Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

9 Jenis-jenis Kurma yang Nikmat Dikonsumsi Sebagai Peneman Berbuka Puasa

by Kyla Damasha on 1 Mei, 2020

Mungkin banyak diantara kamu yang masih belum tahu bahwa terdapat begitu banyak jenis-jenis kurma yang ada serta khasiatnya yang berbeda-beda. Kurma itu sendiri memang merupakan salah satu makanan yang digemari oleh banyak orang karena rasanya yang manis.

9 Jenis-jenis Kurma yang Nikmat Dikonsumsi

Buah berbentuk oval berwarna cokelat ini memiliki daging yang legit serta identik dikonsumsi ketika tibanya bulan Suci Ramadhan, terutama pada saat berbuka puasa. Nah, tahukah kamu? bahwa ternyata jenis-jenis kurma memiliki rasa, tekstur, hingga khasiat yang berbeda-beda lho.

Maka dari itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang berbagai jenis-jenis kurma dengan cita rasa yang enak serta sangat cocok untuk dikonsumsi sebagai hidangan berbuka puasa. Apa sajakah itu?

(Baca Juga: Mengetahui Cara Memilih Kurma yang Asli Beserta Jenis-jenisnya)
Jenis-jenis Kurma

Jika dilihat sekilas, tekstur setiap jenis kurma memang dapat dikatakan mirip. Bahkan, ada pula yang tidak bisa dilihat perbedaannya. Namun, jika kamu perhatikan secara rinci, masing-masing jenis kurma ternyata memiliki perbedaan dan ciri khas.

Seperti yang dilansir dari indozone, beberapa jenis-jenis kurma yang ada diantaranya adalah sebagaimana berikut ini:

1. Kurma Palm Fruit

Kurma Palm Fruit - 9 Jenis-jenis Kurma yang Nikmat Dikonsumsi Sebagai Peneman Berbuka Puasa

Kurma Palm Fruit merupakan salah satu dari jenis-jenis kurma yang dapat dikatakan cukup banyak dicari oleh orang, terutama pada saat bulan Suci Ramadhan. Memiliki cita rasa manis sekaligus gurih ketika berada di mulut, kurma yang konon asal Tunisia ini juga dipercaya dapat membersihkan perut dari bekas makanan secara maksimal.

2. Kurma Sukari

Kurma Sukkari - 9 Jenis-jenis Kurma yang Nikmat Dikonsumsi Sebagai Peneman Berbuka Puasa

Selanjutnya ada kurma Sukari yang merupakan salah satu dari jenis-jenis kurma yang menjadi kegemaran raja Arab Saudi. Rasa manis dengan daging yang empuk membuat kurma ini mudah meleleh di mulut.

Berwarna kuning kecokelatan seperti layaknya kurma emas, kurma Sukari memiliki tekstur yang kenyal dan dipercaya sangat bermanfaat dalam hal kesehatan sekaligus menambah stamina tubuh.

3. Kurma Ajwa (Kurma Nabi)

Kurma Ajwa kurma nabi - 9 Jenis-jenis Kurma yang Nikmat Dikonsumsi Sebagai Peneman Berbuka Puasa

Jenis-jenis kurma lainnya yang perlu kamu ketahui adalah kurma Ajwa atau kurma Nabi dengan bentuk yang kecil, berwarna gelap, serta dagingnya yang lebih kering dari kebanyakan kurma lainnya.

Disebut sebagai kurma Nabi karena konon berdasarkan sejarah Islam, kurma ini merupakan salah satu jenis kurma kegemaran Nabi Muhammad SAW. Dikarenakan hal itulah, tak heran apabila banyak orang yang mengincar kurma ini apabila sedang berkunjung ke Arab Saudi, termasuk para jamaah Umroh dan Haji.

Tak hanya itu, kurma yang berasal dari Madinah ini juga dikenal memiliki khasiat dalam menyembuhkan berbagai penyakit.

4. Kurma Halawi

Kurma Halawi - 9 Jenis-jenis Kurma yang Nikmat Dikonsumsi Sebagai Peneman Berbuka Puasa

Jenis-jenis kurma yang tak boleh kamu lewatkan selanjutnya adalah kurma Halawi yang berasal dari negara Irak. Memiliki nama ‘Halawi’ yang berarti manis, memang tak heran apabila kurma ini memiliki cita rasa legit dan semanis madu.

5. Kurma Zaghloul

Kurma Zaghloul - 9 Jenis-jenis Kurma yang Nikmat Dikonsumsi Sebagai Peneman Berbuka Puasa

Dilihat dari bentuknya, mungkin ini merupakan salah satu dari jenis-jenis kurma yang memiliki bentuk sedikit berbeda dari kurma pada umumnya. Berwarna gelap dengan bentuk memanjang, jika sekilas kurma ini akan terlihat mirip dengan buah Melinjo.

Kurma ini cukup popular di Mesir dengan harga yang juga terbilang mahal di pasaran serta termasuk ke dalam produk kurma eksklusif.

6. Kurma Deglet Noor

Kurma Deglet Noor - 9 Jenis-jenis Kurma yang Nikmat Dikonsumsi Sebagai Peneman Berbuka Puasa

Nah, kurma Deglet Noor merupakan salah satu jenis-jenis kurma yang memiliki rasa yang tergolong otentik. Dengan tekstur setengah kering dan lembut, kurma dengan rasa unik seperti pisang dan karamel ini sering kali ditambahkan ke dalam cita rasa masakan.

Deglet Noor itu sendiri di dalam bahasa Arab dapat diartikan sebagai kurma cahaya dan cukup popular di beberapa negara, seperti di Aljazair, Libya, dan Tunisia. Warnanya pun juga beraneka ragam, mulai dari oranye kekuning-kuningan, kuning jerami, dan cokelat tua.

7. Kurma Medjool

Kurma Medjool - 9 Jenis-jenis Kurma yang Nikmat Dikonsumsi Sebagai Peneman Berbuka Puasa

Kurma Medjool merupakan salah satu dari jenis-jenis kurma yang paling enak dikonsumsi karena bentuknya yang besar dengan rasanya yang begitu legit. Biasanya, jenis kurma satu ini tumbuh di negara Afrika bagian Utara dengan warna cokelat kemerahan dan rasa yang serupa dengan karamel.

Selain sangat nikmat apabila dikonsumsi secara utuh, nyatanya kurma Medjool juga kerap dijadikan sebagai penambah rasa di berbagai masakan. Walaupun biasanya dijual dalam keadaan kering, namun dagingnya itu sendiri masih terasa lembut dan lengket.

Semakin kering kurma Medjool, maka semakin manis pula rasanya. Selain itu, kurma ini juga kaya akan nutrisi dan mengandung energi, kalsium, kalium, serta magnesium.

(Baca Juga: Jadikan Bisnis dengan JULO, Ini 5 Manfaat Susu Kurma Bagi Kesehatan)

8. Kurma Khudri

Kurma Khudri - 9 Jenis-jenis Kurma yang Nikmat Dikonsumsi Sebagai Peneman Berbuka Puasa

Selanjutnya ada kurma Khudri yang memiliki ciri warnanya yang merah kecokelatan. Dengan ukuran yang besar, kurma ini memiliki daging yang tebal serta rasa yang mirip dengan karamel. Memiliki tekstur yang kering, salah satu dari jenis-jenis kurma ini juga paling sering diekspor karena memiliki harga yang tidak terlalu mahal.

Bahkan di Indonesia itu sendiri, kurma Khudri cukup mudah untuk ditemukan di supermarket. Selain itu, kurma ini juga kaya akan serat, kalium, magnesium, dan vitamin.

9. Kurma Kholas

Kurma Khalas - 9 Jenis-jenis Kurma yang Nikmat Dikonsumsi Sebagai Peneman Berbuka Puasa

Kurma Kholas merupakan salah satu dari jenis-jenis kurma dengan tekstur yang lengket layaknya seperti disiram oleh karamel. Nah, dikarenakan tekstur nya yang unik inilah, kurma Kholas sering kali dikonsumsi bersama dengan kopi yang nikmat.

Nah, sambil ngabuburit menunggu waktunya berbuka puasa, yuk baca juga berbagai informasi terkini mengenai lifestyle, finansial, hingga kesehatan di CekAja.com.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda