Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Ada Gak Sih Tempat Pinjam Uang Tanpa Bunga?

by Satrya Agung on 4 April, 2016

pinjaman uang cepat_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Apakah kamu sedang mencari tempat pinjaman uang tanpa bunga? Memang pertanyaan yang seperti tadi akan muncul kala kita membutuhkan pinjaman tapi takut akan bunga yang dibebankan.

Pencarianmu akan terbentur kalau kamu mengajukan pinjaman pada bank-bank atau lembaga keuangan konvensional. Pihak-pihak seperti ini mengandalkan bunga sebagai sumber pendapatan mereka sehingga akan sulit jika memberikan pinjaman online tanpa bunga.

Tapi kamu jangan berputus asa terlebih dahulu. Masih banyak jalan ke Roma kok. Jika kamu ingin mendapatkan pinjaman tapi tidak ingin diberatkan dengan bunga maka ada beberapa opsi yang kamu jalani.

Solusi Pertama

Jalan pertama yang bisa kamu tempuh untuk mendapatkan tempat pinjam uang tanpa bunga adalah meminjam uang pada orang terdekat. Orang-orang yang paling terdekat tentu Orang tua, Saudara, dan Keluarga.

Coba kamu sampaikan kondisi kamu pada mereka. Mungkin mereka bisa membantu dengan meminjam kamu sedikit uang yang bisa meringankan kesulitan finansialmu. Atau kamu bisa juga meminjam uang pada sahabat dan teman dekat.

Seorang teman yang baik tentu akan sangat memahami kondisi sahabatnya dan akan membantu sebisanya. Jangan sampai kamu berteman hanya untuk hura-hura saja, tapi pada saat kesusahan malah menghilang. Jika ini ada pada diri teman-temanmu maka saatnya berpikir dan memutuskan bahwa mereka bukanlah teman yang baik dan layak dipertahankan.

Meski demikian kamu juga jangan lantas ingat teman pada saat butuh saja seperti saat butuh pinjaman. Lalu menghilang tanpa kabar saat semua aman terkendali. Jalinlah silaturahmi yang baik dengan teman-temanmu yang telah membantu kamu saat kesusahan.

Kembali ke masalah pinjaman uang tadi. Ada sedikit kekurangan dari mengharapkan pinjaman dari orang-orang terdekat ini. Biasanya akan sulit untuk menyanggupi jumlah pinjaman yang kamu inginkan. Ini didasari karena mungkin keuangan mereka tidak bisa meminjamkan uang banyak pada kamu. Dengan demikian jumlah pinjaman yang bisa kamu minta mungkin dengan tidak dalam jumlah besar.

Dan ketika kamu mendapatkan pinjaman dari mereka, segeralah lunasi ketika kamu sudah punya uang lebih. Jangan lupa juga bawa buah tangan sebagai tanda terima kasih atas bantuan yang sudah diberikan. Dijamin ini akan makin memperat silaturahim.

Solusi Kedua

Jika solusi pertama tidak berhasil maka kamu bisa beralih ke solusi kedua. Solusi ini bisa kamu tempuh jika cara pertama tidak bisa memenuhi ekspetasi pinjaman yang diharapkan atau karena memang jumlah pinjaman yang kamu harapkan lumayan besar dan kamu tidak ingin merepotkan orang-orang terdekat.

Solusi kedua ini adalah dengan memanfaatkan fasilitas dari bank syariah. Meminjam uang di bank syariah kamu tidak akan dibebankan dengan bunga. Karena pada bank syariah tidak menerapkan sistem bunga, tapi menggunakan sistem mitra yang mana ada bagi hasil.

Ada beberapa sistem transaksi yang bisa kamu gunakan, seperti Mudharabah dan Musyarakah, Salam, atau Istishna. Kamu tinggal memilih model transaksi apa yang sesuai dengan kebutuhanmu. Sistem lainnya adalah yang berkaitan dengan sewa-menyewa yang disebut dengan Ijarah. Lalu ada juga sistem gadai yang dinamai dengan Rahn atau Qardul Hasan.

Sistem syariah ini belakangan banyak digunakan masyarakat karena terbukti tidak memberatkan debitur akan bunga yang dibebankan. Dan juga dianggap perhitungannya lebih adil bagi kedua belah pihak, baik peminjam maupun yang memberi pinjaman.

Bagaimana? Apakah kamu sudah bisa menentukan akan menempuh cara yang mana? Dengan mengetahui akan tempat pinjam uang tanpa bunga ini bisa memberi pencerahan untukmu. Selamat mencoba!

Tentang Penulis

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.