9 Daftar Harga Organ Tubuh Manusia yang Paling Banyak Diperjualbelikan di Pasar Gelap

6 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Bagi sebagian orang, mengetahui tentang daftar harga organ tubuh manusia mungkin merupakan suatu hal yang mengerikan.

Akan tetapi, faktanya tak jarang orang-orang justru melakukan ini demi mengeluarkan mereka dari jeratan permasalahan finansial yang menghantui.

Pernahkah kamu melihat atau mendengar berita tentang orang yang rela menjual ginjalnya hanya untuk membeli iPhone?

Atau bahkan berita orang-orang hilang yang ditemukan sudah tidak memiliki organ tubuh? Pasalnya, organ tubuh manusia memang dibanderol dengan harga yang lumayan fantastis.

(Baca Juga: 6 Penyakit dengan Biaya Pengobatan Termahal)

Apalagi jika melalui jalur resmi yang menjadi salah satu kebutuhan medis, daftar harga organ tubuh manusia bisa sampai selangit.

Maka dari itu, tak heran pula apabila transplantasi organ tubuh di bagian tertentu pun biasanya hanya bisa dilakukan oleh orang-orang berduit saja.

Karenanya, membeli organ tubuh di pasar gelap seringkali menjadi salah satu pilihan. Sebab, walaupun harganya juga mahal, namun tentu tidak semahal apabila membeli nya melalui jalur resmi.

Daftar Harga Organ Tubuh Manusia

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa daftar harga organ tubuh manusia yang biasa kamu temukan di pasar gelap, yaitu adalah:

1. Paru-paru (Rp4,2 Miliar)

Paru-paru berhasil masuk ke dalam urutan pertama sebagai salah satu daftar harga organ tubuh manusia yang paling mahal.

Hal tersebut dikarenakan fungsinya yang sangat crucial bagi tubuh, yaitu sebagai alat pernapasan manusia.

Apabila sudah rusak, maka dapat dipastikan organ tubuh satu ini akan sangat sulit untuk disembuhkan.

Dan satu-satunya cara untuk menyembuhkannya yaitu dengan melakukan transplantasi paru-paru baru, yang tentunya biaya pengobatannya dibanderol dengan harga fantastis.

Dilansir dari IDN Times yang mengutip dari havocscope.com, pasar gelap di Eropa menawarkan sepasang paru-paru manusia dengan harga yang mencapai Rp4,2 miliar!

Jadi, khususnya bagi kamu yang gemar merokok atau vape, yuk mulai berhenti dari sekarang. Sebelum kamu harus mengeluarkan biaya besar untuk berobat.

2. Ginjal (Rp2,7 Miliar)

Daftar harga organ tubuh manusia selanjutnya adalah ginjal yang dibanderol dengan harga mencapai Rp2,7 miliar.

Ternyata, di balik harganya yang begitu fantastis, ginjal juga merupakan salah satu organ tubuh yang paling banyak dicari di pasar gelap lho.

Malah faktanya, sekitar 75 persen transaksi jual-beli yang dilakukan di pasar gelap merupakan penjualan ginjal.

Hal inilah yang membuat salah satu dari daftar harga organ tubuh manusia ini juga dibanderol dengan harga yang sangat mahal, baik secara resmi maupun ilegal.

Memiliki harga lebih dari Rp2 miliar, tentu hanya orang-orang berduit saja yang bisa membelinya.

Akan tetapi, jika kamu membelinya di pasar gelap, harganya bisa sangat turun drastis lho. Contohnya seperti di Tiongkok dan India yang menjual sebuah ginjal berkisar antara Rp203 juta hingga Rp840 juta.

Hanya saja yang membuatnya semakin miris adalah, justru pendonor dari organ tubuh tersebut hanya mendapatkan uang sebesar Rp50 – 60 juta saja.

Jadi, jangan pernah sekali-kali berpikir untuk menjual ginjal hanya untuk membeli sebuah iphone yang harganya gak seberapa.

3. Hati (Rp2,1 Miliar)

Faktanya, penyakit yang berhubungan dengan hati telah menjangkit lebih dari 31 ribu orang Amerika Serikat setiap tahunnya.

Ditambah lagi, organ tubuh satu ini juga cenderung sulit untuk didapat. Bahkan, banyak orang yang belum sempat mendapatkannya pada akhirnya harus meninggal dunia.

Dikarenakan hal itulah, tak heran apabila hati juga termasuk ke dalam salah satu daftar harga organ tubuh manusia yang cukup mahal.

Tak hanya itu, biaya transplantasi hati pun juga masuk ke dalam jajaran biaya pengobatan paling mahal lho.

Di pasar gelap, organ hati bisa kamu dapatkan dengan harga Rp2,1 miliar, yang mana harga tersebut sebenarnya sudah termasuk murah. Wah, dengan uang segitu kamu sudah bisa beli 1 buah rumah!

4. Jantung (Rp1,6 Miliar)

Daftar harga organ tubuh manusia selanjutnya adalah jantung. Jika melalui jalur resmi, organ tubuh satu ini bisa kamu dapatkan dengan harga mencapai Rp13 miliar.

Belum lagi ditambah dengan biaya operasinya yang bisa lebih dari Rp2 miliar. Apabila digabungkan, entah sudah berapa banyak uang yang harus kamu keluarkan.

Nah, jika kamu membelinya di pasar gelap melalui jalur ilegal, organ tubuh jantung justru bisa kamu dapatkan hanya dengan harga Rp1,6 miliar.

Meskipun harga tersebut masih tetap termasuk mahal dan kamu tetap bisa membeli satu buah mobil mewah dengan uang segitu.

5. Kornea (Rp327 Juta)

Untuk indra penglihatan, kornea memiliki peran yang sangat penting. Karenanya, apabila terjadi suatu kerusakan pada kornea tersebut, maka besar kemungkinannya dapat menyebabkan kebutaan.

Bagaimanapun juga, setiap orang pasti ingin agar dapat melihat dunia kembali, sehingga tak jarang pun orang yang rela mengeluarkan uang dalam jumlah besar agar bisa mengembalikan penglihatannya.

Dilansir dari IDN Times yang mengutip dari ranker.com, di pasar gelap, salah satu dari daftar harga organ tubuh manusia ini bisa kamu dapatkan dengan harga mencapai Rp327 juta, yang juga sudah termasuk biaya operasinya.

Lantas, apa yang membuatnya mahal? Hal tersebut dikarenakan kornea merupakan organ yang tidak mampu bertahan lama setelah pendonor memberikannya, yaitu 8-12 jam saja.

6. Sumsum Tulang (Rp312 Juta)

Daftar harga organ tubuh manusia selanjutnya adalah sumsum tulang, yang mana fungsi utamanya adalah untuk transmisi pemasukan rangsangan antara periferi dan otak sekaligus untuk mengontrol gerakan refleks, termasuk gerakan reflek pada mata, hidung, dan lain-lain.

Ketika kamu mendonasikannya, maka tidak akan memberikan efek yang berarti terhadap tubuh.

Dan apabila proses pengambilan berjalan dengan lancar, maka ada kemungkinan kamu tidak akan merasakan sakit yang terlalu besar.

Jika kamu tengah membutuhkan uang dalam waktu cepat, mendonasikan segram sumsum bisa dijadikan sebagai pilihan.

Sebab, di pasar gelap saja, sumsum tulang ini bisa memberikanmu uang sebesar Rp312 juta lho.

Namun sayangnya, saat ini kamu hanya diperbolehkan mendonorkan saja, tetapi bukan untuk dijual.

7. Sel Telur (Rp168 Juta)

Khususnya di Amerika Serikat, memperjual-belikan sel telur seakan-akan sudah merupakan suatu hal yang lumrah terjadi.

Hanya saja, harga yang ditawarkan pun juga sangatlah mahal, apalagi jika melalui jalur resmi. Akan tetapi di pasar gelap, justru bisa sebaliknya.

Sel telur untuk melakukan proses bayi tabung bisa kamu dapatkan seharga Rp168 juta di pasar gelap.

8. Usus Halus (Rp34 Juta)

Usus halus merupakan salah satu jenis organ yang cukup langka dengan proses operasi yang juga cukup rumit. Padahal, organ satu ini juga memiliki peran penting dalam menyelamatkan nyawa seseorang.

Biasanya, prosedur yang dilakukan adalah dengan mengambil sebagian dari usus halus dan menggantikannya dengan usus halus yang baru.

Di pasar gelap, harga usus halus hanya dibanderol seharga Rp34 juta saja. Berbeda dengan melalui jalur resmi yang bisa memakan biaya mencapai Rp20 miliar, yang belum termasuk dengan biaya rumah sakit dan operasinya.

9. Darah (Rp4 Juta)

Daftar harga organ tubuh manusia yang terakhir adalah darah, yang memang paling sering didonorkan.

Di Indonesia itu sendiri, 1 kantong darah berisi 500 ml dibanderol dengan harga Rp400 ribu sampai dengan Rp1 juta. Akan tetapi, di Amerika Serikat, satu kantong darah justru bisa mencapai Rp4 juta.

Karenanya, tak jarang darah juga merupakan salah satu daftar harga organ tubuh manusia yang sering diperjualbelikan, terutama secara ilegal.

Jadi, itulah beberapa daftar harga organ tubuh manusia yang paling banyak diperjualbelikan di pasar gelap.

Walaupun banyak yang dibanderol dengan harga fantastis, bukan berarti menjual organ tubuh menjadi salah satu cara untuk mendapatkan uang atau membawamu keluar dari jeratan permasalahan finansial.

Sebaliknya, organ tubuh merupakan satu-satunya yang harus dijaga dengan baik. Sebab, apabila tidak kamu jaga, biaya yang harus kamu keluarkan bisa menjadi sangat besar.

(Baca Juga: 4 Hal yang Bisa Memicu Penyakit Paru-paru)

Nah, daripada mengorbankan organ tubuh untuk mendapatkan uang, ajukan saja KTA di CekAja.com.

Tanpa perlu mengorbankan apapun, termasuk harta dan benda, kamu bisa mendapatkan sejumlah dana yang dibutuhkan.

Bahkan dengan tenor dan jumlah cicilan yang juga dapat disesuaikan dengan kemampuan lho.

Dengan seluruh proses pengajuan yang dapat dilakukan secara online, tentunya kamu tidak perlu repot lagi untuk meluangkan waktu ke luar rumah, bukan?

Jadi, tunggu apa lagi? Segera ajukan KTA segera di CekAja.com sebagai solusi berbagai permasalahan finansial.

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha