9 Pasar Teraneh di Dunia yang Wajib Kamu Kunjungi Ketika Traveling

7 min membaca Oleh Kyla Damasha on

Jika kamu termasuk orang yang gemar menjelajahi keunikan suatu negara ketika sedang traveling, maka kamu perlu mengunjungi pasar teraneh di dunia yang akan kita bahas kali ini.

Ketika berbicara tentang pasar, apa yang pertama kali ke luar di dalam benakmu? Tentunya hal-hal yang berhubungan dengan pangan dan bahan baku, bukan?

Namun uniknya, di pasar teraneh ini, mereka tidak hanya menjual bahan-bahan pokok untuk membuat hidangan saja lho.

(Baca Juga: 7 Pasar Terapung di Indonesia)

dari barang yang unik hingga tidak lazim mungkin bisa kamu temukan. Nah, apabila kamu memiliki rencana untuk berkunjung ke negara-negara tersebut, tak ada salahnya untuk berkunjung ke pasar teraneh yang mereka miliki. Siapa tahu bisa menjadi kenangan liburan yang tak akan terlupakan.

Nah, tanpa berpanjang lebar lagi, berikut beberapa pasar teraneh di dunia yang wajib kamu masuki sebagai salah satu destinasi wisata. Apa sajakah itu? Yuk kita simak bersama!

Pasar Teraneh di Dunia

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa pasar teraneh di dunia dengan barang-barang jualan mereka yang unik dan tak lazim, yaitu adalah:

1. Pasar Laba-laba – Kamboja

Pasar teraneh di dunia yang akan kita bahas pertama adalah pasar laba-laba yang terletak di Kamboja.

Sesuai dengan namanya, pasar ini memang menjual laba-laba sebagai barang dagangannya. Akan tetapi yang membuatnya unik, laba-laba yang dijual bukanlah untuk dipelihara, melainkan untuk dijadikan sebagai camilan.

Mungkin bagi kita yang baru pertama kali mendengarnya, hal tersebut terkesan menjijikan, membayangkan bagaimana rasanya memakan laba-laba.

Hanya saja bagi orang-orang yang sudah pernah mencobanya secara langsung mengatakan bahwa laba-laba memiliki rasa gurih dan sedap, mirip dengan campuran daging ayam dan ikan.

Dengan mengunjungi salah satu pasar teraneh di dunia ini, kamu bisa menemukan ribuan jenia laba-laba lho, mulai dari yang berukuran kecil hingga tarantula seukuran telapak tangan. Apakah kamu berani mencobanya ketika berkunjung ke Kamboja?

2. Pasar Voodoo Lome – Togo

Pasar teraneh di dunia selanjutnya berasal dari negara Togo, yang terletak di wilayah Afrika Barat bernama Pasar Voodoo Lome.

Pasalnya, barang-barang yang diperjualbelikan di sini begitu misterius dan dianggap aneh. Bagaimana tidak?

Dengan mengunjungi pasar Voodoo Lome, kamu bisa menemukan banyak potongan tubuh hewan seperti tanduk rusa, kaki gajah, kepala singa, hingga jantung hewan.

Walaupun barang-barang ini tidak untuk dikonsumsi. Namun kebanyakan masyarakat lokal membeli barang di sini dengan tujuan untuk menjadi bahan baku ramuan obat tradisional.

Sebab, masyarakat setempat percaya bahwa ramuan yang terbuat dari bahan bangkai hewan dikenal begitu manjur untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Bahkan, para Pendeta Voodoo di Lome juga menggunakan ramuan dari bangkai hewan untuk menyembuhkan masyarakat yang datang kepadanya.

3. Pasar Penyihir – Bolivia

Kamu termasuk penggemar film Harry Potter? Maka berkunjung ke salah satu pasar teraneh ini mungkin bisa membantu dalam mewujudkan impianmu untuk menjadi penyihir.

Sebab, di Pasar Penyihir yang ada di Bolivia ini, kamu bisa menemukan segudang barang-barang kebutuhan penyihir.

