Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

9 Tips Membeli Mobil Bekas Jakarta

by Satrya Agung on 22 September, 2016

Bagi warga Jakarta bersiaplah karena pemkot DKI sedang mewacanakan untuk membatasi mobil tua untuk beredar di Ibu Kota. Tentu saja ini akan berdampak pada menurunnya minat beli para pemburu mobil bekas Jakarta karena harus berpikir dua tiga kali sebelum membeli.

Tapi yang namanya hobi susah juga, jika sudah ada mobil tua yang diincar maka pasti akan selalu dicari sampai berhasil membeli mobil tersebut baik secara tunai maupun kredit. Untuk itu harus memperhatikan banyak hal agar mobil bekas yang dibeli tersebut mempunyai kualitas yang baik, sebab jangan sampai mobil tua sudah di tangan, wacana tadi pun dijalankan, si empunya mobil tua tidak menganggung dua kali apes, yakni pajak mahal dan kualitas mobil yang jelek.

Beberapa tips yang harus diperhatikan saat membeli mobil bekas Jakarta adalah:

Pertama, periksa bodi mobil dengan seksama. Untuk keaslian bodi mobil bisa dilihat di bagian mobil yang terdapat karet pintu. Jika bodi mobil masih asli maka tidak ada bercak cat yang menempel di karet pintu.

Kedua, adalah mesin. Mobil tahun 2000 sampai 2010 harus diperiksa keadaan mesinnya secara detail dan menyeluruh. Caranya periksa kap mesin mobil tersebut. Mesin yang pernah diperbaiki dengan tidak memenuhi standarisasi perusahaan akan meninggalkan jejak pada murnya. Kamu bisa cek mobil bekas jakarta, mobil bekas jakarta dibawah 50 juta, mobil bekas jakarta hari ini, mobil bekas jakarta dibawah 100 juta. Yang mana bentuk mur tidak akan dalam kondisi yang semestinya, seperti penyok atau cacat karena adanya pemaksaan ketika dibuka.

(Baca juga: 5 Hal yang harus dipertimbangkan saat membeli mobil bekas)

Ketika, pada bagian bagasi mobil. Mobil yang pernah terendam banjir maka pada bagasi biasanya terdapat lumpur atau kotoran air yang mengeras sehingga berkerak.

Keempat, tulang-tulang mobil wajib diperiksa dengan teliti. Jangan sampai kamu membeli mobil yang pernah tabrakan. Periksalah apakah tulang-tulangnya masih dalam keadaan utuh dan tidak penyok.

Kelima, periksa juga shock dan tierod masih dalam keadaan baik dan utuh. Karena ini akan berdampak pada kenyamaan dan keamanan mobil tersebut.

cekaja-pinjaman-tanpa-jaminan-kta-tanpa-agunan

Keenam, cek kondisi ban dan velgnya. Semakin tua umur sebuah mobil, maka bannya akan sangat aus. Begitu juga dengan kanvas dan piringan cakram remnya.

Dari tips pertama hingga keenam memang hanya berpusat pada bagian luar saja. Tips selanjutnya adalah bagian interior.

Ketujuh, AC atau Air Conditioner. Caranya adalah dengan menyalakan mesin mobil lalu bawa berkeliling sambil menghidupkan AC-nya. Kondisi AC yang sebenarnya akan terlihat ketika mobil berjalan, apalagi mobil berbasis mesin diesel.

Jika poin satu hingga tujuh tadi sesuai dengan keinginan, maka langkah selanjutnya uji coba tau test drive. Mobil yang tidak terawat akan mengeluarkan asap yang pekat serta mengeluarkan aroma tidak sedap dalam mobil. Cek juga tempat jual mobil bekas murah jakarta, kredit mobil bekas jakarta, bursa mobil bekas jakarta wtc mangga dua.

Dan terakhir adalah kosumsi bahan bakarnya. Untuk mobil yang berkapasitas 2000 cc ke atas tentu akan membutuhkan bahan bakar yang lebih banyak. Dan kalau kamu mencari mobil yang terbilang irit maka pilihannya adalah mobil berkapasitas 1500 cc ke bawah. Cari tahu dan pelajari berapa rasio kosumsi bahan bakar yang normal sesuai dengan CC-nya.

(Baca juga: Alasan kredit mobil bekas lebih menguntungkan)

Ketika semua sudah sesuai dangan keinginan hati, maka tinggal melakukan satu pengecekan lagi, dokumen. Saat ini banyak beredar kendaraan dengan dokumen palsu alias bodong. Kamu berhak meminta fotokopi seluruh dokumen kendaraan tersebut dan memeriksanya di kantor polisi terdekat. Kamu mesti tahu mobil bekas murah dibawah 50 juta, olx mobil bekas jakarta timur. Baik STNK, BPKB, dan dokumen lainnya. Ini untuk menghindari dari masalah yang timbul di kemudian hari. Jangan sampai mobil bekas Jakarta yang sudah dipinang ternyata tersangkut kasus hukum. Selamat mencoba.

Tentang Penulis

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami