Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Agar Bisnis Tak Bangkrut di Tahun Pertama, Ini 5 Tipsnya

by Sindhi Aderianti on 23 November, 2018

Menjalankan suatu bisnis memang gampang-gampang susah. Terutama jika sebelumnya Anda belum ada pengalaman. Nah, tahun pertama menjadi masa paling riskan bagi bisnis. Mengingat adanya biaya operasional. Misalnya biaya sewa tempat berdagang, setidaknya untuk satu tahun.

Bisnis online gagal - CekAja.com

Jika bisnis tidak berlajan dengan lancar, biaya-biaya operasional tersebut dapat mengancam keberlangsungan sebuah bisnis. Belum lagi dengan berbagai macam resiko yang akan terjadi pada bisnis yang sedang kita jalani.

Untuk itu, Anda perlu strategi bisnis tertentu agar terhindar dari kemungkinan bangkrut. Karena terkadang banyak pengusaha yang memulai bisnisnya tampa begitu memeperhatikan risiko-risiko tersebut.

Jangan dulu takut untuk memulai dan mengusahakannya hingga maksimal. Berikut ini tips-tips sukses berbisnis, khusunya di tahun pertama:

1. Mulai dengan bisnis skala kecil

Apapun bisnisnya, pasti ada risiko yang mungkin saja terjadi. Bagi para pengusaha pemula hendaknya cermat dalam memilih bisnis yang dijalankan.

Jangan terburu-buru untuk memilih bisnis besar meski untung yang ditawarkan nantinya juga setimpal. Ingatlah bahwa tak sedikit bisnis yang bangkrut karena seseorang tak bisa mengukur kemampuannya.

Maka itu, pilih bisnis berdasarkan dua kategori; diminati dan dikuasai. Di samping itu, besaran modalnya juga perlu diperhatikan. Saat ini banyak bisnis yang bermodal kecil tapi untung melimpah, contohnya saja dropshipper aksesoris import.

(Baca juga: 11 Hal dari Sejarah yang Bisa Jadi Pembelajaran Bisnis)
2. Hindari utang

Ketersediaan Modal merupakan kendala utama bagi seorang calon usahawan yang baru akan memulai usaha. Bukan rahasia umum jika sebagian besar orang menganggap bahwa menjalankan sebiah bisnis memerlukan modal yang besar.

Baik modal finansial, aset maupun barang. Terkadang, mengambil pinjaman dalam jumlah banyak sering kali dilakukan demi mencukupi modal bisnis ini.

Hal tersebut tidaklah sepenuhnya salah, karena ketersediaan modal yang cukup juga mempunyai peranan penting. Namun, pertimbangkan kembali kemampuan membayar kreditnya di kemudian hari.

Jika lebih baik menabung terlebih dahulu, tentunya akan lebih baik. Sehingga Anda tidak perlu pusing lagi menyisihkan sebagian penghasilan dari bisnis untuk membayar utang tadi.

Banner KTA CekAja

3. Bangun teamwork yang baik

Hal pertama yang paling penting adalah teamwork. rekrut rekan bisnis yang memiliki attitude dan skill terbaik untuk mendukung jalannya bisnis. Anda harus bisa menjelaskan kepada mereka bagaimana bisnis yang sedang dibangun.

Yakinkan bahwa bisnis yang Anda jalani akan sukses di masa depan. Dengan menjelaskan hal tersebut, Anda bisa menciptakan teamwork yang mau berkomitmen serta serius bekerja untuk sama-sama mengembangkan bisnis.

Salah pilih rekan bisnis, bisa-bisa bisnis yang dibangun bukannya moncer tapi malah tercecer.

(Baca juga: 5 Bisnis Franchise Minuman Hits yang Keuntungannya Menggiurkan)
4. Atur manajemen operasional dan keuangan

Strategi bisnis anti bangkrut  selanjutnya, atur manajemen operasional hingga seoptimal mungin. Lakukan secara terus menerus, dengan mengevaluasi segala kekurangan dalam operasional sebelumnya.

Sebab jika operasional dalam bisnis Anda berjalan tidak sesuai perhitungan, maka keberlangsungan bisnis dan kemungkinan mendapatkan profit akan sangat rendah. Hindari pula menggunakan uang hasil usaha untuk keperluan pribadi atau sebaliknya.

Karena ujung-ujungnya, pengeluaran jadi tak terkontrol dan keuangan usaha pun berantakan.

(Baca juga: 5 Bisnis dengan Modal Rp1 Juta yang Bisa Beri Untung Maksimal)
5. Up to date dengan perkembangan tren

Tak bisa dipungkiri, keuntungan suatu bisnis pun akan bergantung pada tren di masyarakat. Dengan kata lain, Anda harus kreatif dan inovatif Apalagi kalau bisnis yang Anda jalankan bergerak dalam produksi fashion wanita.

Mau tidak mau, Anda dituntut untuk selalu up to date dengan tren fashion baik di dalam maupun luar negeri. Berhubung tren tresebut juga selalu berganti di tiap musimnya.

Luangkan waktu untuk cek akun Instagram fashion influencer atau website butik kenamaan setiap hari. Biasanya referensi model pakaian mereka bagus-bagus. Jika tidak, pelanggan tentu akan merasa produk Anda ketinggalan zaman, lalu mencari tempat lain yang menjual barang lebih menarik.

Demikian strategi bisnis yang bisa Anda terapkan untuk menghindari bangkrut. Di tahun pertama, mungkin akan terasa berat.

Tapi jangan sekali-kali beralih ke bidang lain jika bisnis yang Anda kerjakan belum berhasil. Perlu diingat, seseorang yang melakukan banyak bisnis hanya akan membuat ia tidak fokus sehingga bisnisnya menjadi berantakan.

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami