Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

9 Negara dengan Peraturan Lalu Lintas Teraneh di Dunia

by Ariesta on 1 Maret, 2017

aturan berkendara_kredit mobil - CekAja.com

Setiap pengemudi diharuskan paham tentang peraturan dan rambu-rambu lalu lintas di jalan. Pemahaman ini diuji dalam tes tertulis untuk mendapatkan SIM. Dengan pemahaman lalu lintas yang baik, diharapkan angka kecelakaan di jalan dapat berkurang.

Aturan lalu lintas ada untuk menjaga ketertiban dan keselamatan pengguna jalan. Namun ada negara-negara yang memberlakukan peraturan lalu lintas yang dirasa konyol, tidak penting, bahkan tidak masuk akal. Penggemar otomotif wajib untuk mengetahui aturan-aturan aneh seputar lalu-lintas di sejumlah negara berikut.

Thailand

Negara yang menjadi destinasi populer di Asia Tenggara ini punya peraturan unik. Pria dan wanita yang berprofesi sebagai sopir wajib mengenakan kaos mereka sepanas apapun cuacanya. Thailand sebagai negara tropis memang memiliki cuaca panas di siang hari. Peraturan ini berlaku untuk sopir taksi, bis, maupun tuk-tuk.

Afrika Selatan

Di Afrika Selatan, mobil dimiliki oleh satu dari lima penduduk. Meski demikian, peraturan lalu lintas di sana cukup ketat. Pengemudi kendaraan wajib menghentikan kendaraannya atas permintaan orang yang sedang menunggangi atau memandu kuda, keledai, domba, kambing, babi, atau burung unta. Denda US$ 500 diberlakukan jika melanggar peraturan ini.

Jepang

Ada aturan menyiram pejalan kaki dengan air selama mengemudi bisa berujung pidana. Aturan aneh lainnya di Jepang adalah diperbolehkan minum alkohol di dalam mobil selama berstatus penumpang alias tidak menyetir.

Filipina

Seseorang tidak boleh mengemudi di area tertentu pada hari tertenu jika nomor digit terakhir dari plat mobil tidak sesuai aturan. Sebenarnya aturan ini juga diterapkan di wilayah Thamrin, Jakarta di mana plat bernomor akhir ganjil hanya boleh masuk di tanggal ganjil dan sebaliknya.

Amerika

Di Montana, membawa kambing dengan truk adalah tindakan ilegal, kecuali jika kambing ditemani pendamping. Sementara, di Alabama pengemudi dilarang menutup mata saat berkendara karena berbahaya dan meningkatkan risiko kecelakaan.

Russia

Mengendarai mobil yang kotor dapat membuat pengemudinya dikenai denda US$55. Uniknya, definisi kotor ini bukan hanya untuk bagian luar mobil, melainkan juga bagian dalam. Selain itu mencuci mobil selain di rumah atau di tempat pencucian mobil juga dianggap ilegal.

Jerman

Di Jerman, pengemudi dilarang untuk berhenti di jalan tol selain dalam keadaan darurat. Aturan ini juga berlaku untuk mobil bekas. Anehnya, kendaraan yang terpaksa berhenti di bahu jalan karena kehabisan bensin juga dianggap ilegal. Hal ini karena pengemudi dinilai lalai memperkirakan kecukupan bensin sebelum berkendara.

Spanyol

Setiap orang yang sehari-harinya menggunakan bantuan kacamata untuk melihat wajib menyimpan cadangan kacamata di mobil. Pemerintah Spanyol beralasan, jika kacamata yang dipakai rusak atau hilang, warganya tetap aman berkendara karena ada cadangan kacamata di dalam mobil.

Cyprus

Cyprus merupakan negara pulau yang letaknya di antara beberapa negara Timur Tengah, yaitu Suriah, Libanon, dan Israel, dan Turki. Di Cyprus, pengemudi dilarang makan dan minum sambil menyetir. Kabarnya kecelakaan tertinggi di pulau tersebut diakibatkan karena pengemudi asyik makan sambil menyetir.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami