9 Fakta Takumi Minamino, Samurai Anyar Liverpool

4 min. membaca Oleh Gentur Putro Jati on

Liverpool FC, klub pemimpin klasemen sementara Liga Inggris mengumumkan secara resmi transfer Takumi Minamino dari Red Bull Salzburg di jendela transfer tengah musim, Kamis (19/12).

Laman Liverpoolfc.com menyatakan penyerang tim nasional Jepang ini akan menjadi pemain The Reds mulai 1 Januari 2020. Setelah ia menyelesaikan beberapa persyaratan dan lulus tes medis di Merseyside.

“Sudah menjadi impian saya untuk menjadi pemain Liverpool. Saya sangat senang saat itu menjadi kenyataan,” ujar Minamino usai menandatangani kontrak dengan klub.

Ia menambahkan, bermain di Liga Primer adalah target pribadinya karena liga Inggris merupakan liga kelas atas di dunia.

Minamino sendiri telah menghadapi Liverpool dua kali musim ini bersama Salzburg di pertandingan grup Liga Champions. Pemain berusia 24 tahun itu bahkan mencetak gol bagi klub Austria itu dalam pertandingan di Anfield pada bulan Oktober. Hingga klubnya mampu bangkit dari ketinggalan tiga gol untuk menyamakan kedudukan 3-3 sebelum Mohamed Salah mencetak gol kemenangan.

10 Desember lalu, Minamino menyelesaikan 90 menit pertandingan di kandang Salzburg yang dimenangkan Liverpool 2-0, sehingga mengamankan satu tempat di 16 besar Liga Champions.

“Dari pertandingan itu saya belajar bahwa tim ini memiliki teknik dan intensitas tingkat tinggi. Target saya adalah memenangkan Liga Premier dan Liga Champions, dan memberikan kontribusi yang baik bagi tim,” tegasnya.

Secara total, Minamino membuat 199 penampilan dan 64 gol untuk Die Mozartstädter usai bergabung dari Cerezo Osaka pada Januari 2015. Sementara bagi tim nasional Jepang, ia telah mendapatkan 22 caps dan mencetak 11 gol sejak melakukan debutnya pada Oktober 2015.

9 Fakta Minamino

Kabar telah bergabungnya secara resmi Minamino ke Liverpool, membuat fans klub tersebut semakin optimistis bisa merebut juara Liga Inggris musim ini. Gelar yang terakhir kali direbut Liverpool 29 tahun lalu.

Buat kamu yang belum kenal Minamino, berikut sembilan fakta pemain yang ditebus Liverpool dengan mahar cuma 7,25 juta poundsterling, dikutip dari 90min.com:

  • Penerus Shinji Kagawa

Minamino memiliki akar yang sama dalam urusan sepak bola Jepang dengan Shinji Kagawa, pesepakbola Jepang yang lebih dulu berkembang di bawah asuhan Juergen Klopp, pelatih Liverpool saat ini ketika masih menangani Borussia Dortmund.

(Baca juga: 5 Stadion Sepakbola Termahal di Eropa)

Keduanya melakukan debut profesional mereka bersama Cerezo Osaka, dengan Minamino bermain 85 pertandingan di semua kompetisi untuk klub sebelum pindah ke Eropa. Untuk ukuran tim yang inkonsisten, Minamino mampu membawa Cerezo Osaka finis keempat di Liga J1.

  • Gahar di depan gawang

Meskipun peran utamanya adalah sebagai creator serangan, Minamino terbukti mampu mencetak gol di timnas maupun klub-klub yang membesarkan namanya.

Setiap musim, ia tidak pernah mencetak kurang dari 11 gol bagi klubnya. Sampai tengah musim 2019/20 ini, ia bahkan sudah mencetak 9 gol bagi Salzburg. Tidak hanya itu, Minamino berkontribusi bagi terciptanya 11 gol pemain Salzburg lain dengan umpan manisnya. Jumlah assist tersebut lebih baik dibandingkan dua musim sebelumnya, di mana ia mengirimkan masing-masing 10 operan matang.