Akan tetapi, barang penyihir yang dijual tentu bukan untuk dijadikan mainan ataupun menjadikan kamu sebagai penyihir sungguhan.

Ketika berkunjung ke pasar yang terletak di La Paz ini, kamu akan disambut dengan hawa mistis yang masih kental.

Selain itu, umumnya barang-barang yang dijual juga digunakan untuk berkomunikasi dengan arwah atau tumbal guna melancarkan usaha.

Mulai dari janin kodok hingga ilama kering bisa kamu jumpai di Pasar Penyihir yang terletak di Bolivia.

Jika kamu suka dengan hal-hal berbau mistis, salah satu pasar teraneh di dunia ini patut kamu jadikan sebagai destinasi wisata di dalam perencanaan perjalanan liburan kamu di waktu yang akan datang.

4. Pasar Anak Dhaka – Bangladesh

Dapat dikatakan bahwa salah satu pasar teraneh di dunia ini sangatlah tidak berkeperimanusiaan.

Bagaimana tidak? Di pasar ini bukan barang yang diperjualbelikan, melainkan manusia, terutama anak-anak.

Walaupun terbilang ilegal, akan tetapi eksistensi Pasar Anak Dhaka yang terletak di Bangladesh ini sudah menjadi rahasia umum.

Yang paling sering menjadi korban adalah anak-anak di bawah umur yang memang sengaja di jual oleh anggota keluarga mereka sendiri. Sungguh mengerikan.

5. Pasar Gipsy – Bulgaria

Pasar teraneh di dunia selanjutnya datang dari Bulgaria. Pinggiran Kota Stara Zagora yang terletak di Bulgaria ini akan berubah menjadi tempat jual beli jodoh setiap Todorovden atau hari Santo Todor yang jatuh pada pertengahan bulan Maret.

Namun, perlu diketahui bahwa hal ini sama sekali tidak bisa disamakan dengan praktik prostitusi, karena sudah menjadi adat yang dilakukan turun temurun.

Di Pasar Gipsy, para gadis berpenampilan menarik akan berkumpul dan menanti yang sekiranya akan dijadikan sebagai pasangan hidupnya.

Pada nantinya, pria dan wanita yang hadir juga akan didampingi oleh keluarga masing-masing. Mereka juga akan menentukan kriteria calon menantu idaman yang diinginkan.

Setelah itu, pria yang tertarik dengan sang wanita juga harus meminta izin kepada keluarga wanita tersebut jika ingin berbincang. Wah, unik banget ya!

6. Pasar Maeklong – Thailand

Pasar teraneh di dunia yang akan kita bahas kali ini berasal dari Negara Thailand, yang diberi nama Pasar Maeklong.

Dapat dikatakan bahwa pasar ini sangatlah unik dan wajib kamu kunjungi ketika sedang berada di Thailand.

Sebab, belanja di sini bisa sekaligus menguji adrenalin kamu, karena letak pasar yang tepat bersebelahan dengan rel kereta api aktif.

Bagi sebagian orang yang baru pertama kali mendengarnya, mungkin mengunjungi pasar Maeklong terdengar berbahaya.

Akan tetapi kenyataannya, baik itu para pengunjung maupun pedagang bisa langsung mengetahui kapan kereta akan lewat di wilayah tersebut, yaitu melalui suara klakson kereta.

Ketika terdengar suara klakson kereta, maka para pedagang akan langsung menggulung lapak jualannya dan akan menggelarnya kembali ketika sang kereta telah pergi.

Namun dengan kondisi pasar yang begitu ekstrim masalah keamanan dan keselamatan, para pengunjung jelas menjadi merasa tertantang, bukan?

7. Pasar Smithfield – London

Ketika baru pertama kali mengunjungi Pasar Smithfield yang terletak di London ini, ada kemungkinan besar kamu akan langsung menangis atau berteriak histeris.

Sebab, di sini kamu akan melihat potongan-potongan tubuh manusia yang mengerikan. Seperti potongan kaki atau tangan yang digantung bebas.

