9 Manfaat Buah Ciplukan Bagi Kesehatan Beserta Cara Tepat Mengkonsumsinya

6 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Manfaat buah ciplukan ternyata cukup banyak dan beragam lho. Tanaman liar dengan nama latin Physalis angulata dan Physalis minima ini pada awalnya memang kerap diabaikan. Namun, ternyata buahnya itu sendiri menyimpan segudang manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Ciplukan

Bunga ciplukan berwarna kuning, sedangkan buahnya justru berwarna hijau kekuningan dengan bentuk yang unik, yaitu dikelilingi oleh kelopak yang menggelembung. Dengan cita rasa manis keasaman, buah itu dinilai bagus dikonsumsi untuk kamu yang sedang menjalankan diet serta membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Lantas, kira-kira apa saja sih manfaat buah ciplukan? Yuk disimak bersama-sama.

Kandungan Buah Ciplukan

Sebelum kita membahas tentang manfaat buah ciplukan, mungkin sebaiknya kamu juga perlu mengetahui tentang kandungan apa saja yang terdapat di dalam buah dengan bentuk unik ini. Dilansir dari situs honestdocs.id, buah satu ini pada awalnya tumbuh di kawasan tropis Amerika Latin, yang kemudian terus menyebar ke berbagai negara di penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Sayangnya, saat ini buah ciplukan justru sudah kian langka dan sulit ditemukan. Nah, hal inilah yang membuat harga buah ini jadi melambung cukup tinggi. Di Indonesia itu sendiri, harga buah ciplukan mencapai Rp250 – 500 ribu per kilogramnya. Tak hanya buahnya, ternyata tanaman ciplukan secara keseluruhan memang memiliki kandungan yang sangat baik bagi kesehatan.

(Baca Juga: Manfaat Buah Jambu Biji)

Buah ciplukan mengandung vitamin C, asam sitrat, fisalin, zat gula, tanin, kriptoxantin, asam malat, dan alkaloid. Sedangkan akar dan batangnya mengandung saponin dan flavonoid. Daun tanaman ciplukan memiliki kandungan polifenol dan asam klorogenat. Dan untuk bijinya justru mengandung asam elaidik.

Deretan senyawa yang baru saja kita sebutkan dipercaya dapat membantu dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan yang dialami oleh tubuh.

Manfaat Buah Ciplukan

Dilansir dari berbagai sumber, terdapat sejumlah manfaat buah ciplukan yang sangat baik bagi tubuh, diantaranya adalah:

1. Kaya Antioksidan

Manfaat buah ciplukan yang pertama yaitu kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya. Ternyata, buah ciplukan mengandung antioksidan yang cukup tinggi sehingga mampu mengatasi maupun menyembuhkan sejumlah penyakit kronis. Karotenoid dan polifenol merupakan beberapa zat antioksidan yang bisa menetralkan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Bahkan, kombinasi dari dua senyawa ini dinilai mampu menghentikan penyebaran berbagai jenis penyakit kanker lho. Berkat khasiatnya tersebut, di beberapa negara, buah satu ini disarankan menjadi sumber makanan alami anti kanker serta sumber makanan yang mampu menjaga sistem kekebalan tubuh seseorang.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat buah ciplukan selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan mata. Buah satu ini mengandung beta karoten dan lutein yang sangat baik bagi mata. Sehingga, mengkonsumsi buah ciplukan dipercaya mampu membantu dalam mengurangi risiko terserang kerusakan mata, terutama degenerasi makula, yaitu penyakit mata yang paling umum menyebabkan kebutaan.

Selain itu, kedua senyawa yang baru disebutkan tadi juga dinilai mampu membantu dalam mencegah terjadinya kebutaan yang diakibatkan oleh diabetes lho.

3. Memiliki Anti-inflamasi

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa khasiat buah ciplukan tak hanya berasal dari buahnya saja, melainkan juga bagian tanaman lainnya, seperti daunnya. Daun tanaman ciplukan memiliki efek anti-inflamasi dan analgesik yang mampu menenangkan sekaligus mempercepat penyembuhan.

Beberapa penyakit seperti radang sendi, asam urat, dan wasir dianggap mampu diatasi dengan manfaat buah ciplukan ini. Tak hanya itu, daun ciplukan bahkan juga memiliki khasiat dalam meningkatkan kesehatan jantung serta mencegah atau memperlambat perkembangan aterosklerosis dan penyakit jantung koroner.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Salah satu kunci di dalam keberhasilan diet yaitu dengan mengurangi asupan kalori. Oleh sebab itu, orang-orang yang sedang menjalankan diet disarankan untuk mengkonsumsi makanan dengan kandungan kalori yang rendah. Nah, kandungan satu ini bisa kamu dapatkan dari buah ciplukan.

Sebab, buah satu diperkirakan hanya memiliki sekitar 53 kalori per 100 gramnya. Ditambahkan lagi, kandungan nutrisi di dalam daunnya juga dianggap mampu memenuhi kebutuhan nutrisi harian pada tubuh. Tak hanya itu, manfaat buah ciplukan juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga sangat cocok dikonsumsi untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat buah ciplukan selanjutnya adalah mampu menurunkan kadar kolesterol yang merupakan penyebab dari penyakit hipertensi dan jantung. Orang yang memiliki kolesterol tinggi biasanya disarankan untuk memperbanyak olahraga serta menjaga asupan makanan agar kadar kolesterol tidak kian meningkat.

