Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

5 menit waktu bacaan

9 Kuliner Nikmat Nan Legendaris yang Harus Kamu Jajal di Jakarta

by Surtan Siahaan on 13 Desember, 2015

Bagi kamu warga Jakarta yang hobi wisata kuliner, rugi rasanya kalau belum pernah menjajal sejumlah tempat makan satu ini. Soalnya, selain rasanya yang bikin ketagihan, kamu bisa menelusuri jejak-jejak masa lalu yang masih bertahan di tempat makan ini.

Jadi, sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. Bagaimana, tertarik menjajal rute wisata kuliner ala CekAja.com? Simak daftar tujuan kuliner berikut ini:

Soto tangkar haji diding, kota tua

Jalan-jalan keliling Jakarta tentu tidak afdal kalau tidak singgah ke Kota Tua. Di tempat ini lah, warisan masa lalu Batavia tempo dulu masih bisa kamu saksikan dengan jelas. Mumpung di Kota Tua, kamu harus jajal kuliner legendaris satu ini. Namanya kedai Soto Tangkar H Diding.

Untuk menikmati semangkok soto di warung yang sudah eksis sejak tahun 1960 ini, memang butuh perjuangan. Alasannya, kamu harus antre jika ingin makan di sini. Saking larisnya, pengunjung juga tidak akan kebagian jika datang di seusai jam makan siang. (Baca juga: Mau Gunakan Kartu Kredit untuk Liburan? Ini Strateginya Agar Lebih Untung)

Toko roti tan ek tjoan

Setelah puas berkeliling Kota Tua, sekarang kita jalan ke kawasan Cikini, Jakarta Pusat. Di tempat yang terkenal dengan pusat seni dan kebudayaan Taman Ismail Marzuki (TIM) ini, terdapat toko roti era kolonial yang masih bertahan hingga sekarang.

Namanya Tan Ek Tjoan. Di toko roti ini, kamu bisa menikmati salah satu andalannya yakni roti pisang cokelat. Asyiknya lagi, roti di tempat ini dibanderol dengan harga bersahabat. Oleh karenannya, meski sudah banyak toko roti moderen yang menjamur di Ibu Kota, Tan Ek Tjoan tetap memiliki banyak pelanggan setia.

Es krim ragusa

Mumpung berada di sekitaran Gambir, jangan lewatkan sensasi nikmatnya mengudap es krim a la italia di Jakarta. Es krim yang konon sudah eksis sejak tahun 1932 ini sangat populer di Jakarta.

Mengantre adalah ujian yang harus kamu lewati sebelum menikmati semangkok es krim lezat di tengah udara kota Jakarta yang panas. Keistimewaan es krim ini adalah resep dan cara membuat yang asli Italia. Bagi kamu yang doyan es krim homade, kedai es krim ini layak kamu jajal. (Baca juga: Tips Liburan Tahun Baru di Yogyakarta dengan Uang 750 Ribu)

Mi ayam Gondangdia

Tidak jauh dari Cikini, kita menuju ke arah Gondangdia. Di sini terdapat satu kedai mi ayam yang legendaris. Namanya Mi Ayam Gondangdia. kedai ini didirikan oleh Toe Wah Seng sejak tahun 1968.

Meski pendirinya sudah tidak ada, penerus usaha yang masih keturunan Toe tetap menjaga kualitas masakannya. Kedai mi yang selalu ramai ini juga jadi tempat makan favorit sejumlah artis ibu kota.

Widget TRV Insurance

Kedai kopi tak kie

Kalau mulai ngantuk tapi masih kepengin jalan-jalan, sepertinya kamu butuh kopi. Nah, salah satu kedai kopi legendaris di Jakarta ada di kawasan Glodok, Jakarta Barat. Persisnya di Jalan Pintu Besar Selatan III Nomor 4-6.

Di kedai kopi yang bernama Tak Kie ini, kamu bisa menikmati sensasi mereguk racikan kopi yang sudah bertahan sejak tahun 1927. Di kedai kopi ini kamu juga bisa menikmati suasana kedai kopi tempo dulu. Nuansanya yang klasik dijamin akan membuat kamu betah berlama-lama sambil menghirup kopi yang wangi.

Gabus pucung udin kombo

Kurang lengkap rasanya berwisata kuliner di Jakarta tanpa menjajal makanan khas Betawi. Salah satu masakan yang paling pupuler adalah gabus pucung. Makanan berkuah yang menggunakan bahan utama ikan gabus ini punya rasa gurih pedas yang menggoda iman.

Sayangnya, makanan asli Betawi ini sudah semakin sulit ditemukan di Jakarta. Tapi, kalau kamu mau bergeser sedikit ke arah Jalan Raya Harapan Indah, Bekasi, ada warung makan khas betawi yang menjual menu ini. Namanya warung Haji Syamsudin Kombo. (Baca juga: Empat Strategi agar Liburan Lebih Irit)

Es krim baltic

Bicara soal es krim jadul di Jakarta bukan cuma monopoli Ragusa. Di kawasan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat ada es krim legendaris bernama Baltic. Kedai es krim yang sudah beroperasi sejak tahun 1939 ini menawarkan manisnya es krim dari bahan susu segar dan tanpa pengawet.

Keunggulan es krim Baltic adalah teksturnya yang padat dan tidak membuat eneg yang memakannya. Di tempat ini kamu bisa memilih sederet varian rasa seperti cokelat, vanila, stroberi, peppermint, rum raisin, blueberry, alpukat dan kopyor.

Gado gado bon bin

Rasanya tidak sulit menemukan gado-gado di Jakarta. Mulai dari warung kelas kaki lima hingga restoran menu Indonesia menjajakan kudapan satu ini. Namun, dari sekian banyak penjual gado-gado rugi jika tidak menjajal racikan gado gado Bob Bin.

Rumah makan yang berjualan gado-gado sejak tahun 1960adalah primadona pecinta kuliner di Jakarta. Menikmati sayuran di gado-gado Bon Bin kamu akan dimanjakan dengan kesegaran bahan dan kenikmatan bumbu kacangnya. Oh iya, di tempat ini kamu juga bisa menikmati es cendol segar nan nikmat yang bisa melegakan tenggorokan.

Nasi goreng kebon sirih

Kemalaman di jalan dengan kondisi perut keroncongan bukan masalah jika kamu tinggal di Jakarta. Di sini ada tempat makan favorit pecinta kuliner yang justru buka hingga dini hari. Seperti namanya yaitu Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih, tempat makan ini terletak di di Jalan Kebin Sirih I, Jakarta Pusat.

Racikan bumbu dan empuknya daging kambing pada sepiring nasi goreng Kebon Sirih dijamin membuat kamu tidak rugi meski harus pulang larut malam.

Tentang Penulis