang tersisa tidak terlalu banyak, kamu bisa menggunakan tisu untuk menyapu minyak yang masih tersisa di wajan.

3. Menyimpan Minyak di Wadah yang Tak bisa Didaur Ulang

Cara membuang minyak goreng bekas yang baik dan benar selanjutnya adalah dengan menyimpannya di wadah yang tak bisa didaur ulang, seperti botol plastik.

Namun, sebenarnya kamu juga bisa menggunakan karton bekas susu maupun wadah berbahan kertas. Setelah itu, barulah membuangnya ke tempat sampah khusus.

4. Bekukan Minyak Goreng Sisa

Selain mendinginkannya, membekukan minyak goreng yang tersisa juga bisa menjadi salah satu cara membuang minyak goreng bekas yang baik dan benar.

Sebab, minyak goreng yang dibekukan tersebut dinilai akan lebih mudah untuk disingkirkan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakannya kembali tanpa perlu repot memindahkannya atau menyimpannya.

5. Mencampurkannya dengan Bahan Lain

Cara membuang minyak goreng bekas selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencampurkannya bersamaan dengan bahan lainnya yang memiliki sifat menyerap, seperti tanah atau pasir bekas kucing. Karena, dengan begini minyak tidak akan tumpah kemana-mana

Tak hanya itu, cara membuang minyak goreng bekas satu ini juga membantu minyak untuk terserap oleh limbah sehingga mudah untuk dibuang.

6. Menggunakan Oil Solidifier

Oil solidifier itu sendiri merupakan bahan yang dapat digunakan untuk merubah minyak goreng menjadi lebih padat sekaligus mematikan racun-racun yang terdapat di dalamnya. Setelah itu, barulah kamu bisa membuangnya ke tempat pembuangan khusus.

7. Membuang Limbah Minyak Goreng

Cara membuang minyak goreng bekas yang akan kita bahas selanjutnya adalah dengan membuang limbah minyak goreng itu sendiri.

Perlu diketahui bahwa mendaur-ulang minyak goreng yang tersisa memang terdengar ramah lingkungan.

Akan tetapi, hal ini juga bisa berdampak pada kesehatan tubuh. Sebab, di beberapa keadaan minyak goreng bekas sudah dalam keadaan yang begitu kotor.

Maka dari itu, salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan tetap membuangnya, namun tetap mengikuti hal-hal yang tidak boleh dilakukan.

Dilansir dari situs tirto.id yang turut mengutip dari The Spruce Eat, limbah minyak goreng sangat tidak dianjurkan untuk menggunakannya di kloset toilet, selokan, wastafel, dan tempat sampah.

Sebab, minyak goreng bekas yang dibuang di toilet justru bisa menyumbat pipa pembuangan, atau lebih parahnya lagi yaitu melekatkan kotoran hingga menutup jalur drainase rumah kamu.

Sementara itu, jika membuangnya di tempat sampah umum, bisa berdampak buruk pada penguraian sampah lainnya.

Hal tersebut dikarenakan minyak goreng mengandung zat lemak yang bisa merusak komposisi limbah dalam proses penguraian sampah.

8. Digunakan untuk Membunuh Serangga

Ternyata, limbah minyak goreng yang sudah disuling dan dihilangkan kotorannya bisa digunakan untuk membasmi rumput liar lho.

Kamu hanya perlu menuangkan minyak goreng ke dalam wadah penyemprotan dan semprotkanlah ke arah rumput liar yang mengganggu. Cara membuang minyak goreng bekas satu ini jelas sangat efektif dan bermanfaat, bukan?

9. Diolah Menjadi Biodiesel

Nah, cara membuang minyak goreng bekas yang bisa kamu lakukan terakhir adalah dengan mengolahnya menjadi biodiesel.

Kamu cukup mencampurkan minyak goreng tersebut bersamaan dengan minyak sayur atau lemak hewan dan jenis alkohol metanol.

Biodiesel yang dihasilkan dari minyak goreng bisa dijadikan sebagai pengganti BBM lho. Campuran ini juga bisa mengeluarkan gas yang lebih tidak destruktif jika digunakan untuk traktor, sepeda motor, dan jenis kendaraan lainnya.

Bahaya Terlalu Banyak Mengkonsumsi Makanan Berminyak

Setelah kamu mengetahui tentang cara membuang minyak goreng bekas yang baik dan benar, kamu juga perlu mengetahui tentang dampak buruk yang dihasilkan apabila terlalu banyak mengkonsumsi makanan berminyak.

Sebelumnya sempat sedikit disinggung bahwa menggunakan minyak goreng berkali-kali bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Akan tetapi, terlalu banyak mengkonsumsi makanan berminyak itu sendiri juga tak luput dari bahaya yang mengintai, seperti bisa terjadinya gangguan sistem pencernaan, merusak bakteri baik di usus yang memiliki fungsi untuk menjaga sistem imun tubuh, memicu timbulnya jerawat, hingga meningkatkan risiko berbagai penyakit berbahaya, seperti obesitas, jantung, diabetes, dan kanker.

Maka dari itu, alangkah lebih baiknya apabila kamu tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan berminyak.

Namun jika kamu tetap ingin mengkonsumsi makanan berminyak, maka kamu bisa memilih jenis makanan yang mengandung lemak sehat dan bergizi, seperti alpukat, ikan, minyak zaitun, kacang-kacangan, atau mentega (bukan margarin).

Lindungi Diri Bersama Asuransi Kesehatan dari CekAja.com

Jadi, itulah beberapa cara membuang minyak goreng bekas yang bisa kamu lakukan sekaligus dampak buruk yang bisa ditimbulkan apabila kamu terlalu banyak mengkonsumsi makanan berminyak.

Menjaga pola makanan sejak dini memang sangat baik untuk menjaga kesehatan, namun tidak bisa dilupakan pula bahwa masalah kesehatan juga bisa menyerang kapan saja, bahkan di waktu yang tak bisa kita prediksi.

Sementara itu, di sisi lain biaya rumah sakit justru kian meningkat dari tahun ke tahun. Lalu, apa yang bisa dilakukan ketika kamu tiba-tiba membutuhkan pengobatan di rumah sakit namun sedang tidak memiliki dana yang cukup?

(Baca Juga: 11 Makanan Tinggi Kolesterol)

Di sinilah asuransi kesehatan akan sangat bermanfaat! Karena jika kamu memiliki asuransi kesehatan, pihak asuransi akan mengcover sebagian biaya pengobatan kamu, tetapi tentunya disesuaikan dengan premi yang kamu bayarkan.

Meski begitu, tak dapat dipungkiri bahwa hadirnya asuransi kesehatan akan meringankan beban biaya yang harus kamu tanggung ketika mendapatkan pengobatan di rumah sakit.

Nah, jika saat ini kamu belum memiliki asuransi kesehatan, segera ajukan saja di CekAja.com! Selain kamu bisa melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis asuransi manakah yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dalam membayar premi, seluruh proses pengajuan juga dapat dilakukan secara online lho.

Yuk, tunggu apa lagi? Segera ajukan asuransi kesehatan pilihanmu hanya di CekAja.com dan nikmatilah segudang manfaatnya!

Pariwara