9 Festival Paling Unik di Dunia yang Sayang untuk dilewatkan

7 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Jika kamu senang berwisata dengan pengalaman yang berbeda, maka festival paling unik di dunia yang akan kita bahas kali ini perlu diketahui.

Umumnya, festival itu sendiri memang biasa diselenggarakan untuk memperingati suatu peristiwa, mulai dari hal-hal yang berhubungan dengan ras, suku, dan budaya.

Sehingga, tak heran apabila banyak sekali festival-festival unik yang terjadi di seluruh dunia dengan ciri khasnya yang berbeda-beda.

Walaupun saat ini dunia sudah semakin modern, bukan berarti tradisi bisa dilupakan begitu saja. Bahkan, cukup banyak juga lho festival justru diselenggarakan dengan tujuan melestarikan budaya dan tradisi yang sudah turun temurun.

(Baca Juga: Tradisi Tahun Baru Islam di Indonesia)

Kenyataannya, tidak hanya di Indonesia saja yang memiliki festival unik, tetapi di berbagai penjuru dunia pun juga ada.

Jika kamu merupakan salah satu yang gemar traveling, mengunjungi festival paling unik di dunia ini bisa dijadikan sebagai daya tarik tersendiri.

Lantas, apa saja sih festival paling unik di dunia yang bahkan masih ada hingga saat ini? Yuk kita simak bersama-sama.

Festival Paling Unik di Dunia

Dilansir dari berbagai sumber, berikut sejumlah festival paling unik di dunia yang sangat sayang jika kamu lewatkan, yaitu adalah:

1. Festival Yi Peng – Thailand

Festival paling unik di dunia yang pertama akan kita bahas berasal dari Thailand, yang diberi nama festival Yi Peng.

“Yi” berarti dua dan”Peng” berarti penuh bari bulan. Sehingga, festival Yi Peng itu sendiri merupakan sebuah festival yang diselenggarakan di bulan purnama ke 12 setiap tahunnya, atau yang biasa jatuh di pertengahan bulan November, menurut kalender bulan Thailand.

Selain menjadi salah satu festival paling unik di dunia, festival ini juga dinobatkan sebagai festival paling indah di dunia lho.

Dimana, seluruh masyarakat lokal maupun wisatawan akan menerbangkan ratusan hingga ribuan lentera atau yang disebut sebagai khom loy, ke atas langit, sehingga akan membuat pemandangan kota Chiang Mai menjadi begitu indah yang disertai dengan ribuan cahaya dari lentera layaknya seperti bintang.

2. Festival Holi – India

Festival paling unik di dunia selanjutnya berasal dari negara India, yang memang dikenal sangat kaya akan keberadaan festival-festival unik nan menarik yang ada.

Festival Holi seringkali dihubungkan dengan perayaan keagamaan oleh masyarakat lokalnya itu sendiri.

Sebab, selain bertujuan untuk menyambutnya datangnya musim semi di negara tersebut, festival Holi juga diadakan untuk menghormati para dewa serta mengharapkan hasil panen yang berlimpah dan tanah yang subur.

Sering disebut juga sebagai Festival of Colours, perayaan yang diadakan setiap tanggal 13 Maret ini juga turut melibatkan banyak warna.

Sebab, masyarakat lokal akan saling mewarnai tubuh satu sama lain dengan menggunakan bubuk pewarna, boleh itu menggunakan baskom, semprotan air, atau media lainnya yang tentu tidak akan membahayakan.

Festival akan diawali dengan menyalakan api unggun Holika, dimana masyarakat juga akan berkumpul dan bernyanyi dan menari bersama. Sungguh festival yang penuh dengan keceriaan.

3. Festival Dia De Los Muertos – Meksiko

Jika kamu pernah nonton film besutan Disney berjudul Coco, maka kamu juga akan familiar dengan salah satu festival di Meksiko ini.

Diadakan setiap tanggal 1 dan 2 November, festival ini diselenggarakan dengan bertujuan untuk memperingati orang-orang yang telah meninggal dunia.

Di dalam perayaan ini, seluruh kota yang ada di negara Meksiko akan dihiasi dengan berbagai dekorasi menarik.

Tak hanya itu, penduduk juga akan tampil mengenakan kostum layaknya Halloween sembari berjalan mengelilingi kota.

Jika kamu tengah berwisata ke Meksiko di tanggal tersebut, maka jangan heran apabila melihat tengkorak atau hantu-hantu keren yang berkeliaran di pinggir jalan.

4. Festival Cheese Rolling – Inggris

Setiap tahunnya di akhir bulan Mei, para orang dewasa di Inggris akan berkumpul di desa Brockworth untuk berlomba untuk mengejar 9 pon roda keju Gloucester menuruni bukit.

Walaupun sebelum penyelenggaraan seluruh wilayah tempat perlombaan telah diamankan, seperti adanya pagar dan tanaman liar, perlombaan ini sebenarnya masih tergolong cukup berbahaya untuk diikuti.

Bahkan selama bertahun-tahun, telah terhitung sudah cukup banyak peserta yang mengalami luka-luka akibat mengikuti perlombaan ini.

Meski begitu, festival Cheese Rolling seakan sudah menjadi tradisi dari masyarakat lokal Inggris dan tentunya menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan yang tengah berkunjung.

Akan tetapi, tujuan dari diadakannya salah satu festival paling unik di dunia ini belum diketahhui.

Namun, teori yang paling populer adalah, festival Cheese Rolling diadakan untuk merayakan berakhirnya musim dingin dan tumbuhnya berbagai tanaman baru di desa Inggris. Unik banget ya!

5. Festival La Tomatina – Spanyol

Festival paling unik di dunia selanjutnya adalah festival La Tomatina yang berasal dari Spanyol, lebih tepatnya di kota Bunol.

Sesuai dengan namanya, festival yang diadakan setiap hari Rabu terakhir di Bulan Agustus setiap tahunnya ini akan melibatkan ribuan masyarakat yang melakukan perang tomat di tengah kota.

Karena mengikutsertakan begitu banyak pihak, festival ini bahkan juga turut dinobatkan sebagai perang makanan terbesar di dunia.

Festival akan diawali pada pukul 11 siang ketika truk pembawa tomat datang dan disambut dengan tembakan dari water cannon.

Berlangsung selama 1 jam, festival pun juga akan berakhir ketika sudah tidak ada lagi tomat yang tersisa untuk dilemparkan.

Setelah itu, panitia penyelenggara akan menembakan air yang berasal dari pemadam kebakaran untuk membersihkan sisa-sisa tomat yang berserakan di penjuru kota.

Bukan hanya sekedar perang tomat, festival La Tomatina juga memiliki sejumlah peraturan yang harus diikuti oleh para peserta, di antaranya seperti tidak boleh membawa botol atau benda padat yang dapat melukai orang lain, dilarang melucuti pakaian orang lain, tomat yang harus dilempar juga harus diremas terlebih dahulu, dan masih banyak lagi. Akan tetapi, tujuan dari diadakannya festival ini belum diketahui secara pasti.

6. Festival Songkran – Thailand

Kembali ke negara Thailand, satu lagi festival unik yang berasal dari negara ini adalah festival Songkran, yang merupakan bentuk dari perayaan tahun baru di Thailand.

Bagi kamu yang memiliki rencana untuk berlibur ke Thailand setelah pandemi berakhir, maka perlu diingat bahwa perayaan ini diselenggarakan setiap tanggal 13-15 April setiap tahunnya.

Selama tiga hari itu, Thailand akan ramai dengan berbagai kegiatan yang diadakan oleh warga setempat, namun yang paling populer yaitu adanya perang air yang melibatkan seluruh masyarakat hingga wisatawan.

Salah satu festival paling unik di dunia ini dilatarbelakangi atas kepercayaan warga untuk menghilangkan nasib buruk di tahun mendatang.