Namun nyatanya, buah ciplukan mengandung asam oleat dan linoleat yang telah terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) pada tubuh. Oleh karena itu, para pemilik kolesterol tinggi disarankan untuk mengkonsumsi buah satu ini.

6. Membantu Proses Regenerasi dan Perbaikan Sel Tubuh

Pernahkah kamu mendengar tentang senyawa withanolides? Jika belum, maka janganlah heran. Sebab, senyawa satu ini memang dikenal jarang ditemukan di tumbuhan. Namun hebatnya, kamu bahkan bisa menemukannya di buah ciplukan. Withanolides itu sendiri merupakan zat antioksidan dan bersifat anti-inflamasi yang mampu merangsang terjadinya apoptosis atau kematian sel terprogram.

Sehingga, manfaat buah ciplukan bisa menghilangkan sel yang tak diinginkan sekaligus meminimalisir jumlah sel yang terlalu banyak, termasuk sel yang berbahaya bagi tubuh seperti sel kanker.

7. Obat Herbal untuk Kanker Payudara

Manfaat buah ciplukan selanjutnya yaitu dapat dijadikan sebagai obat herbal untuk penyakit kanker payudara. Berdasarkan hasil dari sebuah penelitian, menunjukan bahwa ekstrak daun ciplukan memiliki efek sitotoksik yang mampu menginduksi kematian pada sel kanker payudara. Dalam arti, yaitu bahwa ciplukan bisa menjadi alternatif pengobatan alami bagi penderita kanker payudara, yang mana tentunya jauh lebih aman, terjangkau, dan efektif.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kandungan polifenol yang terdapat di dalam buahnya bisa membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Karena, polifenol itu sendiri merupakan senyawa antioksidan yang bertugas untuk menghalangi pelepasan penanda sistem kekebalan tubuh tertentu ketika terjadinya peradangan.

Selain itu, manfaat buah ciplukan juga dinilai bisa meningkatkan stamina karena kandungan vitamin C yang terdapat di dalamnya. Di dalam satu cangkir buah ciplukan, terdapat sekitar 15,4 mg vitamin C yang jumlahnya bisa memenuhi 21 persen asupan vitamin C harian untuk wanita, dan 17 persen vitamin harian untuk pria.

9. Baik untuk Ibu Hamil

Manfaat buah ciplukan yang terakhir adalah untuk memenuhi asupan zat besi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Tak hanya itu, buah satu ini juga dinilai bisa membantu penderita penyakit alzheimer dan demensia, meningkatkan daya ingat, fokus, serta konsentrasi.

Tips Mengkonsumsi Buah Ciplukan

Setelah mengetahui tentang manfaat buah ciplukan, sekarang saatnya mengetahui tentang cara terbaik untuk mengkonsumsi buah ciplukan itu sendiri. Untuk mengkonsumsi buahnya, maka biasanya kamu bisa memakannya secara langsung dalam keadaan masih segar. Selain itu, kamu juga bisa menjadikannya sebagai minuman, yaitu dengan merebus buah ciplukan selama kurang lebih 10-15 menit sambil sesekali diaduk.

Lalu, saringlah larutan tersebut dan tunggu hingga dingin sebelum kamu mulai meminum airnya. Namun, perlu diingat bahwa air rebusan buah ciplukan sudah tidak dapat dikonsumsi setelah 24 jam.

Selain itu, satu hal lagi yang perlu kamu perhatikan ketika mengkonsumsi buah ciplukan yaitu tingkat kematangannya sebelum dikonsumsi. Pastikan bahwa buah sudah matang di pohon sebelum dipetik. Sebab, buah ciplukan yang masih muda justru mengandung racun yang bisa menyebabkan keracunan makanan jika dikonsumsi. Tak hanya itu, racun yang terdapat di buah ciplukan muda bisa turut menyebabkan gangguan pencernaan, seperti kram perut dan diare.

(Baca Juga: Buah Tinggi Antioksidan)

Buah ciplukan yang sudah matang sempurna biasanya akan berwarna oranye, sedangkan yang masih muda justru berwarna hijau. Namun secara keseluruhan, buah ini tidak memiliki efek samping jika dikonsumsi.

Selain dengan mengkonsumsi berbagai buah dan sayuran untuk menyelesaikan permasalahan kesehatan yang dialami, memiliki asuransi kesehatan sebagai proteksi ekstra juga tak kalah pentingnya lho. Sebab, asuransi kesehatan tak hanya bisa memberikanmu kemudahan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan jika dibutuhkan, melainkan juga perlindungan dalam hal finansial.

Mengapa? Karena asuransi kesehatan itu sendiri bisa menjamin seluruh biaya pengobatan dan perawatan yang kamu dapatkan dari rumah sakit. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir lagi dengan biaya pengobatan yang besar. Bingung memiliki asuransi kesehatan terbaik? Segera bandingkan dan ajukan saja di CekAja.com.

Selain kamu bisa melakukan perbandingan tentang asuransi kesehatan yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dalam membayar premi, pengajuannya pun bisa dilakukan sepenuhnya melalui online. Sehingga, kamu tak perlu repot meluangkan waktu lagi untuk ke luar rumah. Praktis banget, kan? Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera ajukan asuransi kesehatan hanya di CekAja.com.

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha