Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Ada 4 Penyakit Penyebab Terbesar Kematian, Bagaimana Atasinya?

by hanna on 9 Oktober, 2014

Tahukah Anda? Berdasarkan jurnal kesehatan dunia, ada 4 penyakit yang paling sering diderita manusia, dan di antaranya merupakan pembunuh nomor satu. Temukan infonya di sini.

1. Penyakit jantung

Semua gangguan yang terjadi pada organ jantung dimasukkan dalam penyakit jantung. Berdasarkan infografis di situs Departemen Kesehatan RI, penyakit jantung merupakan pembunuh no.1 dengan jumlah kematian sekitar 17,3 juta per tahun.

Satu gangguan jantung adalah kardiovaskular, penyempitan arteri dan penyumbatan pada pembuluh darah yang dapat memicu stroke, angin duduk dan nyeri dada. Gangguan jantung lainnya adalah aritmia, kondisi dengan detak jantung terlalu cepat, lambat atau tidak beraturan.

Perlu dicatat: Penyakit ini seringkali disebabkan tekanan darah tinggi, kadar kolesterol meningkat, dan faktor keturunan. Gaya hidup yang tak teratur pun dapat memicu penyakit ini, seperti merokok, minum alkohol, dan tidur tak teratur. Selain itu, usia di atas 65 tahun pun memiliki peluang besar untuk terkena penyakit jantung. (Baca juga: 3 Perlindungan Asuransi Kesehatan yang Wajib Dimiliki Wanita)

2. Kanker

Menurut publikasi Depkes RI, kanker termasuk penyakit tidak menular yang ditandai dengan adanya sel/jaringan abnormal yang bersifat ganas, tumbuh cepat tidak terkendali dan dapat menyebar ke tempat lain dalam tubuh penderita. Sel kanker bersifat ganas dan dapat menginvasi serta merusak sel-sel normal di sekitarnya sehingga merusak fungsi jaringan tersebut. Oleh karena itu, penyakit ini pembunuh normor dua setelah jantung.

Penyakit ini memiliki banyak jenis, tergantung tempat sel kanker tumbuh dan berkembang. Contoh, jika sel kanker bertumbuh dan menyerang bagian lidah dinamakan kanker lidah. Sampai saat ini, Kementerian Kesehatan (Kemkes) mencatat kanker payudara dan kanker leher rahim (serviks) memiliki kasus tertinggi di seluruh rumah sakit.

Perlu dicatat: Beberapa hal yang dapat menyebabkan kanker, antara lain faktor lingkungan yang memiliki karsinogen (yang paling terkenal adalah asap tembakau), pola makan, keturunan atau gen, dan infeksi virus. (Baca juga: Sakit Dulu, Asuransi Dulu : 2 Alasan Besar Anda Malas Ikut Asuransi Kesehatan)

3. Radang sendi

Radang sendi atau artritis reumatoid adalah penyakit autoimun, yakni penyakit yang terjadi pada saat tubuh diserang oleh sistem kekebalan tubuhnya sendiri. Penyakit ini mengakibatkan peradangan dalam waktu lama pada sendi.

Berdasarkan hasil penelitian National Institutes of Health, radang sendi yang paling sering diderita oleh manusia adalahosteoarthritis. Jenis radang ini memicu rasa sakit di bawah punggung, lutut, pinggul, tangan dan leher, dan biasanya terjadi karena pengkristalan asam urat. Selain osteoarthritis, contoh penyakit radang sendi lain adalah asam urat, ankylosing spondylitis, dan rheumatoid arthritis.

Perlu dicatat: Selain karena proses penuaan,  radang sendi dapat terjadi karena beberapa hal, seperti kelebihan berat badan, aktifitas fisik yang berlebihan (contoh, atlet dan pekerja kasar), kelemahan otot paha, atau pernah mengalami patah tulang di sekitar sendi yang tidak mendapatkan perawatan tepat.

4. Hipertensi

Dalam daftar ini, penyakit hipertensi menempati tempat terakhir sebagai penyakit yang sering diderita manusia. Penyakit tekanan darah ini kerap dipicu penyempitan pada pembuluh darah dan dapat menyerang siapapun serta rentan dimiliki oleh orang lanjut usia.

Menurut data dari Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia, penyakit hipertensi menyebabkan kematian pada sekitar 7 juta penduduk Indonesia.

Perlu dicatat: Adapun faktor penyebab hipertensi, antara lain usia yang semakin tua, keturunan, berat badan berlebih atau obesitas, sensitivitas terhadap konsumsi garam, konsumsi alkohol, dan stres.

Tak hanya dengan hidup sehat dan mencatat tips yang kami berikan untuk mencegah beberapa penyakit tersebut, namun Anda pun wajib memiliki perlindungan kesehatan yang tepat. Itulah sebabnya, asuransi kesehatan snagat diperlukan bagi Anda. Dengan memilikinya, kesehatan Anda selalu bisa terlindungi, terutama perlindungan finansial bagi tindakan medis yang dilakukan.

Bersama CekAja.com anda bisa menemukan perlindungan asuransi kesehatan sesuai kebutuhan dengan melakukan perbandingan antara produk atau vendor satu dengan vendor lainnya, segera ajukan atau berkonsultasi sekarang juga bersama team expert asuransi kesehatan kami melalui online chat, forum, maupun phone call.

Tentang Penulis

Social media writer, coffee lover, twenty-something.