Tetapi, jangan salah ya! Walaupun memiliki penampilan seperti potongan tubuh manusia, yang dijual di salah satu pasar teraneh di dunia ini tentu bukan potongan tubuh asli, melainkan daging babi, hamburger, dan ayam, yang memang sengaja dibentuk menyerupai potongan tubuh manusia.

Para pembeli yang berani juga bisa diperlihatkan fasilitas dari pembuatan ‘daging manusia’ itu sendiri.

Selain itu, orang yang membelinya juga bisa melihat kerangka daging layaknya seperti di dalam film horor. Kamu berani?

8. Mercado de Sonora – Meksiko

Avenida Fray Servando Teresa yang terletak di Meksiko juga memiliki pasar yang menjual barang-barang aneh nan unik.

Sama halnya seperti Pasar Voodoo Lome yang terletak di Togo, di Mercado de Sonora kamu juga akan menjumpai aneka ragam barang-barang yang umumnya digunakan untuk ritual mistis.

Mulai dari boneka Voodoo, patung iblis, lilin ritual, hingga beragam ramuan misterius tersedia di sini.

Dikarenakan hal itulah, banyak penyihir maupun dukun dari seluruh dunia yang berkunjung ke salah satu pasar teraneh di dunia ini untuk berbelanja.

Tak hanya sekedar menjual barang kebutuhan ritual, para penganut aliran supranatural biasanya juga membuka lapak di Mercado de Sonora.

Para pelanggan juga bisa meminta hal-hal yang tak lazim, seperti jimat hingga pelet untuk menarik jodoh.

9. Pasar Beriman Tomohon, Manado

Nah, pasar teraneh di dunia yang terakhir akan kita bahas tak lain datang dari negara kita tercinta, Indonesia.

Pasar Beriman Tomohon yang terletak di Manado ini memang dinilai merupakan salah satu pasar paling aneh di Indonesia.

Bagaimana tidak? Di sini, kamu bisa menemukan banyak daging-daging dari beragam hewan yang terbilang tak lazim untuk dikonsumsi manusia.

Sebut saja seperti daging kelelawar, tikus, kera, ular, dan masih banyak lagi. Walaupun terbilang aneh nan unik, nyatanya masyarakat lokal Manado itu sendiri memang gemar mengkonsumsi daging-daging hewan tersebut di dalam kesehariannya.

Jadi, itulah beberapa pasar teraneh di dunia yang wajib kamu kunjungi ketika sedang traveling. Walaupun saat ini masih di masa pandemi ketika masyarakat belum bisa bebas untuk bepergian, bukan berarti kamu tidak bisa mulai merencanakan liburan dari sekarang.

Kita memang belum tahu kapan pandemi akan berakhir. Namun ketika saat itu tiba, kamu bisa langsung segera berlibur dengan rencana yang sudah dibuat.

(Baca Juga: 7 Daftar Kartu Kredit untuk Liburan ke Luar Negeri)

Nah, dimanapun kamu akan berlibur, sepertinya tidak afdol ketika kamu tidak menyertakan kartu kredit sebagai salah satu kelengkapan yang perlu dipersiapkan.

Sebab, hadirnya kartu kredit justru membuat transaksi kamu selama berlibur jauh lebih mudah dan praktis.

Tak hanya itu, saat ini juga banyak sekali jenis-jenis kartu kredit yang menawarkan promo dan diskon menarik yang bisa membuat perjalanan liburan kamu menjadi jauh lebih menyenangkan lho.

Nah, jika kamu belum memiliki kartu kredit, segera ajukan saja di CekAja.com. Di sini, kamu bisa melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis kartu kredit manakah yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan pendaftaran langsung secara online lho, sehingga proses pengajuan menjadi lebih cepat dan menghemat waktu.

Sedang merencanakan perjalanan liburan untuk masa yang akan datang? Jangan lupa untuk segera mengajukan kartu kredit hanya di CekAja.com.

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha