Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

9 Produk Perawatan Rambut yang Berbahaya untuk Kesehatan

by Ariesta on 24 September, 2016

kebiasaan buruk - CekAja.com

Rambut adalah mahkota. Karenanya, setiap wanita pasti mendambakan rambut yang sehat dan indah. Beragam cara ditempuh untuk mendapatkan rambut idaman. Salah satunya dengan mencoba berbagai produk perawatan rambut.

Tapi tahukah kamu bahwa produk perawatan rambut yang ada di pasaran bisa memberikan efek negatif pada kesehatan kulit kepala dan tubuh secara keseluruhan? Ya, terlepas dari iklan produk perawatan yang menjajikan rambut sehat dan indah, beberapa bahan yang digunakan pada produk perawatan rambut justru berbahaya jika digunakan jangka panjang.

Produ-produk apa sajakah itu?

Cat rambut permanen warna hitam 

1

Environmental Working Group (EWG) Amerika merekomendasikan untuk meminimalisir penggunaan cat rambut permanen warna hitam. Kebanyakan cat rambut warna hitam mengandung zat seperti aminophenol, diaminobenzene dan phenylenediamine yang merupakan produk turunan batu bara. Yang mengerikan, sekian zat tersebut diduga dapat memicu kanker. Selain ada pada cat rambut permanen warna hitam, bahan-bahan ini juga banyak terdapat dalam sampo anti ketombe. (Baca juga: Gaji Rp 3 Juta Bisa Beli Mobil Dalam Setahun Jika Ikuti Tips Ini)

Produk yang mengandung parfum

2

Meskipun parfum (fragrance) adalah bahan yang paling banyak ditemui dalam produk perawatan rambut, sebaiknya sebisa mungkin hindari produk yang mengandung bahan ini. Sebuah produk yang mencantumkan fragrance dalam komposisinya bisa saja mengandung puluhan bahan kimia.

Inilah alasan kenapa komposisi dari fragrance tidak dicantumkan pada kemasan. Fragrance sebaiknya dihindari bagi kamu yang sensitif terhadap bahan kimia. Alasannya, bahan kimia dalam fragrance bisa membuat alergi bahkan mengacaukan produksi hormon.

Pelurus rambut

3

Hair rebonding adalah solusi bagi mereka yang mendambakan rambut lulus. Namun, di balik manfaat produk ini, bahan pembuat krim pelurus rambut ternyata mengandung kimia keras yang tergolong ke dalam racun.

Environmental Working Group (EWG) Amerika meminta konsumen menhindari perawatan keratin untuk meluruskan rambut. Faktanya, krim pelurus rambut banyak yang mengandung formaldehyde, bahan pengawet yang diduga dapat memicu kanker.

Produk yang mengandung paraben

4

Tidak hanya produk perawatan rambut, kosmetik secara keseluruhan pun banyak mengandung paraben yang merupakan pengawet. Propyl-, Isopropyl-, Butyl-, dan Isobutyl- merupakan paraben yang harus dihindari. Komite Ilmiah Eropa yang merngurusi bidan produk konsumen menemukan bahwa paraben dapat mengganggu sistem endokrin yang menyebabkan gangguan reproduksi dan perkembangan janin.

Produk Bleaching

5
Resorsinol merupakan bahan umum dalam produk bleaching dan pewarna rambut yang dapat mengiritasi kulit. Resorsinol juga dapat merusak imun dan menyebabkan alergi. Dalam percobaan pada hewan, resorsinol terbukti mengganggu fungsi tiroid.

Produk yang mengandung Triclosan

6

Triclosan banyak ditemui pada sabun, sampo, dan spray rambut. Triclosan sejatinya merupakan pestisida kuman. Zat ini tergolong racun karena masuk dalam daftar bahan yang dapat mengakibatkan polusi lingkungan, terutama air.

Environmental Working Group (EWG) Amerika juga menemukan triclosan dapat menganggu fungsi tiroid dan produksi hormon. Jika terus menerus menggunakan produk yang mengandung triclosan, tubuh justru jadi resisten pada kuman.

Produk yang mengandung phthalate

7

Berdasarkan laporan The Huffington Post, zat kimia lain yang harus kamu hindari adalah phthalate. Zat ini sering digunakan dalam pembuatan plastik. Dalam spray rambut produk ini bernama dimethyl phthalate. Phthalate dapat menyebabkan gangguan endokrin, meningkatkan risiko kanker payudara, kemandulan pada pria dan wanita serta pubertas dini.

SLS

8

Sodium Lauryl Sulfate atau Sodium Laureth Sulfate (SLS) terdapat pada 90% produk pembersih. SLS berfungsi membuat produk jadi lebih berbusa. Kenapa SLS berbahaya? Alasannya karena zat ini bisa mengiritasi kulit, mata, dan paru-paru.

Jika dipadukan dengan nitrosamine, kombinasi ini dapat memicu kanker. Kombinasi ini juga bisa menyebabkan masalah pada ginjal dan saluran pernapasan. Yang mengerikan, sabun dan sampo yang kita pakai sehari-hari banyak mengandung SLS. (Baca juga: 7 Kesulitan Finansial yang Sering dialami Kelas Menengah yang Susah Kaya)

Silikon dan alkohol

9

Silikon dan produk yang mengandung alkohol mungkin tidak menyebabkan masalah kesehatan serius seperti produk lain yang disebutkan di atas. Namun silicon dapat membuat kondisioner kurang menyerap ke helaian rambut. Hasilnya, rambut jadi susah diatur dan kusam. Sedangkan alkohol dapat membuat kulit kepala kering sehingga memicu ketombe.

Butuh asuransi kesehatan yang diterima seluruh rumah sakit? Daftar sekarang juga di sini

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami