Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

9 Cara Mengembangkan Bisnis Online yang Wajib Dilakukan Pebisnis

by Nadhillah Kusindriani on 13 Juli, 2020

Buat kamu yang sudah lama menjalankan bisnis online namun merasa tidak ada perkembangan, rasanya kamu perlu mengetahui beberapa cara mengembangkan bisnis online. Mungkin sebagian dari kamu berpikir, bahwa memanfaatkan media sosial saja sudah cukup. Namun ternyata, agar bisnis online yang kamu tekuni memiliki perkembangan yang signifikan, kamu memerlukan cara dan strategi khusus. Lantas, apa saja cara mengembangkan bisnis online tersebut? Yuk simak ulasannya berikut ini.

9 Cara Mengembangkan Bisnis Online yang Wajib Dilakukan Pebisnis

9 Cara Mengembangkan Bisnis Online

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa agar bisnis online mu berkembang secara signifikan, kamu perlu mengetahui dan melakukan beberapa cara mengembangkan bisnis online. Adapun, beberapa cara yang perlu kamu ketahui dan lakukan tersebut di antaranya, yaitu:

1. Menentukan target audience yang tepat

Menentukan target audience yang tepat - 9 Cara Mengembangkan Bisnis Online yang Wajib Dilakukan Pebisnis

Cara mengembangkan bisnis online pertama, yang harus kamu lakukan adalah menentukan target audience yang tepat. Pastikan kamu memilih target audience yang sesuai dengan produk yang kamu jual pada bisnis online mu.

Seperti misalnya, kamu menjual produk fashion untuk anak muda, mulai dari pakaian hingga aksesoris. Maka audience yang akan menjadi target kamu adalah anak-anak muda dengan usia berkisar 18-24 tahun.

Dengan begitu, dapat dilihat bahwa kesesuaian target audience dengan produk bisnis online sangat penting. Sebab, hal tersebut dapat membuat bisnis online mu lebih fokus dan semakin mudah berkembang.

(Baca Juga: Ide Bisnis Online Modal Kecil)
2. Memanfaatkan media sosial

Memanfaatkan media sosial - 9 Cara Mengembangkan Bisnis Online yang Wajib Dilakukan Pebisnis

Cara mengembangkan bisnis online yang selanjutnya memanfaatkan media sosial. Cara ini menjadi cara utama dan unggulan yang digunakan hampir semua pebisnis online untuk mengembangkan bisnisnya.

Pasalnya, melalui media sosial kamu bisa mempublikasi dan mempromosikan produk yang kamu jual ke banyak pengguna. Seperti yang diketahui, peran serta pengaruh yang diberikan media sosial sangat besar.

Sehingga, media sosial kini menjadi salah satu wadah yang paling tepat dan optimal, untuk melakukan promosi produk dan beriklan. Tidak hanya itu, beberapa media sosial juga kini banyak menyediakan fitur-fitur menarik, yang bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan daya tarik audience.

Seperti misalnya Instagram, media sosial yang satu ini menyediakan banyak fitur yang bisa digunakan para penggunanya, mulai dari GIF, stiker, hingga fitur yang mendukung bisnis kecil atau UMKM.

3. Melakukan berbagai jenis campaign

Melakukan berbagai jenis campaign - 9 Cara Mengembangkan Bisnis Online yang Wajib Dilakukan Pebisnis

Selain dua cara di atas, kamu juga perlu melakukan berbagai jenis campaign sebagai cara mengembangkan bisnis online yang satu ini. Di mana, cara untuk melakukan campaign sangat banyak, mulai dari campaign melalui radio, televisi, surat kabar hingga beragam jenis digital campaign lainnya. Kamu bisa memilih beberapa cara yang sekiranya efektif dan sesuai dengan bisnis online mu.

4. Memberikan pelayanan yang berkualitas

Memberikan pelayanan yang berkualitas - 9 Cara Mengembangkan Bisnis Online yang Wajib Dilakukan Pebisnis

Salah satu cara mengembangkan bisnis online yang sangat penting untuk dilakukan adalah memberikan pelayanan yang berkualitas. Sebab, pelanggan yang diibaratkan sebagai raja, sebisa mungkin harus mendapatkan pelayanan terbaik dari semua aspek.

Mulai dari respon penjual yang cepat, baik ketika pelanggan bertanya tentang suatu produk yang dijual maupun mengajukan keluhan, hingga menghadapi pelanggan yang sudah mengkonfirmasi pembelian tetapi tidak melakukan pembayaran, atau yang disebut dengan hit and run.

Sebab, salah satu tolok ukur baik atau bagus tidaknya sebuah bisnis online adalah dilihat dari pelayanan yang diberikan. Sehingga, jika hal-hal di atas kamu lakukan dengan baik, maka tidak hanya bisnis online mu saja yang dapat berkembang pesat, tetapi kamu juga bisa mendapatkan pelanggan setia.

5. Membuat website resmi

Membuat website resmi - 9 Cara Mengembangkan Bisnis Online yang Wajib Dilakukan Pebisnis

Cara mengembangkan bisnis online yang kelima adalah membuat website resmi. Di kondisi tertentu, keberadaan website resmi sangat penting dan dibutuhkan untuk meningkatkan kepercayaan pembeli terhadap bisnis online mu.

Karena, calon pelanggan akan menilai bahwa suatu bisnis online yang sudah memiliki website resmi, biasanya adalah bisnis online yang sudah terpercaya. Selain itu, dengan adanya website resmi, calon pelanggan juga akan semakin dimudahkan dalam mencari informasi maupun memesan produk.

Jika kamu belum memiliki website resmi dan baru ingin membuatnya, langkah pertama yang harus kamu persiapkan adalah domain dan hosting. Untuk domain sendiri, pada tahap awal kamu bisa mencari yang harganya tidak terlalu mahal dan sesuai dengan budget.

6. Membuat navigasi situs

Membuat navigasi situs - 9 Cara Mengembangkan Bisnis Online yang Wajib Dilakukan Pebisnis

Membuat navigasi situs menjadi cara mengembangkan bisnis online kenam yang harus kamu lakukan. Di mana, navigasi situs sendiri merupakan kunci utama dalam meningkatkan konversi e-commerce atau bisnis online mu.

Navigasi situs sendiri berguna untuk memudahkan pengunjung, dalam menemukan produk yang dicari dan diinginkan. Dengan begitu, situs bisnis online harus menyediakan beberapa pilihan atau opsi yang relevan sesuai dengan merek atau kategori produk tertentu. Opsi tersebut diberikan berdasarkan riwayat kunjungan pelanggan dan demografi dari masing-masing pelanggan.

7. Memberikan homepage yang telah dipersonalisasi

Memberikan homepage yang telah dipersonalisasi - 9 Cara Mengembangkan Bisnis Online yang Wajib Dilakukan Pebisnis

Cara mengembangkan bisnis online berikutnya adalah memberikan homepage yang telah dipersonalisasi. Yang mana, homepage ini dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dalam berbelanja melalui website bisnis online mu.

Kamu bisa memperbarui tampilan website tersebut dengan menyesuaikannya ke setiap pelanggan. Seperti misalnya, kamu memberikan tampilan yang berisi perkiraan perubahan cuaca yang sesuai dengan lokasi atau area masing-masing pelanggan.

8. Membuat blog

Membuat blog - 9 Cara Mengembangkan Bisnis Online yang Wajib Dilakukan Pebisnis

Selain membuat website resmi, kamu juga harus membuat blog sendiri. Cara mengembangkan bisnis online yang satu ini sangat bermanfaat dalam mengoptimalkan target pasar mu. Pasalnya, kamu secara tidak langsung bisa “bergaul” dengan target pasar.

Namun untuk bisa mengoptimalkan target pasar, kamu harus menghubungkan blog dengan website resmi. Selain itu, pastikan juga bahwa konten tulisan dari blog mu sesuai dan berhubungan dengan bisnis online yang kamu tekuni dan sejenisnya, agar traffic yang didapatkan tinggi.

9. Email Marketing

Email Marketing - 9 Cara Mengembangkan Bisnis Online yang Wajib Dilakukan Pebisnis

Cara mengembangkan bisnis online yang terakhir adalah menggunakan email marketing. Meski terkesan ketinggalan zaman, namun cara ini sangat efektif untuk mengembangkan bisnis online dan tidak membutuhkan biaya besar.

Sebab, kamu hanya perlu membuat ajakan yang kuat agar pelanggan tertarik untuk mendaftar ke newsletter bisnis online mu. Kamu bisa memberikan beberapa alasan dan penawaran menarik, agar pelanggan mau untuk memberikan alamat email miliknya.

Beberapa contoh penawaran menarik yang bisa kamu tawarkan, di antaranya seperti akses untuk mendapatkan konten eksklusif, mendapatkan hadiah berupa produk unggulan, pengujian produk dan penawaran lainnya yang dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.

Namun, ketika pelanggan sudah memberikan email pribadinya untuk newsletter, pastikan kamu kamu meminta izin terlebih dahulu melalui notifikasi pada website atau email untuk menghubungi pelanggan tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online

Jika di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui sembilan cara mengembangkan bisnis online, maka di pembahasan kali ini kamu akan mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan dari bisnis online.

Untuk itu, di bawah ini CekAja.com telah merangkum beberapa kelebihan dan kekurangan bisnis online, dan akan menguraikannya satu-persatu sesuai sub pembahasannya masing-masing. Yuk, simak bersama-sama.

Kelebihan Bisnis Online
  • Umumnya tidak membutuhkan modal besar
  • Memiliki jangkauan pasar yang lebih luas
  • Dapat membuat akun di banyak media sosial secara gratis
  • Dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja
  • Kegiatan transaksi dapat dilakukan secara cepat dan praktis
  • Dan lain sebagainya.
Kekurangan Bisnis Online
  • Barang yang datang tidak sesuai dengan gambar yang dicantumkan
  • Memiliki kemungkinan besar terjadinya barang rusak
  • Tidak bisa mencoba barang yang akan dibeli
  • Ukuran barang yang datang tidak sesuai dengan ukuran yang dicantumkan di media sosial atau website
  • Rentan terkena penipuan
  • Memiliki risiko barang yang dikirim untuk pelanggan hilang di layanan jasa ekspedisi
  • Membutuhkan ongkos kirim dan biasanya cenderung mahal
  • Dan lain sebagainya.
(Baca Juga: Peluang Usaha Online yang Menguntungkan)
Jenis-jenis Bisnis Online yang sedang Laris

Setelah mengetahui cara mengembangkan bisnis online beserta kelebihan dan kekurangannya, kamu mungkin langsung tertarik untuk ikut menjajal bisnis online. Sebagai pemula, ada baiknya kamu memilih jenis bisnis online dengan risiko kerugian yang kecil, seperti:

  • Bisnis makanan ringan, seperti kue kering atau aneka ragam
  • Bisnis aksesoris pria dan wanita
  • Bisnis kaos pre-order
  • Menjadi dropshipper
  • Bisnis jasa titip beli
  • Bisnis laundry sepatu
  • Bisnis jasa fotografi dan videografi
  • Dan lain sebagainya.

Semua ide bisnis di atas, bisa kamu coba sebagai peluang bisnis online yang akan kamu tekuni. Tetapi, untuk bisa menjalankan semua bisnis tersebut kamu memerlukan modal yang tidak sedikit.

Maka dari itu, kamu perlu memiliki persediaan uang lebih untuk digunakan sebagai modal bisnis. Namun, apabila dana yang kamu miliki saat ini belum mencukupi, jangan khawatir. Kamu bisa mengajukan pinjaman dana tunai (KTA) dengan mudah, cepat dan aman di CekAja.com.

Pasalnya, sebagai perusahaan financial terchnology, CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, buat kamu yang ingin memulai bisnis online tunggu apalagi? Yuk, ajukan KTA sekarang!

Tentang Penulis