9 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Beserta Solusi yang Bisa Kamu Lakukan

Penyebab AC mobil tidak dingin sepertinya memang perlu diperhatikan, khususnya bagi kamu yang seringkali bermobilitas menggunakan kendaraan roda empat ini.

Sebab, tak dapat dipungkiri bahwa AC itu sendiri merupakan bagian paling penting yang membuat, baik itu penumpang maupun pengendara, merasa nyaman ketika bepergian.

Bayangkan saja, ketika kamu harus berkendara menggunakan mobil di musim panas namun AC mobil justru tidak dingin, pasti kamu akan merasa gerah di dalamnya, bukan?

(Baca Juga: 9 Perkakas Mobil yang Wajib Dibawa)

Tak perduli mobil semahal apapun, masalah AC sepertinya bisa dialami oleh berbagai jenis mobil, dan tentunya menjadi masalah yang paling umum.

Lantas, kira-kira apa sih penyebab AC mobil tidak dingin? Nah, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa penyebab AC mobil tidak dingin yang paling umum terjadi. Yuk disimak bersama!

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa penyebab AC mobil tidak dingin yang paling umum terjadi dan perlu kamu ketahui, yaitu adalah:

1. Kondensor yang Kotor

Penyebab AC mobil tidak dingin yang pertama akan kita bahas adalah kondensor yang kotor. Kondensor itu sendiri berfungsi sebagai pembuang suhu panas yang dilepaskan kompresor.

Dikarenakan hal itula, bagian ini memang memerlukan pembersihan secara rutin, guna menjaga debu dan kotoran tidak menempel pada setiap sisinya.

Nah, apabila tidak dibersihkan secara rutin, maka yang akan terjadi adalah kondensor akan menjadi kotor, berdebu, berkarat, hingga proses pembuangan panas yang tidak sempurna.

Akibatnya, udara panas akan terjebak dan menjadi salah satu penyebab AC mobil tidak dingin.

Salah satu solusi yang bisa kamu lakukan adalah, dengan membersihkan kondensor tersebut, agar AC bisa kembali normal.

2. Freon Habis

Jika kamu menemukan bahwa kondisi kondensor masih dalam keadaan baik, maka bisa saja penyebab AC mobil tidak dingin terletak pada freon yang habis.

Biasanya, ini bisa terjadi diakibatkan oleh kebocoran pada sambungan pipa atau selang yang sudah terlalu tua dan harus diganti.

Penyebab AC mobil tidak dingin lainnya yang mungkin bisa terjadi adalah terdapat kerusakan pada relief valve kompresor.

Kerusakan-kerusakan tersebut bisa membuat freon atau yang biasa disebut sebagai refrigerant ini menjadi habis dan membuat AC mobil menjadi kurang dingin.

3. Fanbelt / Drivebelt yang Putus

Penyebab AC mobil tidak dingin selanjutnya adalah karena fanbelt atau drivebelt yang putus. Fanbelt itu sendiri berperan dalam menyalurkan putaran mesin kepada kompresor.

Sehingga, ketika fanbelt tersebut putus, kompresor tidak akan bisa berputar. Perlu diketahui bahwa, kompresor yang tidak dapat bekerja juga menyebabkan freon tidak bisa bersirkulasi dan membuat kabin mobil terasa panas.

4. Filter AC yang Tersumbat

Filter AC yang tersumbat juga menjadi salah satu penyebab AC mobil tidak dingin. Sebab, filter atau saringan AC ini memiliki fungsi dalam menyaring seluruh debu dan kotoran yang terdapat di dalam AC.

Sementara itu, filter AC yang tersumbat umumnya diakibatkan karena tidak dibersihkan secara rutin, sehingga kotoran-kotoran justru menempel di permukaan saringan dan membuat sirkulasi udara yang dihasilkan juga tidak akan optimal.

Meskipun AC masih dalam kondisi baik tetapi filternya dalam keadaan kotor dan tersumbat, dapat dipastikan AC akan menjadi tidak ingin dan seolah-olah tidak berfungsi.

5. Kompresor Rusak

Penyebab AC mobil tidak dingin selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah kompresor yang rusak.

Kompresor rusak umumnya dapat ditandai dengan sight glass yang berwarna hitam. Nah, sight glass yang menghitam ini juga menjadi pertanda bahwa expansion valve atau receiver dryer terhambat, yang bisa menyebabkan kerusakan.

Apabila hal ini terjadi, solusi yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan perbaikan atau mengganti kompresor menjadi baru.

6. Motor Extra Fan Mati

Penyebab AC mobil tidak dingin selanjutnya adalah motor extra fan yang mati. Untuk mengetahuinya, kamu bisa melakukan pengecekan apakah extra fan di depan kondensor masih berputar atau tidak ketika mobil dinyalakan.

Jika tidak berputar, maka dapat dipastikan bahwa extra fan dalam keadaan rusak. Perlu diketahui bahwa extra fan yang rusak atau tidak berputar bisa mempengaruhi proses kondensasi menjadi tidak berjalan secara optimal.

Akibatnya, ketika extra fan mati maka akan terjadi penurunan suhu di dalam mobil. Itulah yang menjadi penyebab AC mobil tidak dingin.

7. Magnetic Clutch yang Rusak

Ketika magnetic clutch dalam keadaan rusak atau putus, maka spul dapat terbakar yang membuat centerpiece menjadi tidak terhubung dengan puli kompresor.

Hal ini juga bisa menjadi salah satu penyebab AC mobil tidak dingin. Untuk mengetahuinya, kamu bisa mengecek dan melihat apakah kompresor AC tidak bekerja namun fanbelt tetap bekerja.

8. Evaporator yang Kotor

Penyebab AC mobil tidak dingin selanjutnya adalah evaporator yang kotor. Perlu diketahui bahwa musuh terbesar dari evaporator adalah debu.

Sehingga, debu inilah yang bisa menjadi penyebab utama evaporator menjadi kotor. Dan apabila ini terjadi, maka sirkulasi AC menjadi tidak lancar karena ada yang menghalangi.

Debu atau kotoran yang terdapat di evaporator merupakan debu-debu yang tidak bisa tersaring oleh filter, atau mungkin karena penumpukan kotoran di bagian filter yang sudah semakin banyak.

Ketika evaporator dalam keadaan kotor, maka sirkulasi udara yang dikeluarkan ke dalam kabin menjadi kurang dingin.

Sama seperti filter, evaporator juga perlu dibersihkan secara rutin. Namun umumnya, pembersihan evaporator lebih baik jika dilakukan setiap tiga sampai empat bulan sekali. Dengan begitu, kotoran atau debu tidak akan menempel dan menyebabkan penyumbatan.

9. Thermistor atau Thermostat yang Bermasalah

Nah, penyebab AC mobil tidak dingin yang akan kita bahas terakhir adalah Thermistor atau Thermostat yang bermasalah.

Thermistor itu sendiri merupakan komponen yang terdapat di dalam evaporator dan berfungsi untuk membaca temperatur dan suhu, yang kemudian melanjutkan data yang diperoleh ke amplifier.

Di amplifier inilah akan ditentukan dan diatur waktu cut off dari kompresor. Ketika thermistor rusak, maka sistem AC pun juga akan terganggu dan menjadi salah satu penyebab AC mobil tidak dingin.

Lantas, Apa Solusi yang Bisa Dilakukan Ketika AC Mobil tidak Dingin?

Ketika kamu sudah melakukan pengecekan dan pembersihan komponen yang sekiranya menjadi penyebab AC tidak dingin namun kondisi AC masih belum juga membaik, maka alangkah baiknya jika kamu segera membawanya ke bengkel untuk melakukan reparasi.

Akan tetapi, biasanya reparasi mobil membutuhkan biaya yang cukup mahal dan menguras kantong.

Nah, jika kamu memiliki asuransi kendaraan, kamu tak perlu khawatir mengenai hal tersebut.

Sebab, pihak dari asuransi akan mengcover sebagian biaya perbaikan, yang tentunya juga disesuaikan dengan program dan premi yang kamu bayarkan.

(Baca Juga: 9 Cara Membersihkan Mobil yang Terendam Banjir)

Meski begitu, tak dapat dipungkiri bahwa hadirnya asuransi kendaraan membuat biaya reparasi atau perbaikan mobil yang perlu kamu keluarkan menjadi lebih hemat.

Apabila kamu belum memiliki asuransi kendaraan, segera ajukan saja di CekAja.com! Di sini, kamu bisa melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis asuransi manakah yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dalam membayar premi.

Tak hanya itu, proses pengajuan juga dilakukan sepenuhnya secara online lho, sehingga kamu tetap bisa melakukan pendaftaran dimanapun dan kapanpun.

Yuk, segera ajukan asuransi kendaraan di CekAja.com dan lindungi mobil kesayangan kamu dari berbagai risiko.