9 Kesalahan Memakai Masker yang Banyak Dilakukan Orang, Berhati-hatilah!

5 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Kesalahan memakai masker sepertinya perlu diketahui oleh setiap orang untuk kondisi seperti saat ini. Bagaimana tidak? Pandemi Covid-19 yang masih mewabah memang jadi mewajibkan setiap lapisan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan, salah satunya yaitu dengan selalu mengenakan masker ketika terpaksa memiliki kepentingan di luar rumah.

Akan tetapi, nyatanya menggunakan masker itu sendiri bukan berarti bisa semerta-merta menghindari kita untuk tertular virus sepenuhnya. Sebab, penggunaan masker juga memiliki tata cara yang baik dan benar. Maka dari itu, agar tidak salah untuk kedepannya, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa kesalahan memakai masker sekaligus tata cara yang baik dalam menggunakan masker berdasarkan protokol kesehatan. Apa sajakah itu? Yuk disimak bersama-sama.

Kesalahan Memakai Masker

Dilansir dari berbagai sumber, terdapat beberapa kesalahan memakai masker yang seringkali tanpa sadar dilakukan oleh kebanyakan orang, yaitu diantaranya adalah:

1. Hanya Menutupi Lubang Hidung

Kesalahan memakai masker yang pertama adalah mereka yang menggunakan masker hanya menutupi lubang hidung saja dan tidak sampai atas. Mungkin, banyak yang berpikir bahwa menggunakan masker hanya untuk melindungi lubang hidung dan mulut saja. Padahal, WHO menyarankan bahwa setiap orang wajib memakai masker setidaknya menutupi ujung hidup, mulut, dan dagu tanpa celah.

2. Terlalu Longgar

Kesalahan memakai masker selanjutnya yaitu menggunakan masker yang terlalu longgar. Jelas saja, masker yang terlalu longgar tidak dapat melindungi secara efektif seseorang dari paparan virus yang dapat masuk melalui celah yang ada. Oleh karena itu, pastikan sebelum membeli masker maka sesuaikan dulu dengan ukuran wajah. Masker yang ideal tidak akan terasa sakit jika digunakan dalam waktu lama dan juga tidak terlalu longgar.

3. Menggunakan Masker di Bawah Dagu

Kesalahan memakai masker selanjutnya adalah dengan menggunakan masker di bawah dagu. Kamu tidak akan bisa melihat atau mengetahui jenis virus apakah yang menempel pada bagian bawah dagu hingga leher. Dan kemudian kamu menggantungkan masker ke bagian dagu dan menaikannya kembali hingga ke ujung hidung. Secara otomatis, virus yang terdapat di bawah dagu tersebut akan terbawa dan menempel pada hidung dan mulutmu.

(Baca Juga: Amankah Memakai Masker Saat Olahraga?)

4. Melepas dan Memegang Masker

Melepas dan memegang masker sebelum mencuci tangan mungkin merupakan salah satu kesalahan memakai masker yang paling sering dilakukan orang tanpa sadar. Perlu diketahui bahwa, sebelum mencuci tangan menggunakan sabun, ada baiknya jika kamu tidak melepas dan memegang masker terlebih dahulu.

Sebab, hal tersebut memungkinkan virus yang terdapat pada tangan justru akan mengkontaminasi bagian masker yang membuat bisa terbawa dan masuk ke hidung dan mulut apabila kamu memakai masker itu kembali. Selain itu, usahakan pula untuk tidak melepas masker di tempat umum dengan alasan apapun.

5. Kain Masker yang Memiliki Lubang

Karena himbauan untuk selalu mengenakan masker ketika sedang berada di luar rumah, maka saat ini sudah banyak sekali berbagai jenis model masker yang bisa kamu beli di pasaran. Namun, mau se-fashionable apapun masker tersebut, tetap usahakan untuk membeli masker yang tidak memiliki lubang atau celah.

Pastikan bahwa masker memiliki beberapa lapisan yang rapat. Terdapat beberapa kain masker yang cenderung tipis dan berongga (seperti jaring kecil). Nah, jenis masker tersebut tidak akan membantumu dalam mencegah penularan virus corona.

6. Mengalungkan Masker di Leher

Kesalahan memakai masker selanjutnya adalah dengan mengalungkan masker di leher. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa leher berkemungkinan untuk memiliki virus yang tak kasat mata. Sehingga, apabila kamu mengalungkan masker di leher maka secara tidak langsung bisa memperbesar risiko kontaminasi.

7. Menggunakan Masker Medis Secara Terbalik

Jika diperhatikan, maka masker medis memiliki kawat di salah satu bagiannya. Nah, kamu harus meletakkan bagian masker yang terdapat kawat tersebut pada ujung hidung, dan bukan dagu. Sebab, adanya kawat berfungsi untuk menahan masker agar tetap menempel pada hidung. Oleh karena itu, setiap kawat yang terdapat di masker medis bisa ditekuk agar pengguna bisa menyesuaikannya dengan ukuran hidung.

8. Tidak Membersihkan Masker dengan Baik

Jika kamu menggunakan masker kain, maka pastikan bahwa masker harus selalu dibersihkan dengan benar setiap digunakan, guna memastikan bahwa masker tidak terkontaminasi dengan virus. Disarankan untuk mencuci masker setiap hari setelah kamu menggunakannya. Sementara itu untuk masker medis, maka pastikan untuk segera membuangnya jika sudah kotor atau rusak.

9. Menggunakan Masker Basah atau Kotor

Kesalahan memakai masker yang terakhir adalah dengan mengenakan masker yang masih basah atau kotor. Jika sudah kotor, maka pastikan untuk segera mencuci masker dan menggantinya dengan yang baru. Sebab, selain bisa menimbulkan rasa kurang nyaman, menggunakan masker basah dan kotor juga tidak baik bagi pernapasan.

Cara Tepat Memakai Masker

Setelah mengetahui tentang beberapa kesalahan memakai masker yang sering dianggap remeh dan dilakukan oleh banyak orang, sekarang saatnya kita turut mengetahui tentang cara tepat yang perlu dilakukan ketika memakai masker. Dilansir dari kompas.com, beberapa cara untuk memakai masker adalah:

  • Pastikan untuk menggunakan masker sesuai bentuk wajah, tidak kekecilan maupun kebesaran.
  • Selalu mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer sebelum menggunakan masker.
  • Jika menggunakan masker medis, maka letakkan garis kawat tepat di bagian ujung hidung.
  • Setelah masker terpasang, sesuaikan kembali dengan kenyamanan dan pastikan bahwa tidak adakan ada celah antara masker dan wajah.
  • Masker harus menutupi bagian hidung, wajah, hingga dagu secara sempurna dan tanpa celah.
  • Apabila masker telah terpasang, usahakan untuk tidak menyentuh masker jika kamu belum mencuci tangan.

Cara Tepat Melepas Masker

Selain mengetahui tentang kesalahan memakai masker yang banyak dilakukan oleh orang, sepertinya kamu juga perlu mengetahui tentang cara tepat dalam melepas masker. Masih dilansir dari kompas.com, cara tepat dalam melepas masker adalah:

  • Selalu mencuci tangan sebelum melepas masker
  • Pastikan untuk tidak menyentuh sisi luar masker, karena merupakan tempat berkumpulnya kuman.
  • Jika kamu mengenakan masker tali, maka lepaslah tali bagian bawah terlebih dahulu. Lalu, dilanjutkan dengan bagian atas. Sedangkan untuk masker karet, cukup tarikan karet dari telinga tanpa menyentuh permukaan masker.
  • Untuk masker sekali pakai, segera robek masker sebelum dibuang ke tempat sampah, agar masker tidak didaur ulang. Sedangkan untuk masker kain, selalu cuci dan ganti masker setiap hari. Tempatkan pula di wadah yang bersih dan tertutup.

Jadi, itulah beberapa kesalahan memakai masker yang sering dilakukan oleh orang beserta hal-hal lainnya yang perlu diketahui. Perlu diingat untuk setiap lapisan masyarakat, bahwa kesalahan memakai masker dapat memicu penularan virus corona yang saat ini dikenal sangat berbahaya. Maka dari itu, pastikanlah bahwa kamu mengenakan masker sesuai dengan anjuran yang telah ditetapkan oleh WHO.

(Baca Juga: Tips Aman Pakai Masker Kain)

Selain itu, sebagai proteksi ekstra, jangan lupa juga untuk memiliki asuransi kesehatan yang bisa memberikanmu perlindungan finansial di masa pandemi seperti saat ini. Bingung memilih asuransi kesehatan yang sesuai? Jangan pula khawatir! Sebab, CekAja.com hadir untuk memecahkan seluruh permasalahan yang dihadapi, termasuk permasalahan dalam memilih produk asuransi terbaik.

Melalui CekAja.com, kamu bisa melakukan perbandingan tentang jenis produk asuransi manakah yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Tak hanya itu, disini kamu juga bisa melakukan pengajuan asuransi yang sepenuhnya dilakukan secara online, sehingga akan lebih menghemat waktu dan energi. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera ajukan asuransi kesehatanmu hanya di CekAja.com.

 

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha