Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

9 Trik Hidup Hemat Buat Anak Rantau

by Tisyrin N. T on 16 September, 2016

kerja kantoran atau bisnis - CekAja.com

Banyak alasan yang melatarbelakangi orang merantau. Ada yang merantau demi pendidikan, ada pula lantaran ingin mengejar karier yang lebih menjanjikan. Nah, bila kamu termasuk orang yang baru merantau, harus pasang strategi agar uang saku atau gajimu cukup untuk menopang hidup dan menabung.

Namun, kenyataan tak segampang yang dibayangkan. Saat menjadi anak rantau yang jauh dari orangtua, setiap hari kamu harus memikirkan apa yang harus kamu makan. Setiap bulannya, kamu harus membayar uang sewa karena belum sanggup membeli rumah. Padahal saat tinggal bersama orangtua, semua terasa serba gratis. Tapi jangan khawatir, berikut 9 trik yang bisa kamu gunakan untuk menghemat uang.

Cari tempat tinggal dekat kampus atau kantor

Saat mencari kos, sebisa mungkin kamu mendapatkan lokasi yang terdekat dari tempatmu beraktivitas sehari-hari, yaitu kantor atau kampus. Tujuannya agar kamu menghemat biaya transportasi karena cukup jalan kaki ke kantor atau kampus. Selain kamu bisa lebih sehat, kamu pun terhindar dari macet.

(Baca juga: 5 Tip untuk Membantu Teman yang Sedang Kesulitan Keuangan Karena Utang)

Ingat kebutuhan bukan keinginan

Kamu harus pandai memilah mana kebutuhan dan mana keinginan. Ini berkaitan erat dengan caramu mengatur pengeluaran. Misalnya saat mencari kos, yang terpenting kamu mendapatkan kamar yang nyaman dan layak. Fasilitas minimal yang harus ada adalah tempat tidur serta lemari. Harga sewa kamar kos semacam itu biasanya masih terjangkau. Harga kos di Jakarta misalnya, kamu bisa mendapatkan kamar seperti itu dengan harga sewa Rp600.000-Rp800.000.

Bisa saja kamu tinggal di kamar kos yang serba lengkap dengan fasilitas tambahan seperti AC dan kamar mandi dalam. Namun, kamu harus mengeluarkan uang lebih dari Rp1,5 juta untuk mendapatkan kamar semacam itu.

Rajin cari promo

Jangan malas untuk mencari informasi tentang promo, misalnya lewat brosur minimarket dan supermarket atau sering-seringlah berselancar di website yang menawarkan aneka promo, kupon, dan voucher. Jika kamu punya kartu kredit, jangan ketinggalan informasi soal promo khusus kartu kredit. Cek juga jumlah poin kartu kreditmu, karena kamu dapat menukarkannya dengan sesuatu yang bermanfaat seperti voucher hotel atau tiket pesawat..

Dengan semua jalan itu, kamu bisa menghemat belanja bulananmu. Atau kamu dapat memanfaatkannya untuk membeli kebutuhanmu yang lain seperti pakaian dan perlengkapan kamar kos. Saat kamu ingin nongkrong bersama teman-temanmu, promo-promo tersebut juga dapat menjadi dewa penolongmu.

Cari teman kos

Kamu tinggal di kota yang baru sehingga kamu masih merasa asing. Carilah teman yang mau diajak untuk tinggal bersama. Biaya kos atau rumah kontrakan apabila ditanggung bersama sama akan terasa lebih ringan. Keuntungan lainnya, kamu tak akan kesepian.

(Baca juga: Inilah Kebiasaan Malam Para Miliarder yang Bikin Mereka Jadi Sukses dan Kaya)

Jaga hubungan baik dengan ibu kos

Kalau kamu punya hubungan baik dengan pemilik kos, kamu bisa mendapat berbagai keuntungan. Kalau sedang beruntung, sesekali ibu kos akan mengirimimu makanan lezat hasil masakannya. Lumayan kan, kamu tak perlu mencari atau menyiapkan makanan.

Masak sendiri

Masak sendiri untuk sehari-hari tentu lebih hemat daripada membeli makanan di luar. Apalagi kalau kamu akrab dengan teman-teman kos atau rumah kontrakan, kalian bisa iuran untuk belanja kebutuhan dapur bersama. Syaratnya, kamu harus memilih kos-kosan atau rumah yang punya dapur bersama.

Pergi ke mana-mana bareng pacar

Kalau kamu beruntung, kamu akan mendapatkan kekasih di perantauan. Khususnya untuk wanita, kamu dapat menghemat banyak karena biasanya seorang pacar akan dengan senang hati mengantarmu kemana-mana dan tentu saja, mentraktir kamu makan.

Bawa motor dari kampung

Kamu punya motor yang biasa kamu pakai sehari-hari di kampung halamanmu? Lebih baik kirim ke kota perantauan. Tujuannya, agar kamu lebih gampang dan hemat jika ingin berkeliling kota, khususnya kalau kamu gagal mendapatkan tempat tinggal di dekat kantor atau kampus.

Cari kantor yang sediakan makan siang

Kamu yang bekerja di perantauan bisa menghemat uangmu jika mendapatkan kantor yang menyediakan makan siang. Untuk mencari tahu tentang ini, bertanyalah saat interview kerja. Tanyakan benefit apa yang akan kamu dapatkan jika bekerja di sana. Biasanya pewawancara akan menjelaskan jika memang kantor tersebut menyediakan makan siang gratis. Saat kamu merasa cocok dengan pekerjaan tersebut dan kamu akan mendapatkan benefit makan siang gratis, ambil saja kesempatan itu.

(Baca juga: 4 Tanda Pria Mampu Memberimu Kesejahteraan Finansial)

Cari paguyuban

Cari paguyuban daerah asalmu. Siapa tahu kamu bisa tinggal di asrama milik pemerintah daerah. Kamu akan lebih irit karena biasanya biaya untuk tinggal di asrama seperti itu tidak mahal.

Wujudkan keinginan memiliki rumah impian dengan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Dapatkan produk KPR dengan cicilan ringan di CekAja!

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.