  • Starter timnas Jepang

Minamino melakoni debut internasional seniornya untuk Jepang di tahun 2015 pada usia 20 tahun. Ia juga tampil di Piala Dunia tahun lalu, dan bersama rekan-rekannya berhasil menyajikan permainan yang menarik sebelum disingkirkan Belgia.

Setelah turnamen itu, Minamino dipanggil secara teratur oleh negaranya untuk memperkuat tim nasional. Di Piala Asia 2019, Minamino membawa Jepang sebagai runner-up setelah Qatar. Dalam lima pertandingan internasional yang dilakoni Jepang, ia mencetak 6 gol. Di mana 4 diantaranya adalah dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022.

  • Bikin Klopp jatuh hati

Minamino mampu menghipnotis Juergen Klopp hanya dalam dua kali pertemuan Liverpool dengan Salzburg di Liga Champions musim ini. Minamino selalu tampil menonjol, terutama untuk penampilannya di pertandingan yang berkesudahan 4-3 untuk kemenangan Liverpool di Anfield.

Media Inggris menyebut Klopp tampak ‘senang’ melihat Minamino beraksi selama pertandingan. Pelatih asal Jerman itu bahkan mengeluarkan ekspresi kagum usai melihat cara Minamino melesakkan gol tendangan voli indah ke gawang klubnya sendiri.

  • Bisa dimainkan di Liga Champions

Meskipun sudah bermain dua kali melawan Liverpool di babak penyisihan grup Liga Champions musim ini, Minamino tetap bisa diturunkan Klopp di babak 16 besar dan seterusnya. UEFA telah mengubah aturan yang melarang seorang pemain yang pernah membela suatu klub untuk bermain bagi klub lain di babak selanjutnya.

  • Investasi menguntungkan

Dengan menebus klausul pembelian sang pemain dari Salzburg cuma 7,25 juta poundsterling, Minamino jelas investasi yang menguntungkan bagi manajemen Liverpool. Sebab di pasaran, pemain dengan kualitas sepertinya bernilai lebih dari 20 juta poundsterling.

  • Pemain serba bisa

Secara tradisional, Minamino merupakan pemain sayap kanan. Namun sepanjang musim ini, ia juga bermain dari kiri, sebagai ‘nomor 10’, dan sebagai penyerang tengah yang sangat efektif bagi Salzburg.

(Baca juga: 5 Klub Sepakbola dengan Angka Penjualan Jersey Terbesar di Dunia)

Fleksibilitas semacam itu merupakan nilai tambah yang besar bagi klub seperti Liverpool yang mengandalkan serangan dari segala sisi pertahanan lawan.

  • Familiar dengan Naby Keita

Minamino melewatkan kesempatan bermain dengan Sadio Mane, penyerang subur Liverpool yang sempat bermain di Salzburg sebelum dirinya bergabung. Namun, ia pernah menghabiskan 18 bulan di Salzburg bersama Naby Keita sebelum gelandang serang Guinea itu pindah ke RB Leipzig, dan kini berlabuh juga di Liverpool.

Selama satu-satunya musim penuh mereka bersama, Minamino dan Keita berhasil membukukan 27 gol dan 13 assist di antara mereka.

  • Nomor 18

Dengan asumsi transfer berjalan tanpa hambatan, Minamino dipastikan bakal mengenakan kaos bernomor 18. Beberapa pemain terkenal Liverpool yang pernah memakai nomor tersebut adalah Dirk Kuyt, John Arne Riise dan Michael Owen.

Nomor ini juga dipakainya selama membela Salzburg. Dia juga memakainya untuk Jepang di masa lalu, meskipun nomor internasional utamanya saat ini adalah 9.

Tentang kami

Gentur Putro Jati

Gentur Putro Jati