Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

9 Kuliner Nikmat yang Sayang untuk Kamu Lewatkan di Kota Bandung

by Surtan Siahaan on 9 Januari, 2016

makan di restoran - CekAja.com

Bandung tidak cuma terkenal sebagai kota tujuan pelajar atau berbelanja pakaian. Kota berjuluk Paris Van Java ini juga punya segudang harta karun kuliner yang selalu diburu orang. Dengan mudahnya, kita bisa menemukan makanan lezat mulai dari pinggiran pedagang kaki lima hingga restoran.

Nah, bagi kamu yang kebetulan sedang berada di Bandung, berikut ini daftar tempat-tempat makan yang bakal bikin kamu menyesal jika belum pernah mencobanya.

Kambing bakar cairo

Bagi kamu yang alergi dengan daging kambing karena baunya yang prengus, persepsi kamu bakal berubah jika sudah datang ke tempat satu ini. Soalnya, restoran kambing panggang yang terletak di Jalan Pelajar Pejuang 45 nomor 104 ini, menawarkan sensasi iga kambing yang gurih, super empuk sekaligus bebas bau.

Kabarnya, agar daging tidak berbau, pemilik restoran menggunakan teknik khusus saat memotong kambing. Iga kambing gurih yang disajikan di atas hot plate dijamin akan memanaskan suhu tubuhmu di tengah dingin udara malam Kota Bandung. (Baca juga: 9 Kuliner Nikmat Nan Legendaris yang Harus Kamu Jajal di Jakarta)

Warung bu eha

Bagi kamu yang ingin mengetahui seperti apa Bandung tempo doeleo, mungkin kamu harus mencoba mencari tahu dari jejak-jejak kuliner jadul yang masih bertahan. Salah satunya tentu Warung Bu Eha di Pasar Cihapit Bandung.

Warung yang sudah beroperasi sejak zaman kemerdekaan ini merupakan tempat favorit sejumlah pelaku sejarah. Rasa masakannya yang enak merupakan alasan kenapa Bu Eha bisa bertahan hingga sekarang. Di sini, kamu bisa menjajal nikmatnya menu makanan khas Bandung mulai dari Soto Bandung, anek pepes hingga dendeng sapi.

Batagor riri

Bagi pecinta batagor, kurang lengkap rasanya bila belum mencicipi batagor enak satu ini. Lokasinya terletak di Jalan Burangrang Nomor 41 Bandung. Untuk ukuran batagor, tempat satu ini memang membanderol produknya dengan harga sedikit mahal.

Namun, kamu pasti dijamin puas dengan rasa batagornya. Selain batagornya yang kering dan gurih, andalan kedai ini adalah bumbu sambal yang bakal bikin kamu ketagihan. Tambahkan perasan jeruk nipis untuk merasakan sensai segar dalam sepiring batagormu.

Widget TRV Insurance

Warung sate haris

Untuk urusan sate, Bandung juga punya jagoannya. Namanya Warung Sate Haris. Letaknya yang strategis yakni di Jalan Asia Afrika nomor 151 Bandung membuat warung ini gampang dijangkau. Sate racikan Haris terkenal dengan teksturnya yang matang dan empuk.

Tempat ini juga menjadi langganan sejumlah pejabat dan artis. Salah satu tokoh yang menjadi pelanggan tempat ini adalah pengusaha yang juga ketua Golkar, Aburizal Bakrie.

Perkedel bondon

Kuliner satu ini juga punya tempat tersendiri di hati para pecinta makanan. Perkedel yang kedainya terletak di jalan Stasiun Timur 1 ini hanya buka saat malam hari yakni pukul 10 malam hingga dini hari.

Tapi jangan salah, tiap malam, pembeli jajanan ini akan mengular dalam antrean. Perkedel yang renyah lagi gurih ini juga jadi kesukaan presenter kuliner Bondan Winarno.

Bubur Otong

Kalau kamu sedang melintas Jalan Jenderal Sudirman Bandung jangan lupa mampir ke tempat satu ini. Catata ya, persisnya kedai bubur satu ini terletak dekat Pasar Andir. Untuk urusan bubur, warung milik Pak Otong merupakan andalan warga Bandung.

Tempat ini juga sudah sangat lama berdiri. Pak Otongs endiri merupakan generasi kedua yang mewarisi bisnis bubur dari ayahnya. Meski disajikan tanpa kerupuk, rasa bubur satu ini nancep di lidah. Tidak heran tempat yang buka hingga jam 1 dini hari ini selalu ramai oleh pengunjung. (Baca juga: 9 Kuliner Nikmat Nan Legendaris yang Wajib Kamu Jajal di Bogor)

Nasi kuning pasirkoja

Dari wilayah Pasir Koja, Bandung menawarkan nasi kuning yang rasanya sulit dicari tandingannya. Tapi, jangan kecele datanmg ke sini pada pagi hari ya. Soalnya, warung nasi kuning satu ini justru buka mulai dari jam 9 malam hingga jam 2 pagi. Di Pasir Koja terdapat dua tempat nasi kuning yang ramai. Yang pertama, lokasinya dekat dengan perempatan Jalan Terusan Pasirkoja dan Jalan Kopo. Persisnya warung ini berada di lajur kiri. Di sini kamu bisa menikmati nasi kuning lengkap dengan rendang, tahu, telur balado dan telur rendang. Tidak ketinggalan sambal oncom yang bisa bikin lidah kelojotan. Sementara satu warung lagi berada disebelah kanan Jalan Pasirkoja persis sebelum persimpangan dengan Astana Anyar. Selain menu yang sama seperti di atas, kelebihan tempat ini adalah sayur labu dan kentang kering yang bikin makan makin semangat.

Iga bakar si jangkung

Yang paling akhir dari deretan lokasi kuliner kali ini adalah Iga Bakar Si Jangkung. Rumah makan yang menyajikan iga bakat sebagai menu utama ini terletak di Jalan Cipaganti nomor 75 G. Meski tempatnya tergolong sederhana, namun kamu harus berjuang untuk mendapatkan pesanan. Soalnya, akan ada antrean pelanggan khsuusnya jika kamu datang pada akhir pekan. Iga bakar bgumbu kecap adalah pilihan yang mesti kamu dapatkan sebelum meninggalkan tempat ini.

Tentang Penulis