7. Festival Monkey Buffet – Thailand

Festival untuk manusia, mungkin sudah biasa. Namun, apa jadinya kita ada sebuah festival yang didedikasikan untuk hewan, lebih tepatnya monyet? Tentunya tidak biasa, bukan?

Di thailand, terdapat sebuah festival bernama Monkey Buffet yang diadakan setiap hari Minggu terakhir di bulan November.

Melibatkan kurang lebih 2 ribu – 3 ribu populasi monyet lokal di Provinsi Lopburi, Bangkok Utara, di saat perayaannya, monyet-monyet ini akan disajikan dengan 4 ribu kilogram makanan, seperti buah-buahan, sayuran, kue, dan permen, untuk bisa mereka nikmati.

Setelah itu, para anak-anak muda setempat juga akan berpakaian seperti monyet dan menampilkan tarian yang unik dan menarik.

Festival Monkey Buffet pertama kali diselenggarakan pada tahun 1989 oleh seorang pebisnis lokal yang ingin menciptakan cara yang unik untuk bisa menarik minat wisatawan agar mau berlibur di Lopburi.

Dan ternyata, salah satu festival paling unik di dunia ini memang benar-benar berhasil. Sebab, hingga saat ini banyak wisatawan yang ingin berkunjung ke Lopburi untuk menyaksikan festival Monkey Buffet.

8. Jember Fashion Carnival – Indonesia

Setelah membahas tentang berbagai festival unik dari berbagai negara, sekarang saatnya kita membahas festival yang berasal dari Tanah Air tercinta.

Nyatanya, di Indonesia juga terdapat festival paling unik di dunia, yang dikenal sebagai Jember Fashion Carnival.

Sesuai dengan namanya, festival ini diadakan di kota Jember, Jawa Timur, yang mana juga diselenggarakan selama 1 minggu, dengan menampilkan para model yang mengenakan kostum dari berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Turut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara, festival yang diadakan pada pertengahan tahun ini seakan juga bertujuan untuk memperkenalkan keragaman yang dimiliki oleh Indonesia ke masyarakat secara luas.

9. Festival Lumpur – Korea Selatan

Diselenggarakan pada bulan Juli setiap tahunnya di Desa Boryeong, Korea Selatan, salah satu festival paling unik di dunia ini sesungguhnya tidak memiliki nilai histori apapun.

Sebab, festival lumpur pada awalnya hanyalah sebuah strategi marketing yang diciptakan oleh sebuah perusahaan kosmetik untuk memperkenalkan Boryeong mud atau lumpur Boryeong.

Karena, lumpur dari Boryeong ini dianggap memiliki kandungan mineral yang tinggi, sehingga seringkali digunakan untuk menjadi bahan di dalam produk kecantikan.

Meski begitu, pada kenyataannya, festival lumpur ini justru menjadi event tahunan yang berhasil menarik minat para wisatawan dan masyarakat lokal.

Beberapa kegiatan yang bisa kamu temukan di festival lumpur Boryeong adalah seperti mandi lumpur, berselancar di lumpur, ski, dan masih banyak lagi.

(Baca Juga: Kesenian Tradisional Nusa Tenggara Timur)

Jadi, itulah beberapa festival paling unik di dunia yang bisa kamu memberikanmu pengalaman berbeda ketika berlibur.

Walaupun saat ini kita terpaksa harus menahan diri untuk berlibur karena pandemi yang masih mewabah, bukan berarti kita tidak boleh mempersiapkan liburan dari sekarang, bukan?

Nah, salah satu persiapan liburan yang tidak boleh kamu lupakan adalah, dengan memiliki kartu kredit terbaik.

Sebab, hadirnya kartu kredit justru akan mempermudahmu dalam melakukan transaksi di berbagai negara yang menjadi tujuan kamu untuk berlibur.

Bahkan, transaksi kamu justru bisa lebih hemat lho dibandingkan menggunakan uang tunai, karena banyaknya promo dan diskon menarik yang ditawarkan oleh kartu kredit tersebut.

Belum punya kartu kredit? Jangan khawatir! Segera bandingkan dan ajukan saja di CekAja.com.

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha