9 Ide Perayaan Natal di Tengah Pandemi yang Seru dan Menyenangkan

Sekarang, kita sudah memasuki awal bulan Desember, yang berarti, Hari Natal akan tiba hanya dalam waktu hitungan minggu. Kira-kira, ide perayaan natal di tengah pandemi seperti apa yang akan kamu persiapkan?

Memang tak dapat dipungkiri, bahwa perayaan Natal tahun ini akan sedikit berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Melihat bahwa sudah hampir 1 tahun dunia dilanda oleh virus Corona Covid-19 yang belum terlihat titik terangnya, membuat sebagian besar masyarakat belum bisa melakukan aktivitas secara normal, seperti lebih banyak menghabiskan waktu di rumah serta mengurangi pertemuan tatap muka dengan banyak orang.

(Baca Juga: 14 Tradisi Natal di Berbagai Negara)

Nah, hal ini nyatanya juga turut mempengaruhi perayaan Natal tahun ini. Bagi kamu yang terbiasa merayakan Natal dengan mengadakan pesta bersama sahabat atau berkumpul bersama keluarga besar, sepertinya tahun ini akan sedikit berbeda.

Maka dari itu, untuk memberikan inspirasi, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa ide perayaan Natal di tengah pandemi yang bisa kamu lakukan. Penasaran apa sajakah itu? Yuk kita simak bersama!

Ide Perayaan Natal di Tengah Pandemi

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa ide perayaan Natal di tengah pandemi yang bisa kamu lakukan, yaitu adalah:

1. Percantik Rumah dengan Dekorasi Natal

Ide perayaan Natal di tengah pandemi yang pertama bisa kamu lakukan adalah dengan mempercantik rumah dengan dekorasi-dekorasi Natal yang menyegarkan.

Memang tak dapat dipungkiri bahwa salah satu hal yang membuat perayaan Natal menjadi sangat menyenangkan adalah dekorasinya.

Walaupun tahun ini kamu belum bisa membuat pesat bersama sahabat dan keluarga besar, tampilan rumah tetap harus dipercantik, guna menciptakan suasana Natal yang lebih spesial.

Carilah referensi dekorasi melalui internet dan cobalah untuk belanja seluruh kebutuhan melalui e-commerce favorite.

Agar lebih murah dan hemat, kamu bisa menikmati segudang promo dan diskon menarik yang ditawarkan oleh kartu kredit.

Setelah itu, ajaklah seluruh anggota keluarga untuk mendekorasi setiap sudut rumah sesuai dengan konsep yang sudah ditentukan.

2. Membuat Hidangan Spesial Bersama

Ide perayaan Natal di tengah pademi selanjutnya adalah dengan membuat hidangan spesial. Setelah rumah dipenuhi oleh dekorasi-dekorasi menyegarkan, maka kamu bisa membuat hidangan spesial bersama anggota keluarga lainnya, seperti membuat kue, mendekorasi cookies, menata meja makan, dan lain-lainnya.

Apabila di perayaan Natal sebelumnya kamu terbiasa mengadakan makan malam formal, mungin di tahun ini kamu bisa mencoba tema yang berbeda, seperti BBQ, yang membuat suasana menjadi semakin seru.

3. Mengadakan Pesta Virtual

Akhir-akhir ini, Zoom dan Google Hangouts merupakan aplikasi yang sedang marak digunakan oleh sebagian besar orang di tengah pandemi.

Meskipun kita belum bisa bertemu dengan teman, sahabat, dan saudara, bukan berarti perayaan Natal tahun ini tidak bisa kita tidak bisa berpesta.

Sebab, melalui kedua aplikasi yang baru disebutkan tadi, kamu tetap bisa mengadakan pesta perayaan Natal.

Hanya saja yang membedakan adalah, semuanya diadakan secara virtual. Apabila tidak ada anggota keluarga atau sahabat yang menyebarkan undangan, kamu bisa berinisiatif untuk menjadi Tuan Rumah dari pesta Natal tahun ini.

Buatlah akun di Zoom atau Google Hangouts, dan bagikan link tersebut ke orang-orang yang ingin kamu undang. Jangan biarkan pandemi meredupkan semangat Natalmu.

4. Gunakan Kostum yang Menarik

Selain mengadakan pesta virtual, mengenakan kostum yang menarik juga bisa dijadikan sebagai salah satu ide perayaan Natal di tengah pandemi yang bisa kamu lakukan bersama keluarga.

Ketika menyebarkan undangan pesta, jangan lupa untuk menyertakan dress code, agar membuat perayaan menjadi lebih seru.

Misalkan seperti mengenakan piyama yang seragam, baju dengan warna tertentu, atau pesta kostum yang menarik dan unik.

5. Games

Percayalah, perayaan Natal akan jauh lebih menyenangkan apabila kamu mengikutsertakan games-games seru di dalamnya.

Games ini bisa kamu siapkan ketika mengadakan pesta virtual maupun ketika berkumpul bersama anggota keluarga di rumah.

Kamu bisa mencari contoh-contoh games dari internet sebagai bahan inspirasi. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan hadiah sederhana yang membuat permainan menjadi lebih seru.

6. Film Marathon

Apabila tahun ini kamu lebih ingin menghabiskan waktu bersama anggota keluarga di rumah, maka menonton film marathon bisa dijadikan sebagai salah satu ide perayaan Natal di tengah pandemi yang seru untuk dilakukan.

Kenakan piyama seragam, siapkan popcorn, dan pasang Netflix untuk mencari film-film Natal yang patut ditonton

Namun sebelumnya, diskusikan dulu bersama anggota keluarga lainnya mengenai film-film apakah yang ingin ditonton. Pastikan bahwa pilihan flm disukai dan telah disetujui oleh semua anggota.

7. Bertukar Kado

Salah satu tradisi Natal yang sudah dilakukan secara turun-temurun adalah, bertukar kado. Sehingga, hal ini tentunya tak boleh terlewatkan ketika kita berbicara mengenai ide perayaan natal di tengah pandemi.

Jika sebelumnya mungkin kamu sering berbelanja ke mall untuk mencari kado, maka tahun ini mungkin bisa dilakukan dengan cara yang sedikit berbeda.

Agar lebih seru, kamu bisa mempersiapkan hadiah spesial dengan cara DIY dengan memanfaatkan barang-barang bekas layak pakai yang ada di rumah.

Kamu bisa melakukan sistem undian, dimana yang beruntung bisa mendapatkan hadian Natal terbaik.

Selain itu, kamu juga bisa mengirimkan hadiah ke sanak saudara yang tinggal jauh, sebagai salah satu bentuk kejutan, untuk membuat suasana Natal menjadi lebih ceria.

Bukan hanya itu, kamu bahkan juga bisa merencanakan video call agar bisa melihat reaksi mereka ketika membuka hadiah yang dikirimkan.

8. Bernyanyi dan Karaoke Lagu Natal

Ide perayaan Natal di tengah pandemi yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah dengan bernyanyi atau karaoke lagu-lagu Natal.

Kamu bisa mempersiapkan gitar atau ukulele, kemudian mengajak seluruh anggota keluarga untuk duduk berkeliling di ruangan yang terdapat pohon Natalnya, kemudian bernyanyi besama.

Selain itu, kamu juga bisa mempersiapkan mesin karaoke atau menyambungkan TV besar ke portal Youtube untuk berkaraoke.

Agar lebih seru, jangan lupa juga menyediakan aksesoris-aksesoris lucu yang bisa digunakan ketika berkaraoke. Ada yang bernyanyi, ada pula yang menari. Kebersamaan Natal akan jauh lebih terasa.

9. Storytelling

Nah, ide perayaan Natal di tengah pandemi yang bisa kamu lakukan adalah, dengan melakukan storytelling atau berdongeng.

Aktivitas satu ini bisa dijadikan sebagai malam yang menyenangkan bagi kamu yang memiliki anak-anak.

Selain bisa membangun kebersamaan, mendongeng dinilai mampu meningkatkan minat anak terhadap membaca lho.

Siapkan buku bacaan yang sesuai dengan tema Natal, kumpulkan semua anggota keluarga untuk duduk di dekat pohon natal, dan mintalah salah satu anggota keluarga untuk mendongeng.

Untuk membuat anak semakin tertarik, jangan lupa juga untuk mempersiapkan buku yang memiliki gambar yang lucu, agar bisa sekaligus membangun kemampuan imajinasi mereka.

Anak-anak duduk di atas karpet sembari mendengarkan dongeng, para remaja dapat bermain board games, dan orang dewasa bisa duduk di sudut ruangan sembari mengobrol santai sambil menikmati secangkir kopi atau teh hangat.

Jadi, itulah beberapa ide perayaan Natal di tengah pandemi yang bisa kamu lakukan tahun ini. Meskipun harus dilakukan di rumah, jangan sampai hal ini meredupkan semangat Natalmu.

(Baca Juga: Promo Kartu Kredit Akhir Tahun 2020)

Sebab, masih banyak kok aktivitas-aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di rumah bersama keluarga.

Nah, agar pengeluaran belanja kamu ketika Natal bisa menjadi lebih hemat, jangan lupa untuk jadikan kartu kredit sebagai salah satu metode pembayarannya.

Sebab, semakin dekatnya kita dengan hari Natal, maka semakin banyak pula jenis-jenis kartu kredit yang menawarkan promo dan diskon menarik bagi para penggunanya.

Tak tanggung-tanggung, promo yang akan kamu dapatkan bisa mencapai 50 persen sendiri lho. Lumayan banget kan!

Apabila kamu belum memiliki kartu kredit, segera ajukan saja di CekAja.com. Dengan seluruh pengajuan yang dapat dilakukan secara online, pendaftaran menjadi jauh lebih cepat dan mudah.

Tak hanya itu, di CekAja.com, kamu bahkan bisa melakukan pengajuan untuk memilih jenis kartu kredit yang paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup lho.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera ajukan kartu kredit pilihanmu hanya di CekAja.com dan jadikan perayaan Natal tahun ini menjadi lebih spesial.